fbpx

Merawat kebersihan mobil bisa dibilang susah-susah gampang. Cara terbaik untuk melindungi bodi luarnya memang dengan menutupinya menggunakan cover mobil. Namun kebersihan interiornya juga tak kalah penting untuk selalu dirawat. Terutama bagian jok mobil yang mudah kotor.

Jika jok mobil Anda kotor dibiarkan lama-lama maka dapat menyebabkan kotoran dan debunya menempel. Bila sudah begini akan lebih sulit dibersihkan serta bisa membuat jok semakin kusam. Kondisi jok yang kotor juga akan membuat Anda tidak nyaman.

Bahan jok mobil ada bermacam-macam. Sehingga cara membersihkannya pun berbeda-beda. Ada yang lebih mudah dibersihkan. Namun ada pula yang membutuhkan perawatan lebih untuk membersihkannya. Kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan jok mobil kain.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Jok yang terbuat dari bahan kain memang terbilang lebih mudah kotor jika dibandingkan dengan jok mobil berbahan lainnya seperti kulit. Karena itulah untuk merawat jok kain perlu dilakukan secara berkala paling tidak satu bulan sekali.

Tips Mudah Membersihkan Noda Jok Mobil Berbahan Kain

Membersihkan dari kotoran bekas makanan dan minuman

Siapapun tentu suka membawa makanan dan minuman sambil berkendara. Terutama untuk perjalanan jarak jauh atau sekedar jalan-jalan di kota. Jok mobil memang rentan terhadap noda dari kopi, kuah makanan maupun cairan lainnya.

Untuk membersihkan noda tersebut bisa memakai cairan pembersih multiwash agar kotoran terangkat. Sedangkan untuk noda yang lebih ringan seperti air atau soft drink bisa memakai cairan pembersih biasa untuk interior. Kemudian agar maksimal hasilnya Anda bisa gunakan vacuum cleaner ketika mengeringkan.

Langkah-langkah membersihkan jok mobil berbahan kain

Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu atau kotoran sisa makanan. Sementara untuk kotoran di celah sempit dapat disikat lebih dulu baru kemudian dibersihkan dengan memakai vacuum cleaner.

Siapkan cairan pembersih kemudian semprotkan atau bubuhkan pada jok secara merata. Lalu sikat hingga berbuih seluruhnya dan lap dengan menggunakan kain chamois hingga kering. Ketika membilas sisa kotoran dapat juga memakai kain lap yang kering dan usapkan pada jok.

Membersihkan jok mobil yang terbuat dari bahan kain beludru

BACA LAGI  Tips Tampil Keren dengan Modifikasi Mobil Tua, Kekinian!

Jika bahan dasar jok mobil Anda adalah kain beludru maka cara membersihkannya harus lebih cermat. Caranya yakni dengan melepas jok mobil Anda tersebut. Lalu Anda gunakan cairan pembersih untuk membersihkan. Semprotkan cairan pembersih pada bagian jok yang bernoda.

Setelah itu sikatlah bagian tersebut dengan gerakan menyikat searah. Anda bersihkan bagian jok yang terkena noda satu per satu secara bergantian. Kalau sudah selesai maka Anda dapat menggunakan lap kering untuk membersihkan bagian tersebut.

Kemudian jemur jok mobil yang sudah dibersihkan di bawah sinar matahari. Bila dirasa kerepotan untuk melepas jok maka Anda bisa membuka semua pintu mobil seusai membersihkan. Dapat juga Anda gunakan vacuum cleaner supaya debu dan kotoran terangkat hingga bersih.

Langkah mudah mencuci jok mobil kain dengan deterjen

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa Anda bisa mencuci jok mobil kain dengan melepasnya terlebih dulu. Jika Anda tidak memilki cairan pembersih khusus untuk jok mobil bisa juga menggunakan deterjen yang ada di rumah. Langkah ini mudah dan sederhana namun ampuh.

Pertama Anda bersihkan dulu seluruh remah-remah kotoran dan debu pada jok menggunakan vacuum cleaner. Lalu ambil ember dan isilah dengan air hangat kemudian tuangkan deterjen sedikit saja ke dalamnya. Kemudian rendamlah spons di dalam ember tersebut.

Anda remas spons lalu gosokkan ke seluruh bagian jok mobil. Jangan sampai jok terlalu basah serta pakai spons yang tidak terlalu besar supaya jok cepat kering. Jika jok sudah bersih ambillah handuk, basahi dengan air dingin, pakailah untuk menggosok seluruh permukaan jok agar sisa deterjen bersih.

Demikianlah cara-cara mudah untuk membersihkan jok mobil berbahan kain milik Anda yang kotor terkena debu serta noda. Sebenarnya perawatan jok mobil kain cukup mudah asalkan Anda melakukannya secara rutin.

Karena akan lebih baik jika jok dibersihkan berkala sehingga debu dan kotoran mudah untuk dihilangkan. Membersihkan jok mobil sendiri pun lebih menghemat biaya dan waktu Anda. Bila kendaraan Anda sudah bersih janganĀ  lupa menutupinya dengan selimut mobil untuk melindungi bodinya.