Cover untuk mobil sangat dibutuhkan bagi Anda yang memiliki mobil pribadi. Dengan memiliki cover tersebut, mobil Anda bisa terlindungi dari benda-benda yang kotor. Karena fungsinya untuk melindungi dari kotoran, maka dapat dipastikan cover yang Anda miliki ini sewaktu-waktu bisa saja kotor dan terdapat noda.

Jika cover Anda sudah kotor, maka sangat disarankan untuk segera membersihkannya. Cara mencucinya sendiri sebenarnya hampir sama dengan cara mencuci pakaian biasa. Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda akan mencuci cover dari mobil Anda ini.

Cara untuk Mencuci Cover Mobil dengan Mesin Cuci

Menyiapkan Cover yang Akan Dicuci

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebelum Anda mulai mencuci cover dari mobil Anda menggunakan mesin cuci, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan cover yang akan Anda cuci.

Sikatlah Jika Ada Bagian yang Kotor

Ketika Anda sudah menyiapkan cover nya, cobalah untuk melihat cover tersebut secara lebih saksama. Lihatlah apakah ada bagian cover yang sangat kotor atau ada noda yang mungkin akan susah untuk dihilangkan. Apabila Anda menemukannya, maka sebaiknya sikatlah bagian tersebut. Sebelum Anda memasukan cover tersebut ke mesin cuci.

Anda bisa mencucinya menggunakan sikat yang biasa dipakai untuk mencuci baju. Mulailah dengan menyikat bagian di mana terdapat noda yang susah dihilangkan dan mungkin tidak akan bersih jika langsung dicuci di mesin cuci.

Anda tidak perlu khawatir karena beberapa jenis cover sendiri menggunakan bahan yang tidak mudah sobek jika disikat. Namun saat menyikat sebaiknya dengan tenaga yang biasa saja dan jangan berlebihan.

Masukkan Cover ke Mesin Cuci

Setelah cover yang akan Anda cuci siap atau jika terdapat noda, noda tersebut sudah cukup bersih, selanjutnya Anda bisa masukkan cover tersebut ke dalam mesin cuci.

Beri Sedikit Detergen dan Atur Waktu Pencucian di Mesin Cuci

Saat cover dari mobil Anda sudah dimasukkan ke mesin cuci, Anda bisa mulai untuk memasukkan detergen. Berikan detergen sedikit saja, tidak perlu terlalu banyak yaitu kurang lebih sebanyak satu sendok teh saja. Tujuannya adalah agar busa yang dihasilkan tidak terlalu banyak.

BACA LAGI  5 Jenis Kain untuk Membuat Body Cover Mobil

Selain memberikan sedikit detergen, Anda juga perlu melakukan hal lain lagi. Anda perlu mengatur mesin cuci yang akan Anda gunakan. Aturlah waktu pencuciannya selama 10 sampai dengan 15 menit saja, tidak perlu terlalu lama.

Mulai Mencuci di Mesin Cuci

Jika semuanya sudah diatur, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mulai proses mencuci di mesin cuci. Tunggulah hingga proses mencuci di mesin cuci selesai. Kemudian saat sudah selesai, Anda bisa mengambil cover yang ada.

Kebaskan Cover yang Sudah Anda Keluarkan

Setelah cover sudah Anda keluarkan, selanjutnya kibas-kibaslah cover tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi sisa air yang masih ada di cover dari mobil Anda.

Menjemur Cover Hingga Kering

Langkah selanjutnya adalah menjemur cover tersebut. Jemur atau panaskan cover tersebut di bawah sinar matahari selama kurang lebih 30 menit atau sampai cover tersebut dirasa sudah cukup kering. Waktu yang dibutuhkan untuk menjemur cover ini sendiri tidak akan lama seperti saat Anda menjemur pakaian.

Waktu penjemuran ini dipengaruhi oleh jenis dari cover yang Anda miliki. Biasanya bahan yang semi outdoor akan lebih cepat kering jika dibandingkan dengan bahan untuk cover yang outdoor. Jika dirasa sudah kering, jangan lupa untuk segera mengangkat cover tersebut.

Menyetrika Cover dengan Rapi

Jika sudah diangkat dari jemuran, berikutnya bisa Anda setrika cover tersebut. Tujuan dari menyetrika cover ini adalah agar terlihat lebih rapi dan juga lebih halus. Untuk menyetrika cover ini caranya adalah dengan menyetrika bagian luar dari cover Anda dan bukan menyetrika bagian dalamnya.

Begitulah beberapa langkah mencuci cover atau selimut mobil yang Anda miliki. Dengan mengikuti langkah tersebut diharapkan cover Anda akan lebih awet dan juga selalu bersih. Setelah Anda selesai menyetrika nya, Anda bisa menyimpan cover tersebut di tempat yang mudah dijangkau sehingga saat sewaktu-waktu dibutuhkan Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencarinya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!