Honda Brio Konfigurasi : Udah Kenal Brio -mu, Bro ?

Feb 19, 2020 | Mobil, Tips | 0 comments

Honda Brio Konfigurasi dan Fitur – Fiturnya

Di era modern saat ini mobil menjadi tren yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain memuat banyak penumpang, berkendara dengan mobil dapat melindungi dari paparan sinar matahari dan hujan. Karna fungsinya yang menarik dan bermanfaat, masyarakat yang tertarik untuk menggunakan mobil

Minat masyarakat terhadap mobil pun ditangkap dengan baik oleh perusahaan otomotif. Salah satunya Honda. 

Setelah penantian yang sangat panjang akhirnya merilis peningkatan produk termudanya Honda Brio  dengan melakukan banyak penyempurnaan,sebagai langkah awal,modifikasi yang dilakukan pada kendaraan ini cukup memuaskan. Desain dan model Honda Brio  pasti selalu menarik perhatian.

honda brio konfigurasi
source : kumparan.com

Honda Brio  merupakan jenis mobil hatchback dengan lima pintu yang dibuat oleh pabrikan Honda, mobil ini mulai diperkenalkan ke publik pada tahun 2011. Sedangkan di Indonesia sendiri mobil hatchback honda ini diluncurkan pada tahun 2012.

Honda Brio Konfigurasi dan Harganya

Harga honda Brio  pada awal peluncurannya berkisar antara 149 sampai dengan 170 juta rupiah. Dengan desain yang menarik, stylish, elegant dan mewah sangat cocok untuk anak muda juga untuk yang berkeluarga. 

Dapat dikatakan Honda Brio  ini cocok untuk segala usia. Dengan bodynya yang kecil serta bagasi yang luas dapat digunakan unruk barang muatan yang cukup banyak. 

Pada bagian bumper All new Honda Brio  tidak berbeda dengan mobil yang lainnya, tampilannya polos dan belum diberikan Fog Lamp. Untuk grille nya menggunakan desain solid wing face yang menjadi ciri khas mobil besutan Honda. 

Pada tahun 2013, mobil ini hadir dengan versi LGCC. Dengan mesin yang masih manual, mobil ini juga tak kalah bagusnya dengan mobil yang sudah bermesin matic. Ada salah satu jenis Honda Brio  yang lebih unggul dari yang lainnya, yaitu Honda Brio Satya pada bagian mesin LGCCnya. 

Salah satu faktor yang membuat Honda Brio  satya lebih menyenangkan saat dikendarai yaitu karena memakai mesin empat silinder yang minim getaran berlebih saat kondisi idle. 

Varian Honda Brio Konfigurasi dan Kelebihannya

Macam Honda Brio  satya juga cukup banyak, mulai dari Honda Brio  Satya( transmisi Manual), Honda Brio Satya E CTV(Transmisi Automatic), dan Honda Brio  Satya E(transmisi manual). 

Selain itu, Honda Brio  juga memiliki tenaga yang cukup besar. Mau dibawa naik ke tanjakan maupun turunana juga bisa diandalkan, tanpa adanya hambatan mesin yang tersendat-sendat. Selain itu, mesinnya juga sangat irit karena 1200 cc kalo dibawa untuk ngebut jalannya juga enteng, tidak ada goyangan sedikit pun. Bahan bakarnya menggunakan system teknologi PGM-FI  dapat menekan penggunaan bahan bakar jadi per 1 liter dapat mencapai 20km.

Honda Brio Konfigurasi dan Varian 2016

Pada Tahun 2016 Honda Brio  kembali dengan penyegaran melalui IIMS 2016 dengan meluncurkan juga Honda New Brio  RS yang tampil lebih sporty dengan body kit dan ukuran velg yang lebih besar. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sebagai hatchack 1.2L Honda Brio  tergolong laris dan mampu bersaing dengan para kompetitor hatchback 1.2L lain seperti Toyota Etios Valco dan Agya 1.2, Daihatsu Sirion dan Ayla 1.2, Mitsubishi Mirage, Nissan March 1.2, KIA Picanto, dan Hyundai Grand i10.

Honda Brio Konfigurasi dan Eksteriornya

Honda Brio  hadir dengan body mungil yang sangat cocok dalam padatnya lalu lintas di dalam kota. Dengan panjang keseluruhan sekitar 3.6 meter, mobil ini mampu memberikan kepraktisan bagi anda yang tinggal di kota dengan lalu lintas yang ramai. 

Honda Brio  tersedia dalam banyak varian diantaranya Satya S, Satya E, RS, dan RS Special Edition. Honda Brio  Satya sendiri merupakan varian standar dengan velg berukuran 14 inchi, sedangkan Honda Brio RS dilengkapi dengan aksesoris tambahan dan body kit serta velg berukuran 15 inchi. Tentunya, Honda New Brio  RS dibanderol lebih mahal daripada Satya.

Bicara tentang desain, hatchback mungil ini dibuat dengan desain yang sporty. Lekukan di seluruh body mobil terlihat tajam dan tegas. Ground clearancenya pun ceper, terkesan sporty. Tipe RS terlihat lebih sporty, velg 15 inch nya terlihat serasi. Selain sideskirt, pada spion samping pada tipe RS sudah dilengkapi power retractable mirror dengan lampu sein, sedangkan masih absen pada tipe Satya. Bagusnya lagi, tipe RS sudah menggunakan LED projector pada headlampnya dan sudah dilengkapi dengan LED DRL. Sayangnya, kaca belakang yang sangat lebar dan datar bukanlah selera semua orang, namun hal ini memberikan pandangan yang luas ke belakang.

BACA LAGI  5 Jenis Bahan Cover Mobil Anti Air, yang Wajib di Ketahui!

Honda Brio Konfigurasi Eksterior

Spesifikasi Eksterior

Panjang: 3640 mm

Lebar: 1680 mm

Tinggi: 1485 mm

Wheelbase: 2345 mm

Front Tread: 1480 mm

Rear Tread: 1465 mm

Curb Weight: 930 kg

Velg: Alloy 14″ (Satya) dan Alloy 15″ (RS)

Ban: 185/65 R14 (Satya) dan 185/55 R15 (RS

Honda Brio Konfigurasi Interior New Brio Saty/RS

Interior Honda New Brio  hadir dengan desain yang modern dan futuristik, jauh lebih baik dari generasi pertama yang terkesan jelek dan murahan. Interior Satya berwarna ivory dengan aksen hitam pada dasbor, sedangkan RS berwarna hitam. Keduanya masih menggunakan bahan fabric pada joknya. 

Kerennya, semua varian sudah menggunakan AC digital sebagai pendingin kabin. Dual SRS airbag juga sudah disematkan pada semua varian. Untuk tipe RS, head unit sudah menggunakan layar touchscreen berukuran 6.2 inch dengan tweeter speaker, sedangkan Satya masih menggunakan double din biasa tanpa touchscreen monitor dan tweeter. Untuk mempermudah penggunaan fitur multimedia, tipe RS sudah dilengkapi dengan steering wheel audio control.

Untuk sebuah hatchback mungil, tidak banyak yang bisa diharapkan dari kelegaan kabin. Untuk baris pertama masih tergolong cukup untuk headroom maupun legroom, namun pada baris kedua terasa sempit. Begitu juga dengan bagasi yang juga kecil, sehingga membatasi barang bawaan yang bisa diangkut. Untungnya, desain sandaran jok yang tipis cukup membantu sedikit peningkatan space kabin. Cup holder sebanyak 9 buah juga lebih dari cukup sebagai tempat penyimpanan kecil.

Kelengkapan Fitur, Keselamatan, dan Keamanan:

– 6.2″ Touchscreen Head Unit

– Steering Wheel Audio Control

– ECO Assist

– MID

– Digital A/C

– 9 Cupholder

– Auto Door-lock by Speed

– LED Projector Headlamp

– DRL

– Heat Rejecting Green Tinted Glass

– Rear Wiper

– Aero Kit

– LED High-mounted Stoplamp

– G-CON + ACE Body

– Dual SRS Airbags

– ABS

– EBD

– Keyless Entry

– Immobilizer

– Alarm System

Performa Mesin dan Handling Honda New Brio  Satya/RS

Honda New Brio  menggendong mesin L12B i-VTEC SOHC berkapasitas 1200 cc yang mampu memompa tenaga maksimum sebesar 90 PS pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak sebesar 110 Nm pada putaran mesin 4800 rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan dan CVT dengan Earth Dreams Technology. Meskipun hanya 1200 cc, mesin ini cukup bertenaga, ditambah dengan bobot mobil yang ringan sehingga power-to-weight ratio nya baik. Selain cukup bertenaga, mobil ini juga irit. Untuk versi CBU, mesin yang digunakan adalah L13A i-VTEC berkapasitas 1300 cc.

Kesan fun-to-drive dari mobil ini merupakan poin utama yang ikut mendulang kesuksesan penjualannya. Pengendaliannya cukup baik ketika menikung dan stabil ketika dipacu pada kecepatan tinggi berkat suspensi yang keras dan ground clearance yang tinggi. Bodi mungilnya juga turut membantu kelincahan dalam bermanuver. Namun suspensi yang tergolong keras berdampak pada berkurangnya tingkat kenyamanan, tapi masih cukup nyaman digunakan untuk membelah kemacetan di ibukota.

Spesifikasi Mesin dan Suspensi

Engine: 1.2L L12B i-VTEC SOHC

Konfigurasi: 4 in-line cylinder, 16 valve

Rasio Kompresi: 10.1:1

Tenaga Maks: 90 PS @6000 rpm

Torsi Maks: 110 Nm @4800 rpm

Konsumsi BBM: 11-15 km/l (dalkot), 14-19 km/l (lukot)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 35 liter

Steering: Rack & Pinion with EPS + Tilt Steering

Drive System: Roda Depan (FWD)

Suspesi Depan: MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang: H-Shape Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan: Ventilated Disc

Rem Belakang: Drum

Kelebihan dan Kekurangan Honda New Brio  Satya/RS

Kelebihan:

– Mesin cukup bertenaga

– Handling baik

– Akselerasi cepat

– Power-to-weight ratio baik

– Fun to drive

– Visibilitas pengemudi luas

– Konsumsi BBM irit

– Radius putar kecil

– Lincah dan praktis

– Resale value kuat

Kekurangan:

– Peredaman kabin kurang

– Ground clearance rendah

– Baris kedua sempit

– Bagasi kecil

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *