Bumper mobil merupakan salah satu bagian dari mobil yang sering terkena rusak. Terkadang karena benturan pun dapat membuat bumper mobil menjadi tidak bagus kondisinya. Bumper mobil seringkali mengalami sobek, pecah, patah, dan lainnya. Namun tenang saja karena bumper mobil ini masih dapat diperbaiki sendiri di rumah.

Memperbaiki bumper mobil bisa dilakukan oleh siapa saja, namun tetap berhati-hati agar hasilnya baik. Ini merupakan suatu usaha untuk memperbaiki bumper mobil yang sedang rusak. Kerusakan pada bumper yang tidak diharapkan ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika dibawa ke bengkel biasanya akan ditarif hingga ratusan ribu rupiah. Oleh karena itu, perlunya kita mempelajari tentang bagaimana melakukan perbaikan pada bengkel mobil yang sudah penyok maupun robek. Berikut ini cara-cara yang dapat Anda lakukan jika mengalami kerusakan yang parah pada kasus bumper di rumah.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cara Memperbaiki Bumper Mobil dengan Mudah di Rumah

Dijahit Kawat

Salah satu cara yang biasa digunakan untuk memperbaiki bumper mobil yang rusak yaitu dengan dijahit. Cara ini hanya bisa dilakukan pada bumper yang berbahan plastik. Proses menjahit ini dilakukan seperti menjahit pada umumnya, bedanya hanya menggunakan kawat saja.

Caranya yaitu lubangi bumper dan sambungkan kedua sisi bumper yang sobek menggunakan kawat tersebut. Setelah itu, rapikan jahitan dengan meratakan kawat yang timbul dengan cara dipanaskan.

Ditambal

Kita membutuhkan lempengan plat untuk menambal bumper mobil yang rusak ini. Yaitu menggunakan lempengan plat yang tidak tebal sehingga mudah dibentuk. Caranya dengan menanamkan lempengan pada bagian dalam bumper mobil. Sebelum ditanamkan bisa dipanaskan terlebih dahulu agar lebih mudah dipasangkan.

Bumper ini harus yang berbahan plastik agar dapat menutup celah yang rusak menggunakan plastik bumper yang cair tersebut. Setelah proses ini tentunya penampilan bumper masih kasar sehingga perlu diperhalus lagi dengan cara didempul dan dilakukan dicat kembali.

Menggunakan Hair Dryer

Bumper mobil sering sekali penyok akibat penggunaan yang masih sembarangan. Untuk itu bisa menggunakan cover mobil agar lebih aman. Cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok menjadi lurus kembali. Anda bisa menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Caranya yaitu panaskan bumper menggunakan hair dryer. Karena panas, maka bumper mobil akan sedikit meleleh.

BACA LAGI  Cover Krisbow Bekas Berbagai Macam Ukuran

Setelah menjadi lunak, maka bisa ditekan secara perlahan menggunakan tangan agar bentuknya lurus seperti semula. Lalu, bumper bisa berbentuk normal kembali dan bisa Anda cat kembali menggunakan warna cat yang sama dengan warna aslinya. Cara ini dapat dilakukan pada bumper mobil yang berbahan dasar plastik.

Menggunakan Air Panas

Air panas merupakan bahan yang paling mudah dibuat untuk memperbaiki bumper mobil yang rusak. Caranya dengan menyiram bumper yang penyok menggunakan air panas sehingga bumper mobil akan melunak. Cara ini hampir sama dengan yang menggunakan hair dryer, yaitu setelah panas dapat didorongkan secara perlahan.

Setelah lurus, bumper yang baru saja diperbaiki ini dapat dicat kembali dengan warna yang sesuai dengan warna bumper aslinya. Cat berfungsi untuk menutupi lecet dan goresan perbaikan. Namun cara ini mungkin sedikit sulit karena jika tidak dilakukan oleh orang yang sudah terbiasa dapat memberikan hasil yang kurang maksimal. Cara yang masih tradisional ini sebaiknya dilakukan oleh ahlinya.

Las Bumper

Mungkin cara-cara di atas dapat digunakan untuk memperbaiki bumper dengan kerusakan ringan. Namun untuk bumper yang rusaknya cukup parah misalnya pecah atau patah, maka bisa dilakukan pengelasan. Jika kerusakan parah seperti ini, maka proses penyambungan bagian-bagian yang pecah akan sulit jika dijahit.

Dengan menyambungkan ujung-ujung yang pecah, Anda dapat mengelasnya agar ujung-ujung bumper dapat tersambung kembali. Setelah itu, dapat menggunakan lempengan plat pada bagian yang rusak. Bisa dilakukan pendempulan secara merata untuk bagian yang rusak.

Demikian itu merupakan cara perawatan bumper mobil di rumah yang tidak mengeluarkan biaya banyak. Untuk berhemat tentunya kita butuh keahlian untuk memperbaiki bumper mobil sendiri di rumah.

Namun dengan cara-cara di atas memungkinkan untuk dipelajari sendiri di rumah daripada harus keluar uang banyak untuk ke bengkel. Sebaiknya selalu Anda lindungi dengan mantel mobil untuk mencegah goresan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!