,

Awas Tertipu, Begini Cara Membedakan Cover Jok Mobil Kulit Asli dan Sintetis

cover jok mobil

Dalam memilih cover jok mobil tersedia dalam dua variasi yang umum dijual di pasaran, yaitu jok mobil dari kulit asli dan sintetis. Tentunya masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

cover jok mobil

Untuk material pelapis jok mobil dari bahan sintetis cukup beragam mulai dari bahan semi fabric, bahan sofa dan lainnya. Untuk material pelapis jok kulit yang menggunakan kulit asli biasanya menggunakan kulit dari hewan domba, kambing atau sapi.

Sehingga tak heran jika cover jok dari kulit asli tentunya memiliki harga yang lebih mahal daripada yang menggunakan bahan sintetis. Karena cover jok yang mengelola bahan sintetis lebih seperti barang tiruan yang biasanya dibuat menyerupai kulit asli akan tetapi menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan bahan bahan kimia pewarna lilin maupun bahan lainnya yang dapat membuat tekstur cover menyerupai kulit asli.

Oleh karena itu harga dari cover jok yang terbuat dari bahan sintetis memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang kulit asli. Salah satu bahan untuk membuat kulit jok sintetis yang digunakan yaitu pleather atau plastic leather di mana bahan tersebut memang mirip seperti kulit asli.

Dikarenakan perbedaan harga yang cukup signifikan, anda perlu mengetahui beberapa faktor yang membedakan antara pelapis mobil yang terbuat dari kulit asli dan pelapis mobil dari bahan sintetis.

Tentu saja tujuannya untuk menghindarkan anda dari penjual cover jok mobil Jogja yang berpotensi merugikan Anda. Karena banyak juga produsen cover jok mobil Avanza yang memanfaatkan ketidaktahuan konsumen untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Anda sebagai konsumen yang tidak mengetahui cara membedakan pelapis mobil dari kulit asli dan sintetis, tentunya akan membayar lebih mahal tanpa mendapatkan kualitas yang lebih bagus dari sebuah produk cover jok untuk mobil.

Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk membeli cover jok mobil Surabaya, pastikan anda mengetahui beberapa perbedaan antara jok kulit asli dan sintetis yang akan dijelaskan berikut ini.

Memanfaatkan Panas Api

Sebagai konsumen yang ingin mendapatkan produk cover jok mobil Avanza dari material kulit asli, artinya Anda harus dapat membedakan mana yang kulit asli dan mana yang kulit sintetis. Pastinya Anda juga tidak ingin tertipu dengan membayar harga yang lebih mahal untuk produk yang tidak berkualitas pesan?

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membedakan materi kulit yang asli dan yang sintetis adalah dengan memanfaatkan panas api. Karena panas dari api ini dapat dengan mudah membedakan mana yang asli dan mana yang.

Cara membedakannya cukup mudah yaitu dengan membakar cover jok, di mana untuk cover jok yang terbuat dari kulit sintetis akan lebih mudah terbakar daripada kulit asli. Cara ini cukup ampuh untuk membedakan keduanya.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua bengkel atau produsen penjual cover jok untuk mobil bersedia menyediakan sampel untuk dibakar. Namun anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan cara-cara selanjutnya untuk membedakan cover jok kulit asli dan kulit sintetis tanpa harus membakar sampel.

Meraba Tekstur Permukaan

Ada cara lain yang bisa anda lakukan tanpa harus membakar sample cover jok pada mobil yang akan anda beli. Yaitu dengan cara meraba tekstur permukaan dari cover jok.

Karena tentunya tekstur permukaan pada jok kulit asli dan sintetis akan berbeda. Pada pelapis jok mobil yang menggunakan material kulit asli akan terasa lebih kasar.

Sementara pada pelapis jok mobil yang menggunakan bahan sintetis akan terasa lebih lembut dan lebih lengket. Meskipun pada pelapis jok mobil yang menggunakan kulit asli terasa lebih kasar, akan tetapi Dalam penggunaannya tetap terasa nyaman. Oleh karenanya tak heran apabila pelapis jok mobil dengan material kulit asli dari hewan akan memiliki harga yang lebih mahal.

