CB 100 Modif : Si Klasik yang Selalu Asik

CB 100 Modif Terpopuler – Siapa sih yang tidak tahu dengan Honda CB 100? Hampir semua pecinta motor pasti akrab dengan motor satu ini. 

Bagaimana tidak, motor keluaran Jepang ini merupakan salah satu motor tua di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 70-an. Tentu saja motor ini sangat populer pada masanya, bahkan mungkin hanya orang-orang kalangan menengah ke atas yang mampu membelinya zaman dahulu. 

Beda halnya dengan sekarang, seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat akan alat transportasi, berbagai jenis motor makin banyak mengaspal di Indonesia. 

Tidak heran jika keberadaan motor-motor dengan gaya modern dan kecanggihannya mampu menggeser CB 100 dari masa ke masa. Alhasil saat ini motor tersebut semakin jarang ditemukan dan jadi salah satu motor legendaris di Indonesia.

Honda CB 100 merupakan motor yang memiliki kapasitas mesin 99 cc dengan type mesin air cooled, 4-stroke OHC engine yang mana mesin tersebut hanya mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 11,5 Hp dengan putaran pada mesin sebesar 10.500 rpm.

Sedangkan untuk diameter x langkahnya hanya memiliki ukuran sebesar 50.5 mm x 49.5 mm dengan perbandingan kompresi mesin sebesar 9.5 : 1. Hal ini tentu saja akan membuat performa mesin motor ini makin oke dan makin tangguh saat dipacu dengan kecepatan tinggi. Dan untuk menunjang handling yang nyaman bagi para pengendaranya, motor Honda CB 100 ini dibekali dengan sistem suspensi berjenis Teleskopik Fork untuk suspensi depan dan Swing arm untuk suspensi bagian belakangnya.

Dilihat dari segi spesifikasinya motor klasik garapan Honda ini sudah terbilang cukup bagus untuk sebuah motor klasik tahun 70-an. Namun jika dibandingkan dengan performa dari motor-motor baru saat ini, tentu saja performa motor Honda CB 100 ini kalah jauh. Maka dari itu agar motor Honda CB 100 ini memiliki performa yang lebih gahar, banyak pemilik motor Honda CB 100 ini melakukan modifikasi pada motor tersebut terutama pada bagian mesin motor, agar memiliki tenaga yang lebih besar.

CB 100 Modif : Motor Tua Terpopuler Kesayangan Anak Muda 

Motor CB 100 ini memang merupakan jenis motor klasik dan tua. Oleh karenanya banyak pemiliknya yang akhirnya memodifikasi motor yang satu ini. 

Para modifikator biasanya akan mengubah tampilan motor tersebut agar tampak lebih kekinian dengan paduan modern dan segar tanpa menghilangkan kekhasannya yang unik. Banyak ide-ide kreatif yang dituangkan para modifikator tanah air terhadap motor klasik Honda CB 100 ini. Modifikasi CB 100 memang selalu menggoda para modifikator untuk mendesain tampilan interior maupun eksterior motor ini sesuai dengan karakter dan ragam corak yang diminati. Nah, berikut beberapa model CB 100 modif terpopuler yang bisa kamu  temukan dan bisa jadi referensi kamu jika ingin mengubah tampilan motor Honda CB 100 ini.

1. CB 100 Modif Vintage Bike

Konsep modifikasi yang satu ini sangat mempertahankan keaslian atau keoriginalan dari motor Honda CB 100 tersebut. Namun meski identitas motor ini masih sangat kental namun para modifikator juga telah merubah beberapa sudut bagian dari motor tersebut. Misalnya modifikator mengganti ban motor Honda CB 100 ini dengan ban yang berukuran lebih besar begitu juga dengan velg yang digunakan menggunakan velg tapak lebar. Selain itu juga mengganti mesin motor dengan mesin dari motor Honda Tiger yang memiliki kapasitas mesin yang besar. Dengan begitu motor Honda CB 100 akan memiliki performa yang tangguh.

cb 100 modif

2. Modifikasi CB 100 Chopper Bike

Gaya motor chopper merupakan gaya motor Amerika jaman dulu dimana pada stang motor ini dibuat lebih tinggi dari jok motor. Selain itu posisi depan juga dibuat lebih tinggi dibanding dengan posisi belakang. Untuk mendapatkan gaya ini, pemodif harus mengubah beberapa sudut bagian terpenting bagi motor Honda CB 100 ini mulai dari dudukan sokbreaker depan hingga chasis motor yang akan dibuat lebih tinggi bagian depan. Tidak heran jika modifikasi ini akan lebih rumit dan cukup ekstrim, akan tetapi jika berhasil maka kamu  akan mendapati motor CB 100 yang sangar dan keren.

3. Modifikasi CB 100 Jap Style Bike 

cb 100 modif

Konsep Japstyle ini terbilang cukup keren dan gahar, dimana pada konsep ini motor dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan tontonan yang berkualitas dan memiliki nilai seni yang tinggi. 

Untuk mengubah motor Honda CB 100 menjadi motor berkonsep jap style pemodif dituntut untuk mengubah beberapa bagian sudut motor serta warna. Disisi lain roda pada motor ini juga dibuat standart hanya saja ban yang digunakan lebih identik dengan ban tahu yang sering digunakan oleh motor-motor trail. Dana yang dibutuhkan untuk memodifikasi motor CB 100 dengan gaya ini pun tidak murah, jadi kamu  harus menyiapkan kocek yang cukup dalam tentunya.

4. CB 100 Modif Cafe Racer Bike

cb 100 modif

Tampilan motor CB 100 dengan gaya Cafe Racer ini juga tidak kalah keren dengan memadukannya dengan konsep motor balap. Maka tentu saja performa mesin motor harus diganti dengan mesin motor yang berkapasitas lebih besar misalnya saja mesin motor Honda GL 100 ataupun mesin motor Honda Tiger. 

Kedua mesin motor tersebut seringkali digunakan pada motor-motor CB 100 yang mengalami modifikasi dalam konsep mesin motor. Selain itu modifikasi motor ini juga perlu diperhatikan pada posisi dan bentuk motor untuk menghasilkan tampilan motor yang keren dan bergaya. 

5. Modifikasi CB 100 Retro Klasik Bike

cb 100 modif

Modifikasi berikutnya yang bisa dilakukan pada Honda CB 100 adalah retro klasik. Konsep ini sangat mempertahankan sisi keaslian atau ke originalan dari motor sehingga tidak ada banyak perubahan, termasuk juga mesinnya yang sangat dipertahankan tanpa ada penggantian atau perubahan apapun, paling tidak yang bisa dilakukan adalah perubahan warna cat dengan kreativitas dan selera yang bagus tentunya. Oleh karena itu, untuk memodifikasi CB 100 dengan konsep retro klasik kamu  tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

Itulah beberapa contoh CB 100 modif yang bisa dijadikan acuan modifikasi. Barangkali beberapa contoh gaya CB 100 modif terpopuler di atas bisa jadi inspirasi kamu  para modifikator motor. 

Untuk kamu  yang memiliki motor Honda CB 100 tetapi bingung ingin diapakan agar terlihat lebih keren dan gagah, kamu  bisa mencoba salah satu konsep di atas untuk kamu terapkan. Siapa tahu diantaranya akan sangat cocok untuk motor kamu .

Satu lagi yang perlu kamu  ingat, untuk mengubah Honda CB 100 tersebut, kamu  perlu membawanya ke modifikator motor yang sudah berpengalaman ya. Tentunya yang memiliki skill dan pengetahuan luas akan performa motor. Jangan sampai alih-alih ingin tampil lebih bagus dan nyaman, justru hasilnya mengecewakan

2 responses to “CB 100 Modif : Si Klasik yang Selalu Asik”

  1. Anatomia Avatar

    Hiya, I loved reading your post. Thanks for the huge info. Hoped that we will lengthen our friendship through a mutual hyperlink trade? Let me know, and high-quality to see you here!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 5 =