fbpx

Setiap perjalanan belum tentu akan berjalan mulus, hal tersebut perlu disadari oleh para pengguna mobil. Ada saatnya mobil akan mengalami masalah, baik pada sistem rem, mesin maupun komponen mobil lainnya.

seperti setir mobil bergetar saat direm, penyebab rem mobil blong, rem cakram mobil panas, penyebab rem tromol macet, serta penyebab rem depan mobil lengket merupakan masalah-masalah yang mungkin dialami oleh sistem pengereman.

Masalah yang dialami oleh mesin mobil dapat menyebabkan gangguan ketika berkendara. Mobil mogok adalah gangguan yang paling umum dialami oleh para pengendara mobil ketika ada masalah pada mesin mobil. Jika pengendara tahu cara mematikan mesin mobil yang tepat tentunya masalah ini dapat dihindari. Usahakan Anda juga menggunakan cover mobil terutama saat parkir di luar ruangan.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cara Memperbaiki Mobil Mogok yang sangat berguna

Dorong mobil ke pinggir

Segera pinggirkan mobil ke tepi jalan adalah langkah awal ketika mobil mogok di tengah jalan. Hal ini sangat penting karena kalau tidak segera pinggirkan mobil ke tepi jalan mungkin akan terjadi tabrakan atau kecelakaan. Jadi Anda harus meminggirkan mobil dudu untuk perbaikan atau memeriksa penyebab mobil mogok.

Arus listrik ke terminal plus koil turun

Periksa kabel distributor dan menempelkan ke bodi mobil lalu nyalakan mesin mobil dengan starter. Perhatikan jika terdapat percikan api, maka arus listrik masih ada. Jika tidak ada percikan api, maka arus listrik tidak ada. Apakah kabel tersambung dengan seharusnya, periksa sambungan kabel untuk memastikan. Jika sambungan kabel menempel pada tempatnya, bisa jadi koil mengalami kerusakan atau kotor.

Memeriksa baterai mobil

Periksa sambungan battery terminal dengan membuka kap mobil dan memeriksa sambungan baterai dengan mesin. Ada dua sambungan yaitu positif dan negatif. Logam yang ada pada kedua sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat, agar keduanya dapat menghantarkan listrik dengan baik. Membersihkannya dengan sikat gigi dapat membantu menghilangkan debu dan karat yang menempel.

Sekring

Sekring yang putus atau sekedar longgar adalah salah satu penyebab yang membuat mobil Anda mogok. Sekring berhubungan dengan mesin jadi jika putus maka saat Anda putar kunci kontak pada posisi on, panel dashboard tidak bisa menyala. Masalah ini  membuat mobil tidak bisa starter dan lainnya.

BACA LAGI  Melirik Mobil Lawas Jepang Harga Miliaran

Arus Listrik Aki Lemah

Karena kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator atau dinamo amper yang sudah aus atau aki yang telah habis masa pakainya, itulah beberapa hal yang menyebabkan arus listrik aki melemah. Kabel di terminal aki harus terpasang dengan semestinya. Bila kabel terlihat kendur, maka Anda perlu mengencangkannya.

Dengan menggunakan kertas ampelas atau sikat (gunakan sikat gigi) hingga bersih, sebaiknya Anda perlu membersihkan terlebih dahulu terminal. Periksa juga kecukupan volume air aki. Jika dirasa kurang, segera tambahkan sesuai dengan takaran. Mau tidak mau Anda harus membeli yang baru, jika ternyata usia aki sudah waktunya untuk di “lem biru”.

Pastikan Bahan Bakar Terisi Penuh

Jika terjadi endapan bahan bakar pada fuel filter, maka kemungkinan jalan bahan bakar akan terhambat, tidak bisa mencapai tempat pembakaran dan mobil tidak bisa dinyalakan. Diamkan mobil Anda selama 20 menit sebagai solusinya. Namun jika penyaring masih juga tertutup oleh endapan yang tebal, solusi satu-satunya adalah dengan mengganti penyaring yang lama dengan yang baru.

Busi dan Kabel Busi

Hal pertama terlintas jika mobil Anda mogok yaitu busi dan kabel busi. Untuk mengatasinya, Anda coba membuka semua busi jika kotor bersihkan dan untuk mengecek busi caranya cek dulu kabelnya. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.

Jika warna busi abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, menandakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat. Dengan mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan yang baru itulah cara untuk mengatasinya. Bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak jika busi hitam.

Alternator yang Aus

Alternator adalah sebuah perangkat pada mobil yang berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Sudah dipastikan aki akan kehabisan cadangan listrik dan akibatnya mobil mogok, bila alternator mengalami kerusakan. Permasalahan yang umumnya terjadi pada alternator yaitu gulungan kawat tembaga putus, diode putus, dan kabel berkarat.

Itulah beberapa informasi tentang cara mengatasi mesin mogok saat mobil dalam perjalanan, semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda parkirkan mobil di luar ruangan, sebaiknya selalu gunakan cover mobil agar cat tetap awet.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!