Seperti yang telah diketahui jika ketika musim hujan datang, tentu kondisi jalan akan menjadi lebih licin. Hal tersebut dikarenakan guyuran air hujan dan yang menjadi perhatian adalah biasanya sering terjadi kecelakaan yang disebabkan karena tergelincir. Selain masalah jalan licin, Anda harus waspada terhadap genangan air yang menutupi lubang dijalan karena jika Anda tidak sengaja melewati jalan berlubang bisa-bisa mobil Anda akan rusak atau menimbulkan masalah lainnya.

Meskipun Anda diusahakan untuk selalu waspada, akan tetapi dari armada yang Anda gunakan dalam menjalankan aktivitas juga harus diperhatikan, seperti mobil yang Anda miliki harus dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan. Hal yang pertama kali harus diperhatikan pada mobil ketika musim hujan adalah pada ban mobil. Ketika musim hujan datang Anda bisa memilih ban mobil dengan compound khusus serta memilih pattern atau kembangan ban mobil.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis ban mobil yang sesuai ketika musim hujan datang oleh tempat jual cover mobil outdoor dan indoor.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Jenis Ban Mobil yang Sesuai Ketika Musim Hujan

Ban Standar

Jenis dari ban mobil yang sesuai untuk musim hujan yang pertama yaitu jenis ban standar. Anda harus menggunakan jenis ban yang sesuai standar yang telah direkomendasikan dari pabrik pembuatnya. Anda juga dapat mengeceknya sesuai dengan yang sudah tertera di buku manual atau manual book. Biasanya ban mobil yang direkomendasikan mempunyai ketebalan antara 55 sampai 70. Selain itu, Anda juga harus bisa merawat ban mobil agar kondisi ban tetap baik.

Hindari Terlalu Banyak Motif Kembangan

Untuk jenis ban mobil yang sesuai pada musim hujan kedua yaitu ban mobil yang tidak terlalu banyak motifnya atau hindari ban dengan banyak motif. Akan lebih baik jika Anda tidak memilih motif kembangan yang memiliki banyak corak yang sering digunakan untuk pertimbangan fashion. Oleh karena itu, bagi Anda yang biasanya lebih memilih motif kembangan dengan corak yang banyak, sebaiknya ketika musim hujan datang untuk menunda terlebih dahulu.

Hal tersebut akan membuat Anda merasa tidak nyaman serta cenderung membuat jalan menjadi lebih licin jika Anda memaksa menggunakan ban mobil dengan motif kembangan dengan banyak corak. Perlu Anda ketahui jika ban mobil tipe kembangan yang sesuai yaitu Asymmetric Pattern karena mempunyai desain telapak ban berbeda untuk bagian kiri dan bagian kanannya. Namun, ketika memasang ban ini harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan.

BACA LAGI  Update Harga Cover Mobil Anti Air

Jika menggunakan ban ini maka dengan baik meminimalisir getaran di kemudi, respons kemudi akan lebih halus, serta bisa menepis genangan air dengan sangat baik. Kemudian ada konvensional pattern yang biasa dikenal karena alur kembangan symmetrical atau tipe kembangan standar dari sebuah ban mobil. alur pada tipe ini berkesinambungan seperti blok serta cenderung simetris.

Dengan performa standar serta tingkat kebisingan rendah, akan tetapi kurang efektif untuk menepis air.

Hindari Ban Slik

Ketika musim hujan datang, akan lebih baik Anda menghindari ban yang tanpa pola atau sering disebut dengan ban silk. Meskipun terlihat lunak serta ditujukan supaya melekat pada jalan licin, akan tetapi sebenarnya bukan untuk kondisi yang basah. Karena jika digunakan pada jalan yang basah akan cenderung menjadikan jalan yang dilintasi oleh Anda menjadi lebih licin.

Hindari Penggantian Ban yang Baru

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan saat musim hujan, akan lebih baik untuk tidak menggunakan ban mobil yang masih baru. Karena kondisi ban mobil yang baru mempunyai lapisan silicon yang cenderung membuatnya licin serta untuk daya cengkeram menjadi kurang terutama pada jalanan yang basah. Oleh karena itu, lebih baik gunakan ban mobil yang sudah lama.

Gunakan Ban Mobil dengan Jalur Indirection Orientasi Satu Arah

Selain beberapa poin di atas, hal yang wajib Anda perhatikan serta tidak kalah penting yaitu mengenai alur yang ada di tapak ban mobil Anda. akan lebih baik ketika akan melintasi jalan saat musim hujan, Anda gunakan jenis alur ban mobil yang mempunyai jalur undirection orientasi yang satu arah, serta biasanya tidak dapat dipindah dari sisi yang satu ke sisi yang lainnya.

Alasan Anda harus menggunakan jenis alur seperti ini adalah karena biasanya mempunyai pula lebih baik dalam memecah air pada jalanan yang nantinya akan Anda lalui sehingga tidak akan berasa licin. Itulah di atas mengenai jenis ban mobil yang sesuai ketika musim hujan menurut tempat jual cover mobil outdoor dan indoor.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!