Mobil hybrid saat ini sudah mencapai masa kejayaan, karena sekarang anda sudah dapat dengan mudah menemukan mobil hybrid, terutama di jalan perkotaan. Hybrid juga termasuk salah satu keunggulan dari beberapa mobil dibandingkan mobil konvensional.

Mobil ini juga ramah lingkungan, dengan 2 sumber tenaga. Seperti tenaga listrik penggerak dan tenaga mesin konvensional. Selain itu perawatannya tidak jauh beda dengan mobil konvensional lainnya.

Perawatannya lebih mudah dan lebih murah karena memiliki 2 mesin penggerak. Perawatan mobil harus segera dilakukan, apalagi jika setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh. Ada baiknya jika dilakukan perawatan secara berkala supaya lebih mudah.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips Merawat Mobil Hybrid

Lakukan pemeriksaan Baterai

Dalam penggunaanya, baterai termasuk komponen penting dalam mobil jenis hybrid ini. Sebaiknya periksa baterai 1 kali dalam sebulan dan bersihkan korosi pada terminal.

Periksa kemudian kencangkan sambungan, periksa dan tambahkan air pada baterai jika sudah sampai low level. Periksa juga retak pada baterai hybrid dan ganti jika ditemukan sesuatu yang dapat mengganggu keamanan.

Pemeliharaan Tapak & Inflasi Ban

Ban termasuk salah satu bagian yang penting dalam mobil. Mudah dipertahankan dan hampir semua jenis mobil memiliki dampak yang sama. Sedangkan yang harus diperhatikan dengan memeriksa tapak ban dan keausan yang terjadi.

Karena dengan pemeliharaan yang benar, maka ban dapat memberikan jarak tempuh yang lebih lama dibandingkan mobil normal lainnya. Hindari penggunaan ban yang berada di bawah garis peringatan supaya tidak tergelincir dan membahayakan.

Pemeriksaan Suspensi

Suspensi tidak perlu dilakukan perawatan teratur, tapi lakukan pengecekan saja untuk menghindari hal-hal yang membahayakan.

Biasanya suspensi juga jarang mengalami guncangan atau struts akhir untuk diganti. Periksa saja secara bersamaan dengan beberapa komponen lain seperti rem mobil setiap menempuh jarak sampai dua puluh ribu mil.

Pemeliharaan Pendingin

Saat kendaraan hybrid anda menggunakan radiator, maka harus diawasi tingkat pendinginnya dan isi ulang jika sudah habis. Karena jamur karat yang biasa menempel pada radiator yang kemudian terakumulasi dengan puing-pung ini akan mencegah kinerja menjadi lebih baik.

BACA LAGI  Tips Memperbaiki Bumper Mobil yang Rusak

Gunakan cairan yang tepat supaya tidak ada mata air yang keluar dari mobil dan mencegah keausan saat berjalan. Periksa juga tinggi dari cairan mobil yang sudah ada.

Gunakan Selimut Mobil

Body cover ini termasuk salah satu perlengkapan yang penting dan bisa digunakan sebagai pencegahan terjadinya perawatan berlebihan.

Karena body cover dapat mencegah kotoran hewan, debu, getah dan baret yang dapat merusak mobil. Saat memilih body cover pastikan memiliki bahan dasar yang aman digunakan, lembut dan licin.

Karena bahan yang kasar dapat merusak permukaan cat mobil, tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh para pemilik mobil. Oleh karena itu gunakan body cover yang memiliki 4 lapisan pelindung yang lengkap.

Hindari Mencuci Mesin Sebarangan

Saat mencuci mobil, sebaiknya perhatikan mesin mobil dan jangan dicuci secara sembarangan. Karena dapat menimbulkan kerusakan mesin dan air dapat menjadi gangguan pada komponen dalam mesin tersebut.

Pastikan mencuci mobil hybrid dengan hati-hati supaya komponen tidak rusak. Usahakan lakukan dengan teliti dan jangan sampai ada kerusakan.

Ada baiknya dibersihkan dengan mengelapnya saja, tanpa menyiram mesin dengan air secara langsung. Tidak disarankan juga mencuci bagian kolong mobil, hal ini dilakukan untuk menghindari air masuk pada komponen lain yang dapat menyebabkan baterai menjadi tidak berfungsi kembali.

Cek Fluids Dan Filter Bahan Bakar

Fluids harus dilakukan pengecekan supaya mobil terhindar dari keausan lebih cepat dan tear pada bagian mobil. Hal ini dilakukan supaya mobil berjalan dengan lancar, melalui pengecekan pelumas.

Cek juga filter bahan bakar secara berkala, jika sudah habis sebaiknya ganti dengan yang baru supaya tidak terjadi penyumbatan pada bagian mesin. Selain itu, brushes juga harus diganti jika jarak tempuh sudah mencapai delapan puluh ribu mil dan periksa saat jarak sudah hampir mencapai delapan puluh ribu.

Secara keseluruhan perawatan mobil hybrid ini sangat mudah, karena mesin sendiri dibantu dengan motor listrik yang sudah mulai disematkan. Dengan pemeriksaan atau perawatan secara berkala maka mobil akan dalam keadaan prima.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!