Memeriksa Label Produk

Dengan memeriksa label produk juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah suatu pelapis jok mobil berbahan kulit asli atau hanya berbahan sintetis. Karena umumnya untuk produk yang menggunakan bahan kulit sintetis biasanya menjelaskan detail bahan yang digunakan. Anda bisa melihat pada bagian label, biasanya untuk pelapis jok mobil dari kain sintetis tertulis istilah asing seperti fabric materials, manmade materials atau istilah lainnya.

Akan tetapi cara ini memang tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya cara untuk membedakan mana pelapis jok mobil yang menggunakan kulit asli dan yang menggunakan kulit sintetis. Karena beberapa produsen tentunya akan menyembunyikan detail ini agar tidak diketahui oleh konsumennya.

Memeriksa Tepian Produk

Sepertinya ini menjadi cara yang paling dianjurkan bagi konsumen yang ingin mengetahui perbedaan dari jok kulit yang asli dan sintetis. Sebelum membeli, coba anda perhatikan tepian produk tersebut.

Pada pelapis jok mobil yang menggunakan kulit asli cenderung memiliki tepian yang kasar sedangkan pada kulit sintetis nampak sangat sempurna untuk sisi-sisi produknya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa material sintetis tentunya akan lebih mudah di bentuk sehingga terlihat lebih rapi.

Apabila anda cukup detail dalam mengamati sisi-sisi pada pelapis jok mobil yang memiliki material sintetis, maka akan terlihat seperti berbahan dari plastik. Anda bisa memadukan cara yang satu ini dengan cara yang sebelumnya yaitu meraba permukaan pelapis jok mobil yang akan anda beli.

Memeriksa Pori-pori Bahan

Ada cara yang tak kalah penting lainnya dalam membedakan mana cover jok kulit pada mobil yang terbuat dari kulit asli dan sintetis, yaitu dengan memeriksa pori-pori bahan.

Perlu Anda ketahui bahwa jok mobil yang terbuat dari kulit asli akan memiliki pori-pori yang tidak beraturan. Sedangkan pada jok mobil yang terbuat dari kulit sintetis pori-porinya sangat rapi dan terlihat memiliki ukuran yang sama dengan jarak yang konsisten.

Mencium Aromanya

Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui cover jok untuk mobil apakah terbuat dari kulit asli atau sintetis. Tahukah Anda, ternyata jok mobil kulit asli memiliki aroma yang sangat keras sehingga tidak dapat ditiru oleh kulit sintetis. Namun cara yang satu ini hanya bisa digunakan bagi Anda yang sudah terbiasa dalam mencium aroma berbahan kulit.

Karena mungkin cara ini akan sedikit sulit digunakan bagi konsumen yang tidak terbiasa dalam membeli produk produk berbahan kulit asli. Oleh karena itu, jika memang Anda tidak bisa menggunakan cara yang ini, Anda bisa menggunakan cara-cara sebelumnya yang dijelaskan untuk membedakan mana jok mobil kulit asli dan mana yang dari sintetis.

Demikian itulah yang bisa kami sampaikan tentang bagaimana cara membedakan cover jok mobil bahan kulit asli dan berbahan sintetis. Anda bisa menggunakan cara tersebut ketika membeli cover jok mobil Surabaya, cover jok mobil Bandung, cover jok mobil Jogja maupun daerah lainnya.

23 responses to “Awas Tertipu, Begini Cara Membedakan Cover Jok Mobil Kulit Asli dan Sintetis”

  1. Will Avatar

    Hello there! Quick question that’s entirely off topic.
    Do you know how to make your site mobile friendly? My blog looks weird when browsing from
    my iphone4. I’m trying to find a template or plugin that might be able
    to fix this problem. If you have any suggestions, please share.
    Appreciate it!

  2. 파워볼중계 Avatar

    The initially Casket draw was held on 14 June 1917,
    with the final draw held on three April 2013.

