Gambar Truk Canter : Dari yang Standar Sampai yang Aneh-Aneh

Apr 5, 2020 | Mobil, Tips | 0 comments

Gambar truk Canter adalah modifikasi mobil truk mitsubishi colt. Tentu kita sering menyaksikan truk-truk sliweran di jalan raya, baik truk standar maupun truk modifikasi. Kadang modifikasi tersebut terlihat keren, tapi tidak sedikit juga yang terlihat aneh. Tapi, bagaimanapun juga, semua usaha modifikasi harus tetap dihargai karena hal tersebut menyangkut selera masing-masing pemilik truk. Dan juga menyesuaikan dengan budgetnya.

gambar truk canter

Berikut ini beberapa gambar truk canter yang berhasil dihimpun dari beberapa sumber. Semoga bisa dijadikan inspirasi. Kali aja mau modif truk Canter, ye kan.. 

gambar truk canter

Mengenal Jenis-jenis Truk

Truk adalah salah satu jenis alat transportasi yang memiliki ukuran sangat beragam dengan tipe karoseri yang berbeda-beda. Penggunaan truk biasanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang dengan jumlah dan ukuran besar.

Perbedaan jenis-jenis truk ini seringkali menjadi dilema tersendiri bagi para pelanggan yang ingin menggunakan jasa sewa truk karena harus memilih tipe truk yang memiliki ukuran cocok dengan barang yang akan dikirimkan.

Truk Pick Up

Truk Pickup adalah jenis truk yang paling kecil, mereka hanya memiliki 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah roda. Rata-rata, pick up memiliki volume maksimal 1 CBM dan berat muatan maksimal 1,5 Ton, kecuali dengan pick up bak dengan volume maksimal 6 CBM.

Dengan kondisi seperti ini, truk pickup di Indonesia umumnya dipanggil dengan sebutan mobil pickup, baik itu mobil pickup bak, box maupun gran max.

Mobil pick up favorit masyarakat Indonesia sendiri ada 3, yaitu carry pick up, l300 dan grand max/blind van.

Pada umumnya mobil pickup seperti carry dan l300 lebih sering digunakan untuk mengantarkan barang pindahan dengan rute yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu memiliki resiko kerusakan yang tinggi. Sedangkan untuk grand max, kebanyakan hanya digunakan untuk pemaketan barang yang harus terhindari dari sinar matahari dan air hujan, sehingga kapasitas muatan grand max lebih kecil dibandingkan temannya.

Ukuran dan kapasitas carry, l300, dan grand max sudah tercantum pada gambar di atas.

Truk Cold Diesel Engkel (CDE)

Truk Cold Diesel Engkel (CDE) adalah jenis truk yang memiliki 2 jumlah sumbu dan 4 jumlah roda seperti pick up. Akan tetapi, kapasitas truk CDE berbeda dengan kapasitas pick up. Rata-rata, 1 truk CDE memiliki kubikasi 6 CBM dan kapasitas muatan maksimalnya 2 Ton, kecuali CDE bak dengan volume maksimal 12 CBM.

Karena namanya terlalu panjang, Cold Diesel Engkel lebih sering disebut dengan truk engkel.

Tidak hanya untuk pengiriman barang berat, jika ingin digunakan untuk kebutuhan lain, kapasitas truk engkel bak memiliki volume rekomendasi untuk volume truk sampah.

Truk Cold Diesel Double (CDD)

Truk Cold Diesel Double (CDD) adalah jenis truk saudara dari truk engkel dengan jumlah sumbu ada 2 dan jumlah roda ada 6. 

Di Indonesia, tidak jarang truk ini dipanggil dengan sebutan truk canter. Ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan truk engkel, yakni volume muatan 12 CBM dan berat muatan maksimal 4 Ton.

Kelebihan dari truk CDD dibandingkan CDE adalah mampu membawa muatan yang lebih banyak karena dapat dimodifikasi menjadi truk CDD Long. Sehingga dalam 1 cold diesel mampu membawa barang 30 kubikasi.

Gambar Truk Canter Modifikasi Rp 180 Juta 

Gambar ini diambil dari vlogger otomotif terkenal, mas Ridwan Hanif Rahmadi yang mengabadikan acara show truk modifikasi di Purwakarta beberapa waktu lalu. 

BACA LAGI  Selain sebagai Anti Panas, Berikut Manfaat Lain dari Penggunaan Sarung Mobil

PAda kesempatan tersebut, mas Ridwan Hanif sempat mewawancarai pemilik truk canter bernama New Bekaje tentang berapa banyak dana yang ia habiskan untuk mengubah tampilan dan segala macam yang ia sematkan di truk Canternya itu. 

