fbpx

Merawat mobil bukan hanya dengan membersihkannya saja, namun juga ada beberapa perawatan khusus untuk menjaga kemewahan mobil. Terutama pada tampilan luarnya yaitu bagian cat mobil. Bagian luar mobil merupakan hal yang pertama dilihat orang. Tampilan luar ini juga menandakan sang pemilik dengan pandai atau tidaknya merawat kendaraanya.

Ada beberapa hal yang dapat merusak cat mobil sehingga menjadi tugas pemilik untuk selalu menjaganya. Memang kita harus menghindari hal-hal yang dapat merusak cat mobil meskipun itu hal-hal yang kecil. Mungkin jika mobil Anda sering diparkir diluar ada baiknya untuk menggunakan selimut mobil untuk menghindari penyebab-penyebab itu.

Jika Anda bisa merawat mobil dengan baik maka akan menjaga warna cat menjadi lebih awet dan tidak cepat pudar. Penggunaan dalam keseharian dapat membuat penyebab-penyebab cat mobil rusak itu datang. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil harus mengetahui hal-hal berikut ini untuk dihindari agar mobil Anda tetap mulus dan terawat.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cat Mobil Rusak Waspadai Penyebab Ini

Air Hujan

Hujan menjadi penyebab yang paling umum mengapa cat mobil mudah rusak. Apalagi jika mobil sering digunakan atau sering diparkir di luar. Air hujan memiliki sifat yang asam, sifat asam ini akan terkonsentrasi pada bodi mobil.

Untuk mengatasinya, disarankan setelah mobil terkena air hujan maka segeralah dibilas dan dicuci dengan air bersih. Setelah itu, Anda bisa mengelapnya cepat kering. Bekas air yang kering akan meninggalkan jejak yang tidak enak dipandang.

Aspal

Mobil biasa digunakan sehari-hari, dan lebih sering melewati aspal jalan. Kerikil yang terdapat pada aspal mungkin saja bisa betebaran terlebih di asapal yang sudah rusak dan terdapat banyak kerikil. Benturan-benturan dari kerikil ini dapat memberikan dampak titik-titik putih yang menandakan rusaknya cat.

Yang paling sering terkena aspal ini adalah bagian depan dan juga kap mesin. Untuk menghindari penyebab ini sebaiknya Anda menghindari jalanan yang rusak. Meskipun sangat sulit untuk menghindari kerikil ini karena setiap aspal pastinya terdapat kerikil.

Kotoran Burung

Mobil yang sering diparkir di luar ruangan akan lebih rentan kejatuhan kotoran burung. Tidak jarang kotoran burung menyebabkan rusaknya cat pada bodi mobil. Apabila mobil Anda mengalami masalah terkena kotoran burung ini maka sebaiknya segera dibersihkan karena jika kotoran menempel terlalu lama dapat merusak cat bahkan juga logam.

BACA LAGI  Rekomendasi Harga Sarung Mobil di Ace Hardware

Cara yang baik untuk membersihkan kotoran burung ini yaitu sebaiknya jangan dibersihkan dalam keadaan sudah kering karena justru akan merusak cat karena goresan dari kotoran tersebut. Akan lebih baik jika Anda membasahinya terlebih dahulu agar lembab sehingga tidak merusak cat mobil.

Bahan Bakar

Ketika Anda melakukan pengisian bahan bakar, tidak jarang bahan bakar tersebut tumpah mengenai bodi mobil Anda. Jika tumpahan bahan bakar tersebut dibiarkan terus menerus tumpahan tersebut dapat merusak cat mobil Anda. Unsur kimia yang terdapat dalam bahan bakar menimbulkan bekas noda yang sulit hilang.

Bahkan untuk bahan bakar diesel justru dapat membuat cat mengelupas atau menggelembung dalam jangkan panjang. Masalah ini mungkin bisa dihindari dengan tidak melakukan pengisian secara penuh pada tangki bahan bakar Anda.

Jari Manusia

Anda pastinya sering melihat tulisan-tulisan yang hinggap di bodi mobil. Tulisan tersebut merupakan bentuk keusilan tangan manusia atau terkena secara tidak sengaja. Coretan tangan tersebut dapat menempel secara permanen pada cat mobil. Untuk menghindarinya, maka sebaiknya Anda harus selalu menjaga kebersihan mobil Anda sehingga tidak banyak debu yang menempel.

Seperti kita tahu, debu memiliki tekstur yang kasar sehingga jika tergores pada cat mobil bisa menyebabkan lecet. Untuk solusi lainnya, jika memang mobil Anda berada di luar sebaiknya Anda menggunakan cover mobil untuk menutupinya agar tangan-tangan jahil tidak bisa menyentuh mobil Anda dan debu pun tidak bisa hinggap.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab cat mobil Anda cepat rusak, baik warnanya yang pudar atau yang menyebabkan goresan yang mengganggu. Ini akan membuat tampilan mobil tidak mulus lagi.

Semua benda agar dapat terlihat tetap bagus harus mendapatkan perawatan yang baik. Solusi yang paling baik adalah dengan menjaga kebersihan mobil Anda dan harus selalu melakukan perawatan tersebut.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!