Yuk Kenalan Yamaha NMAX 2019 Kali Aja Jatuh Cinta

Motor, Tips, Tutorial

Yamaha NMAX 2019 adalah varian Yamaha NMAX terbaru tahun 2019 atau dikenal juga sebagai Yamaha All New NMAX. Diluncurkan Desember 2019, kendaraan roda dua ini siap mencuri hati kamu yang lemah kalau lihat varian baru dari Yamaha. 

Seperti diketahui, Yamaha NMAX tidak mengalami perubahan banyak beberapa tahun setelah diluncurkan tahun 2015. Karena peminatnya meningkat, maka dibuatlah Yamaha NMAX 2019 atau Yamaha All New NMAX. Nah, supaya lebih yakin seberapa jauh motor ini bisa mencuri hati dan isi dompet kamu, yuk kenalan dulu. Kali aja tambah jatuh cinta, ye, kan ? 

Yamaha NMAX 2019

Spesifikasi

Spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan Yamaha NMAX sebelumnya. Berikut ini spesifikasi lengkap Yamaha NMAX 2019.

#1 Mesin 

Mesin telah menggunakan Tipe Mesin : Liquid cooled 4-stroke, SOHC dengan Jumlah/Posisi Silindernya adalah Single Cylinder berkapasitas Mesin : 155 cc. Dengan kapasitas ini, tidak heran Yamaha berani mengklaim bahwa varian NMAX sekarang lebih mantap tarikannya. 

Spesifikasi lainnya seperti  Diameter x Langkah : 58,0 mm x 58.7 mm, Perbandingan Kompresi : 10,5 : 1 , Daya Maksimum : 11.1 kW / 8000 rpm, dan Torsi Maksimum : 14.4 Nm / 6000 rpm maka penunjang terbaiknya adalah dengan sistem starter Electric : Starter. 

Sistem Pelumasan : Basah

Kapasitas Oli Mesin : Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L

Sistem Bahan Bakar : FI (Fuel Injection)

Tipe Kopling : Kering, Centrifugal Automatic

Tipe Transmisi V-belt :  Automatic 

#2 Dimensi 

Kendaraan yang sedang ramai dibicarakan ini memiliki dimensi sebagai berikut : 

P x L x T : 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm

Jarak sumbu roda : 1.350 mm

Jarak terendah ke tanah :  135 mm

Tinggi tempat duduk : 765 mm

Berat isi : 127 kg

Kapasitas tangki bensin : 6,6 L

#3 Rangka

Tipe Rangka : Underbone

Suspensi Depan : Teleskopik

Suspensi Belakang : Unit Swing

Ban Depan : 110/70 – 13 M/C 48P

Ban Belakang :  130/70 – 13 M/C 63P

Rem Depan : Single Disc Brake

Rem Belakang  : Single Disc Brake

#4 Kelistrikan

Sistem pengapian : TCI

Battery YTZ7V

Tipe Busi : NGK/CPR8EA-9 

Dengan spesifikasi sedemikian itu, Yamaha memberikan jaminan bahwa mengendarai motor ini tidak hanya memberikan keamanan dalam berkendara tetapi juga tampilan yang lebih stylish, modern dan informatif. 

Didukung oleh Mesin Blue Core 155 VVA ( Variable Valve Actuation ) yang efisien, bertenaga, dan handal, Yamaha NMAX 2019 juga dilengkapi dengan Rear Sub Tank Suspension yang selain memberikan kesan elegan pada kendaraan, tetapi juga memberikan kestabilan di berbagai kondisi jalan saat perjalanan. 

Yamaha NMAX 2019

Untuk mendukung tampilan dan kenyamanan, produsen kendaraan dari Jepang ini mengubah tampilan seat-nya dengan dua tekstur atau kombinasi dengan logo NMAX yang diemboss yang disatukan dengan motif jahitan yang membuat tampilan motor jadi lebih berkelas dan elegan. 

Selain mesin, design atau tampilan, seat atau jok yang berkualitas, Yamaha NMAX ini masih dibekali dengan stang yang mirip jet-ski. Tau stang jet-ski, kan? Bisa digoogling kok. Tampilan stang yang mirip jet-ski ini juga membuat tampilan rapi karena tidak ada kabel – kabel yang terlihat, bersulur-sulur. 

Untuk tipe ABS, terdapat dua rem cakram di ban depan dan belakang. Dua rem cakram itu sangat berpengaruh dalam menunjang keamanan dalam berkendara. 

Harga

Yamaha NMAX 2019 ini dibagi menjadi dua jenis : ber ABS dan tidak ber ABS. Untuk Yamaha NMAX 2019 tanpa ABS atau Yamaha NMAX Standar, harga OTR Jakarta adalah Rp. 28,545,000. Harga ini dapat berbeda di setiap dealer, tapi harga yang disarankan oleh Yamaha adalah harga kisaran itu.  

