Bagi pemilik kendaraan apapun, karat merupakan musuh utama yang harus diwaspadai, terutama jika musim penghujan tiba. Seperti yang kita tahu, karat bersifat korosif, sehingga jika dibiarkan akan membuat bagian yang terdampak menjadi terkikis. Tentunya jika hal ini terjadi, maka performa bagian tersebut akan berkurang.

Apabila karat terjadi di bagian panel badan kendaraan maka tentu saja dampak yang dihasilkan bisa sangat mengganggu, karena bisa mengurangi kekokohan serta kekuatan dari kerangka penyangga tersebut. Selain itu, keberadaan karat tentunya juga dapat mengurangi keindahan mobil Anda.

Menanggulangi Karat Sebelum Terlambat

Menemukan Karat sebelum Menyebar

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Bagian mobil yang paling sering terkena karat adalah bagian wheel well atau ruang roda, selain itu juga pada bagian bumper. Hal ini wajar karena bagian ini memang yang paling kerap kotor. Namun, karena bagian ini juga yang paling sukar dijangkau, maka banyak orang malas untuk membersihkannya secara rutin.

Untuk mengecek keberadaan karat, bisa Anda lakukan ketika proses perotasian roda. Seperti yang kita ketahui, para produsen ban biasanya mensyaratkan agar ban dirotasi setiap 10.000 km. Ketika proses penggantian ban ini, Anda dapat memeriksa bagian ruang roda untuk mengetahui keberadaan karat. Jika bagian ini sudah kotor, segera bersihkan agar karat tidak menyerang.

Selain pada ruang roda serta bumper, bagian lain yang juga sering terdampak karat adalah bagian komponen badan mobil, yaitu pada sambungan dua logam. Pertemuan kedua logam ini akan menimbulkan gesekan yang akhirnya akan menyebabkan pengikisan perlindungan cat. Hal ini dapat membuka jalan bagi karat untuk masuk.

Cek bagian kerangka pintu serta sekitar area bagasi mobil. Jika Anda mendapati tanda berupa cat mobil yang bergelembung maka biasanya ini adalah persembunyian karat. Di dalam  bagian inilah biasanya karat terbentuk.

Selain bagian atas mobil, jangan lupa untuk mengecek bagian bawah mobil juga. Bagian ini jelas adalah bagian yang paling sering kotor dan juga terkena air. Perpaduan antara debu, kotoran dan air akan menimbulkan karat. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini ketika proses pergantian oli. Namun jangan lupa, jika Anda akan melakukan pemeriksaan di bawah mobil, selalu gunakan dongkrak.

Selain itu, hindarkan kendaraan Anda dari air yang menggenang. Inilah pentingnya perawatan dan pemeriksaan secara rutin. Anda dapat menemukan bagian mobil yang sering bocor yang menyebabkan air dapat masuk dan menggenang. Segera perbaiki bagian ini agar tidak air tidak mudah masuk ke dalam mobil.

Walaupun segala bagian mobil seperti cat, potongan lis, lapisan transparan sudah diaplikasikan untuk mencegah karat, namun seiring berjalannya waktu, kemampuan mereka juga akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan mobil yang berusia tua lebih mudah karatan dibandingkan dengan keluaran terbaru.

Mencuci Kendaraan untuk Mencegah Karat

Meskipun penyebab langsung keberadaan karat bukan hanya karena kotoran, namun jika kendaraan Anda dibiarkan kotor juga lambat laun akan menimbulkan masalah. Kotoran yang berakumulasi dengan air dan juga udara dapat menyebabkan korosi pada bagian mobil. Untuk itulah, Anda harus rajin membersihkan mobil Anda dengan cara mencuci.

Jika Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakannya sendiri, maka cucilah mobil dengan seksama. Mulai dari bagian bawah mobil dan juga sela-sela mobil. Namun, jika Anda tidak mahir, maka Anda juga dapat menggunakan jasa pencucian mobil, terlebih untuk menjangkau bagian yang sulit.

Pastikan bahwa bahan yang digunakan untuk mencuci mobil adalah bahan yang aman. Proses lain yang tidak kalah penting adalah proses pengeringan mobil. Jangan tunggu air mengering sendiri, segera keringkan sisa air cucian mobil yang masih menempel agar tidak sempat teroksidasi dengan udara yang tentunya akan menimbulkan karat jika dibiarkan terus menerus.

Lakukan Pengaplikasian Lilin Secara Berkala

Setidaknya dua kali dalam satu tahun Anda bisa melilinkan kendaraan Anda. Tujuan dari pelilinan ini bukan hanya agar mobil terlihat mengkilap, tetapi juga agar cat bisa terlindungi sehingga tidak mudah rusak dan pudar. Pemberian lapisan lilin ini juga mencegah munculnya karat.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah proses penyimpanan mobil. Baik ketika ada di garasi maupun di luar ruangan, mobil harus senantiasa terlindungi. Gunakan body cover mobil kualitas baik untuk menutupi mobil Anda agar tidak terkena kotoran dari luar.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!