Anak Motor, Begini Cara Hitung CC Motor Paling Pas!

cara hitung CC motor

Cara Hitung CC Motor – Sebagai pemilik kendaraan roda dua, mungkin kamu tidak terpikirkan untuk menghitung cc motor kamu sendiri.

Kita mengetahui cc motor yang kita gunakan sudah standar pabrikan dan tidak perlu ada perubahan lagi yang penting nyaman digunakan.

Tapi, untuk kamu yang rajin utak-atik alias geng modif motor, semua yang berbau standar pasti ingin kamu personifikasi biar kamu banget!

Setiap motor memiliki mesin dengan kapasitas yang berbeda-beda. Kapasitas tersebut hadir untuk mendukung kemampuan kendaraan yang kamu beli.

Dengan mengetahui cara hitung cc motor kamu, kamu bisa mengubah motor kamu yang seperti siput peliharaan Spongebob jadi secepat kereta Shinkasen.

Apa itu CC ?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara hitung cc motor, supaya kamu tidak bingung dengan istilahnya, mari dikenalkan dulu apa itu “cc”.

CC adalah singkatan dari “centimeter cubic”. Dalam dunia otomotif, cc juga memiliki nama lain yaitu volume ruang bakar.

Pengertian Ruang Bakar

Supaya tidak pusing dengan istilah, pengertian ruang bakar adalah sebuah ruang di mesin kendaraan tempat bahan bakar dibakar.

Sebelum Bore-Up dan Stroke-Up, Kamu Wajib Tahu Ini !

Buat kamu yang punya hobi modifikasi sepeda motor atau utak-atik kendaraan roda dua kesayangan kamu, wajib hukumnya buat kamu mengetahui cara hitung cc motor yang akan kamu bore up atau stroke up.


sumber : metalcry 8085

Meskipun terlihat sepele, namun untuk modifikasi motor, mengetahui cara menghitung cc motor sangat penting untuk performa kendaraan. Apalagi kalau kamu mau tanding alias jadi joki drag bike..wah, penting banget, tuh.

Jangan sampai pas kamu mau tanding, kamu sampai tidak mengetahui apa dan bagaimana seharusnya berat kendaraan dan berat badan joki bisa mempengaruhi kecepatan kendaraan. Bagian mesin-lah yang harus diutak-atik supaya bisa ngegass sak pol e.

Tentukan Aktivitas Sebelum Menghitung CC Motor

Nah, sebelum melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kendaraan, pastikan dulu tujuan kamu menggunakan kendaraan itu : harian-kah? lomba-kah? atau racing-kah?

Tujuan penentuan aktivitas itu akan berdampak pada biaya yang dikeluarkan saat melakukan modifikasi. Contohnya, kamu tidak perlu menggunakan busi racing untuk mesin standar. Sia-sia.

Kalau kamu akan menggunakan kendaraan kamu untuk balapan, misalnya, jangan gunakan produk standart, nanti motor kamu tidak bisa lari.

Seperti itulah gambaran mengenai apa dan bagaimana seharusnya bore up maupun stroke up dilakukan. Jangan sampai salah tujuan. Bahaya di kantong, bahaya pula di jalan.

Manfaat Mengetahui Cara Hitung CC Motor yang Kamu Miliki

Manfaat Mengetahui Cara Hitung CC Motor untuk Owner Kendaraan

Sebagai pemilik kendaraan, memiliki pengetahuan atau knowledge mengenai kendaraan yang dimlikinya sebenarnya hal wajib.

Kenapa?

  1. Supaya kamu bisa dengan mudah menganalisis dan memberi tindakan pada kendaraan roda dua kamu jikalau terjadi masalah mendadak di tempat yang jauh dari bengkel motor.
  2. Supaya kamu bisa lebih aware dengan part yang harus diganti atau tidak diganti. Bukan menyulut ketidakpercayaan kepada para montir di bengkel, montir itu mirip dokter: keputusannya bisa berbeda sejauh pengalamannya menangani masalah.

Manfaat untuk Penyedia Jasa Perbaikan Kendaraan

  1. Mengetahui cara hitung cc motor hukumnya wajib ‘ain untuk diketahui montir bengkel yang menyediakan jasa modifikasi motor atau oprek-oprek motor.
  2. Akan menjadi sebuah prestasi penting ketika salah satu customer kamu ikut balapan dan menang, maka nama modifikator mesin juga akan terangkat.
  3. Customer tidak suka merasa dibohongi saat disuruh mengganti ini dan itu pada bagian kendaraannya. Kewajiban untuk sangat menguasai ilmu perbengkelan adalah hal yang tidak bisa ditawar.

Ilmu modifikasi disampaikan kepada calon pengguna jasa supaya mereka teredukasi dan tidak merasa kamu memanfaatkan ketidaktahuan mereka terhadap kendaraannya.

Semakin mereka (calon pelanggan kamu) merasa yakin bahwa kendaraan mereka berada di tangan yang tepat, mereka akan sulit berpindah ke lain bengkel. Mereka akan merasa telah menemukan dokter untuk kendaraannya.

Cara Hitung CC Motor Kamu dengan Metode Ini

Cara Hitung cc Motor dengan cara Menghitung Panjang Langkah Piston dan Diameter Piston

Rumus ini mengandung Phi (rumus absolut lingkaran) 3,14 , ukuran bore, ukuran stroke piston.

Rumus yang dihasilkan dari cara ini adalah :

0,785 x Ukuran Bore x Ukuran Bore x Stroke

Atau dengan cara ini :

(3,14 : 4) x bore x bore x stroke

Atau bisa juga dengan cara ini :

0,785 x bore^2 x stroke

Dari Mana Mendapatkan Angka 0,785 Sebagai Pengali Bore dan Stroke?

Cieee, penasaran, ya, dapat angka 0,785 nya dari mana? Janwabannya dalah dari angka phi (3,14) dibagi empat. Coba deh, hitung pakai kalkulator, pasti ketemunya membulat 0,785.

Contoh Cara Memastikan CC Motor Kamu

Ceritanya kamu punya motor Yamaha Mio yang imut yang siap kamu beri cover motor. Tapi, sebelum membeli sarung motor sebagai tanda sayang ke kendaraan roda dua yang imut itu, kamu ingin memastikan berapa ukuran piston yang kamu perlukan untuk menambah cc skuter matic manis tersebut.

Kamu pergi ke bengkel. Dari standart pabrikan, Motor Yamaha Mio J memiliki ukuran diameter piston 50 mm dan stroke 57,9 mm. Kamu ingin melakukan bore up dengan menggunakan piston 58 mm.

Pertanyaannya : Berapa CC kah Yamaha Mio J setelah bore up?

Diketahui :

Merk : Yamaha Mio J, ukuran piston 50 mm, stroke: 57,9 mm. Perlakuan : bore up piston 58mm.

0,785 X 58 mm X 58 mm X 57,9 mm = 152898,8 mm

Setelah mendapatkan angka perkalian, bagi 1.000. Jadi 152898,8 mm : 1.000 = 152,8 cc.

Hasil cc juga akan berbeda kalau kamu mengubah ukuran stroke-nya.

Gimana? Gampang kan cara hitung cc motor ? Kamu boleh praktek di bengkel modifikasi motor yang kamu kenal (dan montir-nya kenal kamu, dan pemilik kendaraan juga kenal kamu).

Ingat, jangan lupa untuk terus merawat kendaraan kamu, ya.. klik katalog ini kalau kamu perlu cover motor.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share, ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =