,

Sarung Mobil yang Bagus Punya Ciri-Ciri Ini, Buruan Cek!

sarung mobil yang bagus

Sarung Mobil yang Bagus itu yang Gimana, sih?

Sarung mobil yang bagus adalah penutup mobil yang memiliki kualifikasi bagus secara obyektif. Kualifikasi didasarkan pada realtime exprience para pengguna cover mobil selama ini.

Sejauh ini, ada beberapa kriteria penting supaya pelindung mobil bisa disebut “bagus”. Salah satunya, yang terpenting adalah anti UV atau memiliki teknologi UV Protection.

Lhah, kayak pelembab kulit aja ada anti UV alias UV Protector segala? Memang cover mobil , secara tidak langsung adalah second skin mobil Anda. Ia bertugas melindungi kilau kendaraan roda empat Anda dari sengatan matahari yang jahat.

Syarat Cover Mobil yang Bagus

Dari kualifikasi obyektif, dapat dibreakdown menjadi beberapa syarat penutup mobil yang bagus. Berikut ini beberapa syarat penting agar cover mobil Anda bisa disebut sarung mobil yang bagus:

  1. Anti UV atau memiliki UV Protection
  2. Bahan halus dan lembut, tidak melukai atau menggores permukaan kendaraan roda empat Anda.
  3. Memiliki teknologi daun talas, yaitu anti air.
  4. Breatheable. Teknologi ini memungkinkan kendaraan Anda tidak pengap saat ditutup dengan cover mobil.
  5. Mudah digunakan, dibawa, dan dibersihkan.

Lima hal ini mungkin akan berbeda variasinya, tapi yang paling penting, sarung mobil yang bagus paling tidak harus memiliki kriteria: anti UV, breatheable, dan anti air hujan.

Bahan-Bahan yang Cocok Dijadikan Sarung Mobil yang Bagus

Tidak semua kain bisa menjadi sarung mobil. Ada yang terlalu tebal, jadinya mirip terpal. Ada yang tidak breatheable walaupun transparan dan anti air 100%, dan lain-lain.

Dalam perkembangannya, bahan-bahan yang bagus jadi penutup mobil, terutama yang dominan untuk pemakaian outdoor, sebaiknya terbuat dari bahan polyester.

Bahan ini telah banyak digunakan oleh berbagai pabrikan cover mobil, salah satunya CoverSuper. Tentu saja dengan tambahan teknologi anti air dan anti UV membuat hasil produksi CoverSuper jadi berbeda dibanding sarung mobil lain.

Jangan Pilih Bahan Cover Mobil Ini Kalau Anda Tidak Mau Rugi

Sarung mobil yang bagus, memenuhi berbagai syarat untuk memastikan bahwa permukaan kendaraan roda empat Anda baik-baik saja. Bukan malah lembap dan berjamur.

Oleh karena itu, ketika Anda akan membeli sarung mobil, pastikan Anda tidak memilih pelindung mobil dari bahan-bahan berikut ini:

  1. Plastik (transparan maupun plastik terpal)
  2. Kanvas tebal
  3. Segala jenis bahan yang terlalu tebal dan tidak membiarkan udara masuk dari celah-celahnya.

Kenapa harus menghindari bahan sarung mobil di atas? Karena selain tidak breatheable, akan menimbulkan masalah lain seperti jamur, bercak noda karena lembab, dan lain-lain.

Ciri-ciri Bahan yang Cocok untuk Cover Mobil

Salah satu pertimbangan terbesar yang biasanya digunakan car lover untuk membeli sarung mobil adalah karena seringnya parkir di luar ruangan. Memarkir kendaraan ini bisa mengakibatkan cat kendaraan cepat kusam dan kalau sering terkena air hujan, bisa menimbulkan karat di beberapa bagian.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan panduan ini saat akan membeli penutup mobil:

  1. Pakai selimut mobil atau cover mobil yang memiliki teknologi Anti UV, breatheable.
  2. Gunakan selimut mobil dari bahan yang halus, tidak menggores permukaan kendaraan.
  3. Jika Anda sangat ingin menggunakan sarung mobil dengan warna yang lucu, pastikan kalau pewarnanya tidak luntur saat terkena air hujan.
  4. Pakai cover mobil dari pabrikan terpercaya: CoverSuper misalnya.
  5. Pilih cover mobil dari bahan yang mudah kering.

Jenis-jenis Bahan Sarung Mobil yang Bagus

Dari pilihan tersebut, ada beberapa bahan yang biasanya dijadikan patokan untuk membuat sarung mobil yang bagus.

Berikut ini beberapa jenis bahan selimut mobil yang bagus:

  1. Polyester Rocky

Merupakan bahan cover pilihan yang teruji untuk pemakaian full outdoor. Jika Anda masih memarkir kendaraan Anda di bawah pohon–mungkin karna Anda kebanyakan mobil–sebaiknya salah satu kendaraan roda empat Anda ditutup dengan cover mobil dengan bahan jenis ini.

2. Polyester Dolby

Mirip dengan polyester Rocky, juga untuk penggunaan luar ruangan alias outdoor, cover mobil dengan bahan polyester dolby cenderung lebih murah karena masa guna sarung mobil tersebut lebih singkat dari sarung mobil berbahan polyester Rocky.

Sarung mobil ini cocok untuk Anda yang suka perubahan. Anda bisa mengganti cover mobil Anda tiap 1-2 tahun sekali supaya tidak bosan.

3. Material Puma

Bahan sarung mobil yang bagus ini cocok untuk semi-indoor dengan intensitas indoor lebih tinggi. Maksudnya, penutup mobil dari material Puma ini akan lebih awet jika penggunaan indoor lebih sering dari penggunaan outdoor.

Tiga bahan di atas, memiliki serat super rapat dan kuat, sudah dilengkapi dengan teknologi anti-UV atau UV Protection, bahan halus dan ringan, sehingga tidak akan menimbulkan baret pada permukaan mobil Anda, breathe-able, dan dilengkapi dengan tali pengencang sehingga cover mobil tidak terbang saat tertiup angin kencang.

Cara Merawat Sarung Mobil yang Bagus

Menggunakan penutup mobil bukan berarti Anda terbebaskan dari kewajiban membersihkan sarung mobil tersebut. Hal ini sebaiknya dilakukan rutin, tidak setiap hari, cukup dua atau tiga minggu sekali pelindung kendaraan roda empat itu Anda bersihkan.

Selain itu, cara melipat cover mobil juga harus tetap Anda ikuti, karena kalau Anda asal lipat, cover mobil pun bisa cepat rusak.

Cara ketiga adalah dengan meletakkan cover mobil di tempat yang tinggi atau bebas dari jangkauan spraying kucing, pipis tikus, dan lain-lain.

Perlukah Sarung Mobil Dicuci?

Iya, sebaiknya cover mobil Anda dicuci rutin tiga minggu sampai sebulan sekali. Tujuannya, selain untuk menghindarkan pelindung kendaraan Anda dari kotoran yang tidak diinginkan, juga dapat menambah keawetan penutup mobil tersebut.

Bolehkah Penutup Mobil Disetrika Supaya Lebih Rapi?

Kami percaya Anda sangat rajin. Tapi, sebaiknya, jangan.

Bagaimana supaya cover mobil bisa lebih awet dan tahan lama?

Pada dasarnya, cover mobil hanya membantu supaya kendaraan Anda terlindung ketika berada di luar ruangan. Apabila Anda ingin supaya cover mobil Anda lebih awet, maka gunakan sarung kendaraan tersebut sesuai peruntukannya.

Misalnya, jika Anda membeli cover mobil indoor deluxe dari CoverSuper, maka jika tidak karena tepaksa, jangan digunakan di luar ruangan. Gunakanlah selalu sarung mobil tersebut di dalam ruangan.

Atau, Anda sengaja memesan cover mobil extreme outdoor dan 50% penggunaannya di dalam ruangan, maka keawetannya pun bisa bertahan lebih lama dari standar produknya.

Kesimpulan

Dengan demikian, sarung mobil yang bagus tidak hanya meliputi warna yang lucu dan imut, model terbaru, tapi dikembalikan lagi pada fungsinya: penutup atau pelindung mobil.

Anda dapat dikatakan membeli sarung mobil yang bagus, apabila sarung mobil Anda memiliki teknologi seperti ini:

  1. Anti UV
  2. Breatheable
  3. Slim fit
  4. Anti Air hingga 90%
  5. Tidak mudah terbang
  6. Ringan dan halus permukaannya.

Jika Anda belum memiliki cover mobil seperti itu, segera pesan sarung mobil yang bagus di CoverSuper.

Baca juga: Harga Cover Mobil Avanza ini Bagus dan Murah!