BACA LAGI  6 Manfaat Menggunakan Cover Mobil Anti Air

Warna

Motor keluaran Desember 2019 ini memiliki beberapa varian warna, yaitu warna Matte Black, Blue, Matte Grey, dan White. 

Perawatan Yamaha NMAX 2019 

Modifikasi Yamaha NMAX 2019 

Perbandingan Yamaha NMAX 2019 Vs Yamaha NMAX Lama

Sekilas mirip, tapi ternyata banyak juga perbedaan antara motor ini dibandingkan Yamaha NMAX Lama. Perbedaan pertama yang terlihat adalah bagian lampu atau head lamp. 

Bandingkan dengan headlamp Yamaha All New NMAX atau Yamaha NMAX 2019

Dari segi tampilan depan, motor ini memang kalah dari varian terbarunya karna produk anyar ini telah menggunakan LED. 

Dari review salah seorang youtuber otomotif, ia menyebutkan bahwa  hand rem Yamaha NMAX Lama lebih menang karena lebih smooth dibanding motor ini. Hal tersebut disesalkan karena seharusnya produk baru atau varian baru tidak mengurangi keamanan demi memberikan hal lain yang sifatnya penampilan.  

Ditilik dari segi kapasitas mesin, Yamaha NMAX 2019 diklaim lebih halus dan bertenaga tarikannya dibanding Yamaha NMAX sebelumnya.

Selain mesin dan tampilannya yang cenderung lebih galak, Yamaha NMAX 2019 ditambah dengan berbagai aksesoris yang pastinya akan membuat siapapun ingin segera memilikinya. 

Sebut saja tampilan panel LED. Meskipun lebih kecil dari NMAX sebelumnya, tetapi fungsinya lebih banyak dan kontrolnya lebih mudah. Kejutan lebih menyenangkan datang dari Yamaha NMAX 2019 ABS: dengan performa tangguh, bertenaga, tampilan galak dengan headlamp beralis burung hantu, Yamaha menghujani All New NMAX ABS dengan kemampuan keyless. Yes. You read it right : keyless alias tanpa kunci. 

Lalu, bagaimana cara menghidupkan Yamaha NMAX 2019 ABS yang keyless itu ? Dengan aplikasi yang terhubung dengan handphone, you can turn off and turn on your motorcycle just that easy ! 

Sayangnya, ketika artikel ini ditulis, Yamaha NMAX 2019 ABS masih dalam tahap inden. Jadi, harus sabar, ya. 

Cara Merawat  

Motor baru ini, dengan beberapa perbedaan dari varian NMAX sebelumnya, harus diperlakukan sedikit khusus. 

Seperti review dari salah satu youtuber otomotif, jika ada hal yang tidak nyaman dengan rem, maka segera lakukan modifikasi pada bagian tersebut, karena hand rem adalah part penting penunjang keamanan kendaraan bermotor 

Kalau kamu memilih tipe ABS, maka jangan sampai bensin kering kerontang. Jika hal itu sampai terjadi, kamu harus siap berurusan dengan re-sett sistem kendaraan. Maka dari itu, siapapun yang menggunakan kendaraan kamu, pastikan bahwa tangki bahan bakar tidak pernah kosong alias selalu terisi. 

Jangan memperbaiki sendiri atau dibawa ke sembarang bengkel motor

Bagian ini memang agak rumit dan merepotkan, tapi memang begitulah jika memiliki kendaraan dengan teknologi mutakhir. 

Selain ganti handrem, selalu jaga isi bahan bakar, rajin-rajinlah membersihkan bagian depan motor di musim penghujan seperti sekarang. Kenapa? Karena Yamaha NMAX 2019 alias Yamaha All New Max memiliki penghalang mesin (posisinya di belakang spakbor depan) yang lebih rendah dari NMAX lama. 

Jika motor sering melewati jalanan becek atau berair, segera bersihkan bagian tersebut sebelum mengering, mengotori bagian permukaan penutup mesin lalu menjadi korosi. 

Selain perawatan khusus seperti itu, ada perawatan mudah yang bisa dilakukan untuk Yamaha NMAX 2019 yang sedang naik daun ini yaitu membuatkan cover motor atau sarung motor supaya kendaraan roda dua itu selalu bersih dan nyaman untuk dikendarai. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Share ke temen-temen, ya…

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI


Ingin menanyakan produk Cover Super atau konfirmasi pembayaran? silahkan hubungi kami dengan menghubungi kontak di bawah ini :
WA / SMS : 081329052002