Tidak bisa dipungkiri bahwa jok mobil merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah mobil. Terutama pada bagian interior, ia merupakan aspek utama yang menjadi penentu nyaman tidaknya sebuah kursi dudukan bagi para penumpang yang ada di dalamnya. Untuk hal itu, diperlukan kondisi bersih dan bebas bau dari sebuah jok mobil. Demi mencapai hal itu, tentu harus ada hal yang dilakukan.

Sebenarnya, saat Anda menata mobil pada bagian interior, Anda akan dihadapkan pada pilihan berbagai jenis bahan dasar jok mobil. Tentu dalam hal ini, sebelumnya juga Anda harus sudah mengetahui tips memilih sarung jok mobil yang baik. Sehingga saat pembersihan nantinya pun hal ini akan menjadi landasan saat pembersihan berlangsung.

Hal yang dilakukan pastinya tidak akan luput dari pembersihan. Apalagi jok mobil menjadi teman setia dari tiap penumpang untuk melakukan apa saja selama perjalanan. Mulai dari tidur hingga memakan makanan dalam mobil saat perjalanan. Hal ini tidak jarang meninggalkan noda pada jok mobil. Misalnya saja saat memakan sesuatu, tanpa sengaja tertumpah. Otomatis akan mengotori jok.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Selain itu, pengaruh debu juga berperan cukup banyak dalam hal ini. Jok bisa menjadi tempat mengendapnya debu-debu yang berasal dari luar yang terbawa oleh angin ataupun penumpang yang ada di dalamnya. Lalu, tidak menutup kemungkinan juga bagi para tungau dan jamur untuk berkembang biak jika keadaannya dibiarkan terus menerus dalam kondisi yang kotor.

Maka secara singkatnya, bisa dikatakan bahwa membersihkan jok mobil secara berkala adalah kewajiban bagi Anda si pemilik mobil. Jika tidak ingin keluar biaya untuk membersihkannya, Anda bisa luangkan waktu secara berkala untuk membersihkannya sendiri. Untuk itu, Anda membutuhkan beberapa panduan membersihkan jok mobil berdasarkan jenis bahannya agar lebih spesifik lagi.

Beberapa Tips Membersihkan Jok Mobil Berbagai Jenis Bahan

Membersihkan Jok Berbahan Tenun

Pertama yang harus Anda ketahui adalah tips membersihkan jok mobil berbahan dasar tenun. Ada beberapa langkah yang bisa Anda coba sendiri. Caranya yang pertama campurkanlah air dengan cairan pencuci piring dalam sebuah ember. Lalu aduk secara merata, kemudian masukkan dalam botol penyemprot khusus.

BACA LAGI  Tips memilih Kulit Jok Mobil Nyaman Serta Berkualitas

Lakukanlah penyemprotan cairan tersebut pada jok sekitar 15 hingga 20 cm dari jok. Setelahnya, gosoklah secara lembut menggunakan sikat berbulu tekstur lembut dan kemudian bilas tepat pada bagian yang terkena noda menggunakan air hangat.

Kemudian lakukan pembilasan sesering mungkin. Bersihkan noda satu persatu dan bilas secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan kain dengan serat mikro saat mengeringkan jok.

Membersihkan Jok berbahan vinil

Selanjutnya adalah membersihkan jok mobil berbahan dasar vinil. Untuk bahan dasar yang satu ini, Anda bisa menggunakan pembersih kaca untuk membersihkannya. Sebenarnya, untuk jok mobil berbahan vinil, termasuk dalam jenis bahan jok yang mudah dibersihkan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir terkait kesulitan yang akan ditemui nantinya.

Adapun cara membersihkannya, Anda bisa memulai dengan menyemprotkan pembersih kaca di bagian jok yang terkena noda. Setelah itu, lap menggunakan kain bertekstur lembut. Lakukan pembersihan pada noda satu persatu agar pembersih kaca tidak mudah meleleh dan mengenai lantai.

Alternatif lainnya selain menggunakan pembersih kaca adalah menggunakan baking soda dan air. Caranya juga cukup mudah. Pertama, Anda tinggal mencampurkan sir dan baking soda hingga terbentuk seperti pasta. Kemudian, gosokkan pasta baking soda tadi tepat pada bagian jok yang terkena noda secara satu persatu. Setelah itu, gunakan sabun lembut dan air sebagai pembilasnya.

Tidak sampai disitu, Anda juga harus melakukan pengelapan pada jok sampai kering menggunakan kain tekstur lembut. Jika tidak ada kain, Anda bisa menggantinya dengan sikat gigi lembut. Karena biasanya banyak terdapat kotoran dan juga debu pada dudukan, Anda bisa menggunakan sikat gigi kembali untuk membersihkannya.

Ingatlah, saran terpenting saat Anda membersihkan jok mobil berbahan dasar vinil adalah jangan sesekali menggunakan pembersih dengan bahan dasar minyak. Hal ini dapat berdampak buruk pada jok mobil kesayangan Anda karena pembersih berbahan minyak dapat mengeraskan jok vinil mobil kesayangan Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!