Meskipun pada saat sekarang ini jenis mobil yang banyak digunakan adalah yang menggunakan transmisi matic tetapi nyatanya bagi sebagian orang tetap lebih senang dengan mobil bertransmisi manual. Karena pada dasarnya memang mobil manual lebih aman dan stabil terutama pada medan tertentu.

Mayoritas orang dalam hal ini masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan memilih mobil matic hanya karena alasan menghadapi kemacetan saja karena akan lebih terasa capek dan pegal jika memakai mobil manual.

Lalu bagaimana jika kita termasuk orang yang lebih suka memakai mobil  transmisi manual tetapi harus berjibaku dengan macetnya jalan dalam rutinitas harian? Apakah harus berdamai dengan kemacetan dan mengganti mobil dengan transmisi otomatis (matic) ataukah menyiasati kemacetan dengan tetap menggunakan mobil manual seperti biasanya.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan agar tetap bisa merasa nyaman saat harus membelah jalanan yang macet dengan mobil manual. Macetnya jalan raya tetap bisa Anda taklukan dengan mobil transmisi manual milik Anda. Dengan beberapa tips berikut ini agar tetap nyaman menggunakan mobil manual dalam macetnya jalan raya maka Anda tidak perlu lagi merasa stress.

Tips Menghadapi Kemacetan Dengan Mobil Manual

Ingat Jarak Ideal

Mungkin kita harus belajar dari tulisan yang sering ada di bak truk yaitu “jaga jarak”. Demikian juga halnya kalau Anda sedang berada di tengah jalanan yang macet dengan menggunakan mobil transmisi manual. Ingat, mobil manual membutuhkan waktu untuk mengerem atau gas sehingga tidak mungkin dilakukan secara mendadak.

Dengan mengatur jarak mobil ke kendaraan di depan kita maka akan bisa menghindari hal yang tidak diinginkan seperti menyenggol bumper kendaraan di depan atau terjadi pengereman mendadak yang bisa mencelakai kendaraan di belakang mobil kita.

Tipsnya adalah perkiraan jarak yang ideal saat berada di dalam jalanan yang macet yaitu sama dengan panjangnya mobil. Jadi agar tidak terjadi tabrakan atau senggolan dengan mobil yang ada di depan sebaiknya ambil jarak yang hampir sama dengan panjang mobil yang sedang Anda kendarai.

Ini adalah jarak nyaman yang bisa digunakan saat memasuki kawasan macet atau terjebak pada antrian panjang kemacetan.

Batasi dan Sesuaian Kecepatan Kendaraan

Kondisi jalanan yang macet seringkali membuat kita tiba-tiba harus mengerem mendadak karena mobil di depan kita juga berhenti secara tiba-tiba. Banyak kecelakaan beruntun yang terjadi akibat hal semacam ini.

Jika menggunakan mobil matic bisa saja rem secara mendadak tapi dengan mobil manual Anda memerlukan waktu untuk membuat kendaraan berhenti. Untuk itu penting sekali untuk membatasi kecepatan kendaraan dan menyesuaikan dengan kondisi kemacetan pada saat itu.

Pada mobil manual Anda sebaiknya selalu waspada saat masuk ke dalam wilayah macet dengan cara tetap menempatkan kaki pada pedal rem. Atur dengan baik kapan harus mulai mengerem dan kapan harus mulai masuk gigi kopling agar mobil Anda tetap bisa berjalan dengan baik di dalam jalanan yang macet tersebut.

Dengan membatasi kecepatan maka saat tiba-tiba di depan terjadi antrian kemacetan Anda tidak harus menginjak rem secara mendadak karena mobil yang dipacu terlalu kencang.

Perhatian Dan Fokus Pada Kondisi Jalan

Yang harus dilakukan saat masuk ke wilayah jalanan yang macet dengan mengendarai mobil transmisi manual adalah jaga konsentrasi dan fokus terutama pada kendaraan yang ada di depan kita.

Seberapa padat kendaraan yang di depan kita sehingga bisa mengatur kapan kita bisa menyalip kendaraan di depan dengan aman atau cukup tetap berada di belakangnya. Hal ini tentunya akan menghindarkan kita dari kecelakaan atau tabrakan yang bisa berakibat fatal terutama saat menyalip kendaraan yang lainnya.

Jaga Agar Mesin Tetap Hidup

Karena mobil transmisi manual mengharuskan si pengendara untuk menggunakan gigi kopling dan rem untuk menjaga laju kendaraan tetap stabil maka jika Anda kurang memperhatikan pengaturannya maka bisa membuat mesin mati dan mobil berhenti mendadak.

Hal ini akan sangat berbahaya dan merepotkan jika terjadi saat sedang berada di tengah kemacetan. Meski dalam kemacetan seperti apapun Anda harus tetap memainkan gigi kendaraan agar mesin tidak mati dan mobil tetap berjalan meskipun hanya bergeser sedikit.

Satu hal lagi yang sebaiknya juga dipersiapkan adalah jika di luar dugaan mobil Anda ngadat atau mogok di wilayah jalanan yang cukup padat, segeralah menepi agar tidak mengganggu kendaraan yang lain.

Untuk itulah ada baiknya juga jika Anda selalu membawa selimut mobil kemanapun Anda pergi sehingga jika hal seperti ini terjadi dan tidak bisa segera melakukan perbaikan Anda bisa melindungi mobil dari cuaca yang bisa merusak cat bodi mobil.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!