Sebentar lagi musim mudik akan segera tiba. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, musim mudik menjadi musim paling ramai dan juga paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Kesempatan untuk dapat bertemu dan berkumpul dengan keluarga yang sudah lama tidak jumpa menjadi keistimewaan yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih lagi dengan penambahan libur yang sudah ditetapkan belum lama ini.

Family loading car for trip

Ada banyak cara seseorang untuk menempuh perjalanan mudiknya. Ada yang lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum dan ada yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Tentu semua pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bagi mereka yang malas berburu tiket mudik, yang memang seringkali sulit didapatkan, maka mudik menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang utama. Walaupun risiko yang dihadapi ketika di jalan juga besar, namun terbukti hal ini tidak menjadi masalah. Bahkan jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi setiap tahunnya justru mengalami peningkatan.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips Wajib Sebelum Mudik Dengan Berkendara

Periksa Kondisi Kendaraan

Jika Anda termasuk dalam kategori yang akan melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan tentu saja adalah memeriksa kondisi kendaraan Anda. Pastikan semua komponen yang ada bekerja dengan bagus. Tidak ada salahnya melakukan perawatan kendaraan terlebih dahulu sebelum waktu mudik tiba.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi oli, rem, mesin, kantung udara serta roda. Perisapkan juga ban cadangan, serta dongkrak dan juga perkakas lainnya guna menghindari hal-hal yang akan mengganggu perjalanan Anda. Bawa juga body cover mobil jika nantinya Anda harus beristirahat dan meninggalkan mobil di ruang terbuka dalam waktu lama.

Hindari Kelebihan Kapasitas Kendaraan

Hal ini yang seringkali menjadi seruan setiap kali musim mudik tiba. Sebab banyak orang yang masih tidak mengindahkan himbauan mengenai kelebihan muatan ini. Padahal, semua kendaraan sudah memiliki batas kapasitasnya sendiri-sendiri. Semuanya sudah diperhitungkan secara seksama oleh pabrikan yang memproduksinya.

Melanggar batas muatan, sama juga memperbesar risiko keselamatan Anda sepanjang perjalanan. Hal ini bukan hanya berbicara mengenai penumpang yang ada di dalam kendaraan Anda, tetapi juga barang-barang serta muatan lain yang ada di dalamnya. Ada baiknya mengikuti aturan agar tidak membahayakan Anda dan juga keluarga.

BACA LAGI  Lindungi Mobil Anda Dengan selimut Cover Mobil

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Sebelum mudik, buat dahulu rencana perjalanan dan juga anggaran yang akan dikeluarkan. Anggaran pengeluaran ini meliputi biaya makan, parkir, biaya beli bahan bakar, biaya tol dan lain sebagainya. Jika sudah, jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai yang cukup. Hal ini untuk menghindari keperluan mendadak, sedangkan ATM tidak ada sepanjang pemandangan Anda.

Uang tunai yang Anda bawa juga sedianya tersedia dalam beberapa pecahan. Hal ini juga untuk menghindari ketika penjual ataupun penyedia jasa tidak memiliki kembalian sedangkan Anda sedang terburu-buru. Namun, jangan pula membawa uang terlalu berlebihan. Selain itu, jangan sembarangan memperlihatkan isi dompet atau tas Anda guna menghindari tindak kejahatan.

Persiapkan Perbekalan

Yang tidak kalah penting ketika akan mudik adalah menyiapkan perbekalan, seperti makanan dan minuman. Memang Anda bisa saja mampir ke tempat makan ketika kelaparan melanda di dalam perjalanan. Tetapi bayangkan jika Anda sedang ada di situasi macet. Tentunya Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk sekadar meminggirkan kendaraan ke tempat makan.

Pada situasi seperti inilah persiapan perbekalan akan berguna. Bawalah makanan yang mengenyangkan namun praktis dibawa. Selain itu, hindari makanan yang bisa menimbulkan mabuk perjalanan maupun suasana yang kurang menyenangkan di dalam kendaraan.

Selain makanan dan minuman, jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi serta selimut. Hal ini penting mengingat ada beragam kemungkinan yang bisa terjadi ketika sedang ada di jalan.

Hal terpenting lainnya adalah selalu patuhi rambu lalu-lintas di mana pun Anda berada. Bukan hanya agar terhindar dari sanksi pihak berwajib, tetapi juga demi menjaga keselamatan diri Anda dan juga keluarga.

Jika Anda terserang kantuk maupun kelelahan ketika berkendara, jangan tunda untuk beristirahat terlebih dahulu. Ada banyak posko yang tersedia di sepanjang jalan yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!