fbpx

Kasus curanmor yang kian hari kian marak tentu menjadikan setiap pemilik kendaraan merasakan was-was. Tidak hanya berhasil membobol kendaraan yang disimpan di rumah, namun kendaraan yang diparkir pun bahkan banyak yang mengalami pencurian. Tidak heran jika kini fasilitas parkir di berbagai macam gedung, mall hingga perkantoran kian diperketat sehingga bisa meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Namun selalu ada kondisi dimana tempat parkir tidak begitu aman untuk kendaraan Anda, terutama mobil. Untuk itu, jangan hanya mengandalkan fasilitas penyedia parkir saja, namun Anda juga harus meningkatkan kewaspadaan sendiri saat memarkir mobil. Hal ini perlu dilakukan apalagi jika Anda memarkir mobil di sembarang tempat misalnya di tepi jalan, di depan toko atau lokasi minim keamanan lainnya.

Trik Mudah Parkir Mobil Di Perkotaan Demi Keamanan Kendaraan

Fitur keamanan immobilizer

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Untuk mobil keluaran baru, fitur keamanan berupa immobilizer sudah tersemat di dalamnya. Meski demikian, hal ini berbeda dengan mobil keluaran lawas yang belum ada fitur keamanan yang satu ini. Tapi jangan khawatir karena kini fitur immobilizer bisa ditambahkan sendiri.

Anda bisa meminta bengkel kepercayaan untuk memasangkannya. Cara kerja dari immobilizer adalah dengan adanya kode di transporder pada anak kunci. Kode ini harus sama dengan yang ada di ECU mobil sehingga jika tidak cocok maka mobil tidak akan mau menyala.

Pilah pilih area parkir yang paling aman

Untuk bisa memastikan keamanan mobil Anda ketika diparkir, maka pastikan memilih area parkir yang aman dan terpercaya. Selain keamanan, area parkir yang khusus juga tidak akan mengganggu pengendara lain atau pejalan kaki yang ada di area tersebut.

Hindari parkir di tikungan, zona larangan parkir, atau di tempat yang sempit. Mungkin kadang ada rasa malas ketika harus parkir di basement atau lokasi parkir khusus. Tapi Anda harus ingat bahwa mobil Anda adalah harta berharga yang harus dipastikan keamanannya.

Gunakan alat bantu parkir

Beberapa mobil saat ini sudah dilengkapi dengan adanya alat bantu parkir sehingga bisa memudahkan pengendara ketika memarkir mobil. Untuk alat bantu parkir ini di pasaran pun sudah mudah didapatkan mulai dari sensor parkir atau dengan kamera parkir. Sensor parkir sendiri diletakkan pada bagian bemper luar di belakang dan ada pula yang ditempel di bagian depan bemper.

BACA LAGI  Supaya Mobil Tua Tetap Oke, Ini Dia Tips Perawatannya

Fungsi dari sensor parkir ini adalah ketika obyek semakin dekat, maka sensor akan memberikan tanda berupa bunyi yang kian kencang sehingga pengendara bisa lebih waspada. Sedangkan untuk kamera parkir, gunanya adalah untuk mendeteksi obyek di dekat mobil sehingga memudahkan untuk parkir.

Hindari meninggalkan mobil saat kondisi mesinnya menyala

Salah satu sebab pencurian mobil kerap terjadi saat di parkiran yakni karena kesalahan pengendara sendiri yang meninggalkan mobil saat kondisi mesinnya menyala. Meski memang parkir sebentar, namun lebih bijaksana jika mesin mobil dimatikan.

Ini juga berlaku ketika Anda memanaskan mobil di rumah yang kerapkali ditinggalkan ke dalam rumah karena bisa jadi ada pencuri yang mengamati gerak-gerik Anda. Jika memungkinkan, pakai cover mobil untuk lebih memberikan keamanan saat mobil parkir di rumah.

Mobil harus siap ditinggalkan

Memarkir mobil tentu adalah karena Anda ingin meninggalkan mobil. Jika demikian, maka pastikan mobil memang dalam kondisi yang siap untuk ditinggalkan. Beberapa hal penting yang harus dicek misalnya adalah pintu hingga jendela mobil yang tertutup dengan rapat seluruhnya.

Jika bagian pintu mobilnya tidak tertutup dengan rapat, maka otomatis alarm tidak akan bisa berfungsi sehingga pencuri bisa mendapatkan kesempatan besar membawa mobil Anda. Jadi, jangan malas untuk memastikan kondisi mobil Anda.

Asuransikan mobil Anda

Ini adalah cara terakhir yang juga bisa Anda lakukan yakni dengan mengasuransikan mobil. Meski dengan memiliki asuransi mobil tidak akan bisa mencegah pencurian pada mobil Anda, tapi setidaknya asuransi bisa jadi tindakan berjaga-jaga.

Nantinya jika memang ada hal yang tidak diinginkan terjadi, maka Anda tidak akan mengalami kerugian secara finansial yang terlalu besar karenanya. Namun jika memang ingin mengasuransikan mobil Anda, maka pastikan juga untuk memilih perusahaan asuransi yang kredibel.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!