  3. FIFA 22 coin generator Avatar

    That is very interesting, You are an excessively professional blogger.
    I have joined your feed and stay up for searching for more of your fantastic
    post. Also, I’ve shared your website in my social networks

  4. Joe Avatar

    Its such as you learn my mind! You seem to grasp so
    much approximately this, like you wrote the ebook
    in it or something. I believe that you just can do with a few percent to power the message house
    a bit, however other than that, that is great blog.
    An excellent read. I will certainly be back.

  5. Loren Avatar

    Link exchange is nothing else except it is simply placing the other
    person’s website link on your page at appropriate place and other person will also do similar in favor of you.

  6. Selina Avatar

    Excellent pieces. Keep writing such kind of information on your blog.
    Im really impressed by your site.
    Hi there, You’ve done a great job. I will certainly digg it and personally suggest to my friends.
    I’m sure they’ll be benefited from this website.

  7. Deidre Avatar

    At this time it looks like Movable Type is the preferred blogging platform out there right now.

    (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  8. Juliet Avatar

    Hi there! I could have sworn I’ve been to this site before but after reading through some
    of the post I realized it’s new to me. Anyhow, I’m definitely glad I found it and I’ll be bookmarking and checking back often!

  9. Janessa Avatar

    Hello! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for
    this website? I’m getting tired of WordPress because I’ve had issues
    with hackers and I’m looking at options for another platform.
    I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

  10. Delia Avatar

    When someone writes an piece of writing he/she retains the thought of a user in his/her mind that how a
    user can understand it. So that’s why this piece of writing is amazing.
    Thanks!

  11. Hope Avatar

    Heya are using WordPress for your site platform?
    I’m new to the blog world but I’m trying to get started
    and set up my own. Do you need any html coding expertise
    to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  12. Maricruz Avatar

    I am not sure where you are getting your information, but great topic.
    I needs to spend some time learning much more or understanding more.
    Thanks for fantastic info I was looking for this info for my
    mission.

  13. Julius Avatar

    Hi there I am so grateful I found your web site, I really found you
    by mistake, while I was searching on Yahoo for something else, Regardless I am here now and would just like to say thanks for a incredible post and a all round exciting blog (I also love
    the theme/design), I don’t have time to read it all at the minute but I have saved
    it and also added in your RSS feeds, so when I have
    time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the excellent work.

  14. Quyen Avatar

    Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide
    credit and sources back to your blog? My website is in the
    exact same area of interest as yours and my visitors would genuinely benefit
    from a lot of the information you present here. Please let me know if this okay
    with you. Regards!

  15. Bell Avatar

    Superb, what a weblog it is! This website provides
    valuable information to us, keep it up.

  16. ezproxy.cityu.edu.hk Avatar

    It’s really a great and useful piece of information. I’m
    happy that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  17. Billy Avatar

    It’s actually a cool and helpful piece of information.
    I am glad that you just shared this useful information with
    us. Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

  18. Mabel Avatar

    Thanks in support of sharing such a pleasant opinion, article
    is good, thats why i have read it entirely

  19. Douglas Avatar

    I like what you guys are up too. This kind of clever work and reporting!
    Keep up the very good works guys I’ve incorporated you guys to my personal blogroll.

  20. Esther Avatar

    Hi there to every one, it’s really a pleasant for me to pay a visit
    this site, it consists of helpful Information.

  21. Louie Avatar

    Thanks , I have just been looking for info about this subject for a long time and yours is the best
    I’ve found out so far. However, what in regards to
    the bottom line? Are you sure concerning the source?

  22. Caren Avatar

    Admiring the dedication you put into your blog and detailed information you offer.
    It’s good to come across a blog every once in a while that
    isn’t the same old rehashed material. Fantastic read!
    I’ve bookmarked your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  23. Drusilla Avatar

    We’re a group of volunteers and starting a new scheme in our community.

    Your website offered us with valuable information to work
    on. You’ve done a formidable job and our whole community will be grateful
    to you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 13 =