Memiliki mobil matic memberikan rasa nyaman tersendiri bagi pemiliknya. Meski bagi pemula kadang terasa sulit karena menggunakan transmisi otomatis, tetapi tetap banyak peminat mobil matic di Indonesia. Perawatannya juga dilakukan dengan hati-hati seperti menggunakan cover mobil untuk melindungi bodinya.

Tetapi tidak hanya bodinya saja. Anda juga perlu merawat mesin mobil tersebut. Tujuannya supaya mobil Anda awet untuk jangka panjang. Dan Anda pun dapat menggunakannya dengan aman dan nyaman ketika berkendara di jalan.

Mengendarai mobil matic terbilang lebih sederhana karena sudah memiliki transmisi otomatis. Khususnya dilihat dari segi performa ketika mengemudi. Terutama saat di jalan sedang macet sehingga tidak membuat Anda lelah menyetir. Dengan mendapatkan keunggulannya kita pun perlu merawat mobil matic tersebut.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cara Perawatan Mesin Mobil Matic untuk Pemula

Melakukan Servis Mobil

Salah satu perawatan paling penting adalah servis mobil. Khususnya bagi mobil matic agar selalu nyaman dan aman digunakan. Maka servis mobil berkala perlu untuk dilakukan. Tujuannya untuk update kendaraan sesuai dengan standar dari produsennya.

Supaya mobil menjadi lebih awet, selain service Anda juga bisa selalu pasang penutup mobil untuk perlindungan bodinya. Sehingga bodi mobil tak mudah tergores atau kusam.

Mengganti Oli Mesin

Selain servis kita juga perlu memperhatikan penggantian oli mesin mobil. Agar mesin tetap terasa halus ketika digunakan maka oli mobil perlu diganti secara berkala. Dengan begitu ketika Anda berkendara akan terasa aman serta nyaman di jalan. Untuk pemula disarankan mengganti oli mesin di bengkel langganan Anda.

Mengganti Oli Transmisi

Merawat mobil matic tidak hanya menjaga bodi luarnya saja. Namun mesinnya tidak kalah penting untuk dirawat. Anda wajib mengganti oli transmisi mobil matic jika minimal sudah menempuh 25.000 km dan maksimal 50.000 km. Pilih jenis pelumas terbaik yang sudah disarankan oleh produsen mobil.

Mengecek Valve dan Oli Transmisi

Seringkali terjadi masalah bocor atau rusak pada gasket transmisi mobil matic. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan pengecekan mobil sejak dini. Karena kendaraan matic berbeda dengan manual. Velve rusak dan bocor kerap terjadi pada mobil matic. Kadang disebabkan pemindahan tuas yang keras serta sentakan gas.

Mengganti Oli Transmisi Saat Mobil Terkena Banjir

Apabila Anda berkendara dalam kondisi banjir dan hujan deras, agar tak terjadi masalah pada mobil maka disarankan Anda mengganti oli transmisi. Banjir atau hujan deras bisa membuat air masuk ke dalam gearbox. Jika diabaikan bisa membuat gear atau transmisi macet.

Memperhatikan Kinerja Transmisi

Anda bisa mengecek transmisi sendiri tidak harus pergi ke bengkel. Caranya yakni dengan menempatkan tuas transmisi pada posisi D atau R, kemudian lepaskan rem mobil. Kalau tidak ada masalah pada sistem transmisinya maka mobil matic bakal langsung bergerak maju. Anda pun dapat melakukan pengecekan ini secara berkala.

Melakukan Pengujian Jalan

Mobil matic Anda tentu tidak hanya untuk diparkir serta didiamkan saja, bukan. Sudah selayaknya Anda rajin melakukan pengujian jalan. Caranya sederhana. Pindahkan persneling dan amati apakah ada suara berisik atau mobil tergoncang. Bila iya maka transmisinya mengalami masalah. Barulah servis mobil matic Anda ke bengkel.

Memanaskan Mobil

Terutama sebelum melakukan perjalanan jauh maka Anda perlu memanaskan mesin mobil matic. Meski terkesan sepele namun hal ini penting. Karena jika mobil matic sering tidak dipanaskan maka bisa menimbulkan masalah pada mesinnya. Panaskan mobil matic dalam keadaan tuas transmisi pada posisi N (netral).

Memperhatikan Persneling

Tak hanya melindungi dengan selimut mobil saja. Anda juga perlu meneliti penggunaan persnelingnya. Hindari menggunakan persneling P saat mobil matic dalam keadaan berhenti. Saat parkir hindari penggunaan persneling D karena bisa sebabkan kerusakan. Lebih aman pindahkan ke transmisi P saat memarkir mobil.

Demikianlah cara merawat mobil matic yang baik untuk Anda yang baru saja memilikinya. Sebagai pemula penting untuk memperhatikan kondisi mobil matic. Tidak hanya bodinya saja namun juga tak kalah penting memproteksi mesinnya.

Dengan begitu maka Anda akan dapat berkendara dengan aman. Sebab mobil Anda terawat dengan baik sehingga nyaman digunakan. Mobil matic pun jadi lebih awet jika mendapatkan perawatan yang baik dan telaten dari Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!