Bukanlah sebuah hal yang tak mungkin bila mobil lama Anda dapat kembali ‘diperbaharui’. Faktanya, dengan beberapa langkah mudah dan sedikit dana ekstra, mobil lama Anda yang tadinya punya tampilan kusam bisa dengan sekejap berubah menjadi seperti anyar kembali. Anda tertarik? Inilah hal-hal yang harus Anda perhatikan jika ingin tampilan eksterior dan interior mobil kembali kinclong.

Siapa Bilang Mobil Lama Anti dengan Tampilan yang Segar?

Frekuensi Waktu dan Cara Mencuci Mobil

Jika tak mau mobil lama Anda memiliki imej ala mobil tua, maka bersihkan mobil secara rutin setiap 2 minggu sekali. Pastikan Anda mencuci mobil dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi supaya segala macam kotoran, debu, bekas jamur, dan bekas oli benar-benar hilang.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Gunakan sabun cuci mobil premium dengan kualitas terbaik biar hasil yang didapatkan pun bersih maksimal. Seusai proses pencucian, keringkan mobil secara menyeluruh memakai bantuan kain. Jangan sampai ada noda bekas air yang tertinggal di bodi mobil.

Teknik Detailing Clay

Langkah setelah pencucian adalah melaksanakan teknik detailing clay, yakni membasmi setiap partikel debu dan menghaluskan permukaan mobil sebelum siap untuk dipoles lebih lanjut. Langkah ini dibutuhkan karena setelah pencucian acap kali masih terdapat permukaan mobil yang kasar akibat noda atau kotoran membandel.

Tanpa teknik detailing clay, maka hasil poles dan waxing yang paling baik niscaya tak akan bisa didapat. Sebab, detailing clay menjadi dasaran agar permukaan mobil bisa dipoles dan di-waxing secara merata.

Memoles Bodi Mobil

Mobil yang masih baru tentu mempunyai penampilan yang mengkilat nan berkilau. Nah, untuk mencapai penampilan semacam itu, mobil lama mutlak hukumnya untuk dipoles. Melalui proses pemolesan menggunakan substansi abrasif, cat lama mobil pada bagian terluar akan dimusnahkan dengan maksud menggantinya dengan lapisan di bawahnya.

Kalau Anda berani dan bertekad untuk memoles sendiri mobil lama Anda, ada tiga tahapan pemolesan yang patut diingat. Tahap pertama adalah pemolesan secara agresif pada permukaan yang kasar, kedua pemolesan dengan lebih lembut untuk membasmi baret mobil, dan terakhir pemolesan super halus untuk sesi finishing.

Sentuhan Akhir dengan Waxing

Bagi yang belum tahu, proses waxing akan mempertahankan polesan mobil dalam waktu yang lama. Ibaratnya, waxing mempersembahkan lapisan pelindung pada mobil dan menjaga kilau mobil dari paparan cahaya matahari langsung, debu, baret, kotoran, hingga air hujan yang korosif sekalipun.

Pembersihan Dashboard Mobil

Cara membersihkan dashboard mobil prinsipnya hamper mirip degan cara membersihkan kaca mobil karena keduanya adalah bagian mobil yang mudah terkena baret. Apalagi dashboard juga kerap terkena sinar matahari yang membuatnya gampang retak-retak.

Oleh karenanya, membersihkan dashboard cukup dibersihkan terlebih dahulu debunya menggunakan kemoceng lalu baru disemprot cairan pembersih dan diusap menggunakan lap.

Pembersihan Plafon Mobil

Membersihkan plafon mobil memanfaatkan lap dalam keadaan separuh basah. Lap yang dipakai adalah yang berbahan microfiber. Saat digosokkan pada plafon, usahakan tak usah memakai tenaga yang berlebihan biar plafon tak menjadi kendur alias rusak. Masalah cairan pembersih yang dipakai, cukup gunakan cairan pembersih fabric yang bisa dibeli di toko-toko otomotif.

Pembersihan Karpet Mobil

Anda pasti ingin mobil lama Anda punya aroma yang segar bak sebuah mobil baru juga, bukan? Maka kuncinya adalah dengan membersihkan karpet mobil secara menyeluruh. Pasalnya, karpet mobil adalah sarang kuman yang menjadi dalang dibalik bau tak sedap dalam mobil lama Anda.

Membersihkan karpet dilakukan dengan cara menyedot aneka debu dan kotoran pada karpet dengan vacuum cleaner. Selanjutnya baru karpet dikeluarkan dan dicuci menggunakan deterjen dan air bersih. Terakhir, jemur karpet sampai benar-benar kering dan pasang kembali ke dalam mobil

Selesai sudah Anda menyulap mobil lama Anda menjadi sebuah mobil dengan tampilan bak kembali baru. Sebagai tambahan, ketika mobil nanti dalam keadaan disimpan di garasi atau diparkirkan dalam waktu lama di luar, lindungi mobil dengan cover mobil anti air agar tampilannya terjaga dan terhindar dari serangan karat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!