Ketika memiliki sebuah mobil, maka seorang pemilik harus paham kegunaan setiap piranti yang ada di dalam mobil tersebut. Selain agar dapat mengoptimalkan semua piranti dengan baik, pemahaman ini juga berguna agar piranti bisa tahan lama karena pemakaian yang benar. Salah satu piranti yang pasti ada di sebuah mobil adalah wiper.

Tidak hanya ada di kaca depan, beberapa pabrikan mobil juga menempatkan wiper untuk kaca belakang. Walaupun terlihat sepele, namun keberadaan wiper ini cukup penting, terutama ketika musim penghujan tiba. Agar tidak keliru dalam perawatan dan penggunaan wiper, maka tidak ada salahnya Anda mencari tahu lebih banyak mengenai piranti kecil namun penting ini.

Beberapa Fungsi Utama Wiper

Membersihkan Kaca Mobil

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, wiper berguna untuk menyingkirkan obyek yang berada di kaca depan. Obyek yang mengganggu ini bisa sangat beragam, mulai dari debu, air, serangga maupun kotoran lain yang tidak sengaja menempel di kaca mobil.

Dengan wiper yang berfungsi dengan baik, maka semua penghalang pandangan tersebut bisa dibersihkan dengan benar sehingga konsentrasi pengendara bisa terfokus tanpa ada distraksi.

Memperjauh Jarak Pandang

Berkaitan dengan kebersihan kaca depan, maka jarak pandang pengemudi pun bisa semakin jauh. Anda dapat melihat obyek yang ada di depan dengan lebih jelas tanpa ada gangguan. Demikian pula dengan kaca belakang. Ketika wiper berfungsi dengan baik, maka Anda dapat mengetahui obyek apa yang ada di belakang sehingga ketika akan mengadakan manuver, contohnya adalah mundur, Anda tidak perlu kuatir ada obyek yang akan Anda tabrak.

Menghilangkan Water Spot

Musim penghujan tentunya adalah salah satu musim yang sering membuat pengemudi mobil menggerutu. Bagaimana tidak? Kaca mobil bisa lebih cepat kotor karena tempias air hujan yang mengenai kaca. Tak hanya itu, air hujan yang kotor  juga membawa serta pasir halus serta kotoran lain yang bisa menempel di kaca.

Untuk itulah wiper bisa digunakan dengan benar. Anda dapat menyalakan wiper sehingga air yang mengguyur kaca depan bisa disingkirkan, demikian juga ketika hujan berhenti dan meninggalkan noda air, maka wiper dengan mudah dapat membersihkannya.

Cara Kerja Wiper

Setelan wiper mobil biasanya ada dua yaitu kecepatan tinggi atau high speed dan kecepatan lambat atau low speed. Keduanya memiliki fungsi tersendiri. Anda dapat menghidupkan wiper ketika merasa kaca depan maupun mobil Anda sudah cukup kotor sehingga menghalangi pandangan.

Dalam proses kerjanya, wiper dibantu oleh cairan yang disemprotkan oleh washer. Cairan ini adalah cairan pembersih kaca yang memang diformulasikan khusus agar wiper bisa menghapus noda dan kotoran dari kaca dengan lebih cepat. Selain itu, carian yang disemprotkan oleh washer ini berguna untuk membuat permukaan kaca lebih licin sehingga kotoran yang menempel tidak akan menggores kaca.

Letak washer biasanya bersisian dengan wiper. Jika wiper yang diletakkan di mobil ada dua, yaitu depan dan belakang, maka washer yang dimiliki mobil tersebut juga ada dua. Untuk pengaturan washer dan wiper biasanya ada di dekat kemudi sehingga Anda tidak perlu repot dalam pengoperasiannya.

Komponen lain yang juga berkaitan dengan wiper adalah aki. Bisa dikatakan bahwa aki merupakan jantung dari mesin karena menghasilkan daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan segala piranti yang ada di dalam mobil. Untuk itulah Anda, selain rutin memeriksa wiper dan washer, Anda juga harus selalu memeriksa kondisi aki Anda.

Bahan Wiper

Bahan yang digunakan untuk pembuatan wiper, selain besi yang menopang wiper, juga terdiri dari karet dengan kualitas yang bagus. Karet ini bukan karet biasa karena memang didesain sedemikian rupa untuk bisa digunakan sebagai penghapus kotoran yang menempel di kaca.

Sama seperti karet pada umumnya, semakin lama pasti akan semakin kehilangan elastisitasnya. Semakin kering karet wiper, maka kemungkinan wiper tidak dapat bekerja optimal menjadi lebih besar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi karet wiper menjadi tidak lagi memiliki kinerja yang baik, salah satunya adalah karena pemanasan yang terjadi terus-menerus.

Maka dari itu, jika mobil Anda lebih sering berada di luar ruangan, terlebih ketika cuaca sedang terik, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan selimut mobil untuk mempertahankan kelembaban baik interior maupun eksterior mobil Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!