Kaca jendela bukan hanya sekedar eksterior mobil. Namun juga dirancang khusus untuk melindungi kita dari berbagai pengaruh dan benda-benda asing dari luar  serta memperkecil risiko dan dampak buruk saat terjadi kecelakaan. Terlepas dari peran pentingnya, kaca jendela mobil seringkali terlupakan kecuali saat sudah mulai kusam atau bahkan rusak.

Padahal memperhatikan setiap inchi bagian mobil Anda dapat menyelamatkan Anda dari biaya yang membengkak saat terjadi kerusakan. Jadi sebelum Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya perbaikan, sebaiknya Anda tahu bagaimana cara membersihkan kaca mobil dan merawatnya jika Anda ingin kaca mobil Anda tetap awet.

Cara Membersihkan dan Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Awet

Hindari Membanting Pintu Mobil Anda

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Membanting pintu mobil Anda menyebabkan getaran berat di dalam mobil Anda yang, seiring waktu, menyebabkan kaca depan samping, keluar dari jalurnya. Anda sebaiknya menghindari hal ini jika Anda memiliki sedikit kerusakan kecil seperti retak atau pecah sedikit. Sebab hal itu akan menyebar, sedikit demi sedikit, setiap kali Anda membanting pintu.

Jangan Parkir di Bawah Sinar Matahari Langsung Jika Mungkin

Indonesia adalah negara tropis yang tentu saja, dianugerahi sinar matahari yang terik di siang hari, terlebih saat musim kemarau tiba. Cobalah untuk parkir di area yang teduh  kapan pun Anda bisa. Pencahayaan yang terlalu lama dari sinar matahari langsung akan memperpendek umur kaca depan mobil Anda.

Sinar UV merusak warna dan integritas struktural kaca mobil dari waktu ke waktu. Keretakan kecil juga memburuk ketika ada perbedaan suhu antara bagian dalam dan luar mobil Anda. Jadi parkir di dalam garasi ketika Anda dapat atau menemukan tempat yang teduh.

Perbaiki Segera Kerusakan Kecil

Kerusakan besar pada kaca jendela mobil bisa terjadi ketika sebuah batu, besar atau kecil, menerpa jendela Anda. Retak atau cuil yang timbul, atau kantong kecil udara yang terbentuk pada lapisan kaca, jika dibiarkan tidak tertangani, maka kerusakan ini dapat merembet dan meluas.

Alih-alih diperbaiki, kaca jendela Anda bisa jadi harus diganti. Perbaikan kaca agak mahal jika Anda tidak memiliki asuransi. Oleh sebab itu, sebuah perbaikan kecil akan lebih hemat biaya daripada penggantian kaca mobil.

Bersihkan Kaca Mobil Setiap Hari

Kaca jendela mobil perlu dibersihkan secara teratur. Bukan hanya debu dan kotoran yang menempel pada kaca mobil Anda. Tapi juga getah pohon, bintik-bintik air hujan, dan kotoran burung yang menempel pada kaca. Bahkan ketika terlihat seperti semua benda-benda tersebut sudah hilang, kemungkinan masih tetap ada keburaman yang tertinggal.

Bersihkan jendela Anda dari dalam dan dari luar dengan pembersih kaca berkualitas tinggi. Produk pembersih kaca mobil yang bagus sangat efisien dalam menghilangkan partikel-partikel asing yang menempel dan memulihkan kejernihan kaca jendela mobil Anda.

Bersihkan atau ganti wiper mobil Anda

Apakah Anda melihat goresan di kaca depan Anda? Benda-benda tersebut mungkin berasal dari partikel kotoran dan pasir yang telah tertanam pada wiper Anda. Wiper depan dan belakang Anda harus diperiksa, dibersihkan, dan diganti (sesuai kebutuhan) setiap tiga bulan.

Anda dapat menggunakan lap dengan cairan pencuci kaca depan untuk menghilangkan kontaminan dari wiper Anda. Ini hanya akan memakan waktu kurang dari 3 menit dan Anda dapat melakukannya saat Anda mengisi bensin.

Hindari menggunakan pembersih kaca berbasis amonia

Banyak orang menggunakan bahan kimia yang salah untuk membersihkan kaca depan mereka. Pembersih kaca berbasis amonia dibuat untuk digunakan pada kaca di dalam rumah Anda, bukan kaca pada jendela mobil Anda. Amonia dapat merusak warna kaca jendela lama kelamaan.

Jadi, daripada menggunakan pembersih kaca amonia, gunakan saja cuka, alkohol atau pembersih khusus jendela mobil yang dapat ditemukan di supermarket atau toko-toko otomotif. Selain itu, gunakan handuk katun atau kain microfiber, karena dapat menyerap air, tidak meninggalkan goresan dan tidak akan menggores kaca mobil Anda.

Gunakan cover mobil

Setelah Anda tahu bagaimana cara membersihkan kaca mobil dengan benar, sekarang saatnya Anda menggunakan cover mobil untuk proteksi lebih pada kaca jendela mobil Anda dan bahkan mobil Anda secara keseluruhan. Gunakan cover mobil yang berkualitas tinggi yang dapat melindungi kaca dan cat mobil dari pengaruh buruk yang ada di luar tanpa meninggalkan goresan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!