Pemilik truk canter New Bekaje menjawab bahwa ia menghabiskan total 180 juta untuk mendapatkan tampilan truk seperti ini. 

Sumber : Ridwan Hanif Rahmadi’s youtube account 

Casing Mesin Dipahat 

Selain modifikasi truk Canter pada bagian permukaan depan, samping dan belakang, ada juga yang mendadani rangka mesinnya dengan pahatan dan dichrome emas. 

gambar truk canter

Sumber foto : Ridwan Hanif Rahmadi’s youtube account 

Mesin yang dipahat tersebut menjadi pemandangan menarik karena tidak semua orang melakukan hal yang sama untuk mendandani truk Canternya. 

Jika detail yang jarang terekspos saja sudah sedemikian serius, tampilan truknya pun tidak bisa dibilang biasa-biasa saja. 

Oiya, jika pada mesin ini bisa terlihat diukir dengan indah, tentu karena spek truk Canter yang dimodif telah memiliki sistem kabin jungkit. Sistem tersebut memudahkan pemilik truk untuk memeriksa bagian mesin kendaraan. 

gambar truk canter

Spesifikasi Truk Canter 

Tidak semua gambar yang kami kumpulkan di sini mengandung spesifikasi jelas karna telah mengalami banyak perubahan dan setiap modifikasi memiliki perubahan yang personal. Artinya, setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda satu sama lain. 

Meskipun demikian, tentu tetap ada spesifikasi standar, yaitu spesifikasi resmi dari Mitsubishi ketika mobil itu selesai dibuat dari pabrik alias spek pabrik. 

Dimensi Truk Canter 

Jarak Sumbu Roda 4.200 mm

Panjang Keseluruhan 7.015 mm

Lebar Keseluruhan 1.970 mm

Tinggi keseluruhan 2.145 mm

Tinggi Minimal dari Tanah 210 mm

Jarak roda depan kiri-kanan 1.400 mm

Jarak roda belakang kiri-kanan 1.495 mm

Cab to End 5.470 mm

Berat chasis : 2345 kg

Max. G.V.W : 7500 kg

Kemampuan : Kecepatan maksimum 120 km/jam

Daya tanjak dengan maksimal G.V.W. 32 Tan

Radius putar minimum 8.6 m

Roda : Ban 7.50-16-14PR

Velg 16×6.00GS , 6 studs

Model 4D34-2AT8

Tipe 4 langkah, direct injection, mesin diesel pendingin air dengan turbo intercooler

Diameter X langkah 104×115 mm

Jumlah silinder 4 sejajar cc

Isi S silinder 3.908

Daya maksimum 125/2.900 PS/rpm

Torsi maksimum 33/1.600 Kg.m/rpm

 Model M035S5

Tipe 5 gigi maju dan 1 gigi mundur, 1-5 synchromesh, gigi mundur constantmesh

Perbandingan gigi 5.380-3.028-1.700-1.000-0.722 Mundur 5.380

Kopeling Pelat kering tunggal, C4W30D

Depan Reverse Elliot, type “I” Beam

Belakang Full Floating Type

Perbandingan gigi akhir 5.571

Rem kaki Sistem Hidraulis dengan Vacuum Servo Assistance, Dual Circuit

Rem Tangan Tipe internal expanding di bagian belakang transmisi

Rem Pembantu Sistem pengereman gas buang

Truk Canter Orange 

gambar truk canter

Gambar Truk Canter Sexy Black 

gambar truk canter

Gambar Truk Canter Black Yellow

gambar truk canter

Truk Canter Orange Boys

Gambar Truk Canter  Magenta 

gambar truk canter

Gambar Truk Canter Bayu

Gambar Truk Canter Iron Man 

Gambar Truk Canter Black REd VAlentino

Gambar Truk Canter Grey 

Sumber : Sandi Kajongan’s Youtube Account 

Gambar Truk Canter Pink

Gambar Truk Canter 

Gambar Truk Canter 

Gambar Truk Canter 

Gambar Truk Canter 

Dengan lighting di dekat roda, truk canter ini mempesona siapa saja di jalan raya.

Gambar Truk Canter 

Demikian beragam gambar truk canter yang dapat kami sajikan. Semoga berhasil memanjakan kerinduan teman-teman untuk menahan diri tidak kopdar atau kongkow bareng dengan truk-truk Canter lain selama Covid-19.  Sabar and stay healthy ya…

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *