7 Tips Mendapatkan Mobil Bekas Murah dan Berkualitas, Jangan Salah Pilih!

Harga mobil kian hari kian mahal, ditambah lagi dengan tarif pajak yang semakin melambung membuat banyak orang memilih untuk mengurungkan niatnya membeli mobil baru, terutama bagi mereka yang belum merasa tercukupi keadaan finansialnya. Namun jangan terburu-buru putus asa, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi keinginan Anda memiliki mobil sendiri.

Salah satu cara memiliki mobil sendiri meski dana minim adalah dengan membeli mobil bekas. Sayangnya, masih banyak orang yang tertipu dengan harga mobil bekas yang murah namun kondisinya ternyata jauh dari harapan. Biasanya yang seperti ini karena sudah terlanjur tergiur dengan tampilan luar mobil. Namun kurang memperhatikan kondisi dalam mobil.

Agar tidak tertipu oleh dealer atau penjual mobil bekas, simaklah beberapa tips dapatkan mobil bekas murah dan berkualitas.

Cara mendapatkan Mobil Bekas Murah dan Berkualitas

Ketahui apa yang Anda butuhkan dan inginkan

Bagi banyak orang, membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan merupakan sebuah keutamaan karena itu berarti Anda tidak menghambur-hamburkan untuk segala sesuatu yang belum atau tidak Anda butuhkan. Sama halnya dengan membeli mobil, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Misalkan jika Anda masih lajang atau belum memiliki anak, mobil sedan atau LCGC akan lebih efisien dibandingkan dengan tipe minibus. Berbeda jika Anda memiliki usaha yang membutuhkan mobil untuk keluarga atau sarana angkut barang usaha Anda, mobil jenis minibus atau MPV lebih efisien.

Tanyakan sejarah mobil

Menanyakan sejarah mobil juga tak kalah wajib untuk meminimalisir kerugian di masa yang akan datang. Tanyakan pada si penjual, apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan/tabrakan, terendam banjir atau pernah turun mesin. Informasi jelas mengenai mobil adalah salah satu landasan penting dalam memutuskan untuk membeli mobil tersebut atau tidak.

Pahami soal mesin

Kondisi mesin juga harus jadi pertimbangan yang serius saat membeli mobil bekas. Jangan hanya dilihat dari tampilan luar atau harganya saja. Kondisi mesin dan performa juga sangat penting. Sebab kedua hal itu merupakan pertanda apakah bahwa mobil tersebut berkualitas atau tidak.

Jadi pastikan saat membeli mobil bekas, pahami terlebih dahulu soal mesin atau jika Anda hanyalah orang awam yang kurang mengerti soal otomotif, Anda bisa membawa serta orang yang paham akan mesin mobil seperti mekanik bengkel baik teman, saudara atau dengan membayar orang lain untuk mengecek kondisi mesin.

Periksa catatan kendaraan

Mobil yang secara rutin diservis sudah pasti memiliki performa yang masih bagus. Cuma ada satu cara untuk dapat mengetahui hal tersebut secara pasti yaitu dengan memeriksa catatan servis kendaraan. Setiap kali mobil diservis, maka petugas bengkel akan memberi tanda atau catatan servis berkala serta komponen mobil manakah yang diganti.

Jangan buru-buru saat test drive

Driving a car at night -woman driving his modern car at night in a city (shallow DOF; color toned image)

Setelah Anda selesai mengecek kondisi bodi, mesin serta catatan servis kendaraan pada mobil tersebut, maka sekarang saatnya Anda untuk meminta izin melakukan test drive yang mana biasanya akan dipandu sendiri oleh pihak dealer atau penjual. Dengan melakukan test drive ini, Anda akan mengetahui secara pasti bagaimana performa mobil tersebut.

Perhatikan beberapa aspek seperti suara dan getaran mesin, tarikan gas, rem, persenelling hingga AC mobil. Jadi jangan terburu-buru saat test drive.

Bandingkan terlebih dahulu.

Jangan tergesa-gesa memutuskan membeli mobil di penjual A atau dealer B saja, Anda harus melakukan beberapa perbandingan. Luangkan waktu untuk mampir dari satu dealer ke dealer lain untuk menanyakan beberapa hal di atas, namun jika tidak ingin ribet, sekarang ada internet (situs jual beli online) yang dapat membantu Anda untuk menemukan berbagai informasi mengenai mobil bekas murah dan berkualitas.

Beli langsung dari orang yang dikenal

Jika Anda masih ragu membeli di dealer atau ingin mobil dengan harga yang lebih murah, belilah langsung mobil bekas dari orang yang Anda kenal, seperti teman, tetangga atau kerabat yang memang kebetulan hendak menjual mobil.

Meski Anda membeli keluaran mobil lama, jangan lupa untuk selalu dirawat dengan baik. Jangan lupa selalu servis secara rutin, bersihkan mobil secara teratur, periksa mesin dan kaki-kaki sebelum dibawa berkendara dan selalu gunakan cover mobil saat diparkir di luar ruangan.

31 responses to “7 Tips Mendapatkan Mobil Bekas Murah dan Berkualitas, Jangan Salah Pilih!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × three =