fbpx

Jika mobil anda sering diparkir di area tanpa atap mungkin anda sudah familiar dengan yang namanya sarung mobil alias car cover. Layaknya sebuah sarung atau selimut, cover body mobil terbaik bertugas melindungi bagian luar mobil. Banyak ragam jenis produk car cover beraneka harga yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari yang ekonomis sampai yang cukup mahal untuk ukuran sebuah kain pelindung.

Memilih bahan cover body mobil terbaik

Menghindari bahan cover body mobil dari 100% sintesis

Penggunaan sarung mobil yang jenis kainnya 100 persen sintetis bisa menjadikan permukaan bodi cepat terlihat ada gesekan-gesekan. Ini karena kontak langsung kain tersebut pada permukaan cat yang cukup sering. Jika diperhatikan, permukaan mobil yang akan terlihat gesekan berpola sarang laba-laba.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Maka sebaiknya hindari produk semacam itu yang biasanya punya permukaan kain baik di bagian luar maupun dalam yang cukup licin. Walau bahan semacam ini tahan air alias waterproof, tapi sisa air yang menggenang justru akan memperparah daya tekan permukaan kain bagian dalam. Celakanya lagi, material kain sintetis ini juga mudah sobek.

Memilih bahan fabric (kain) yang aman

Untuk lebih amannya sebaiknya pilih cover body mobil terbaik berbahan berbahan kain (fabric). Biasanya bahan jenis ini berongga (perforated) di seluruh bagiannya sebagai sirkulasi udara.  Sebenarnya car cover jenis ini lebih cocok untuk digunakan pada mobil yang diparkir di dalam ruangan, tapi merek-merek terkenal seperti Krisbow maupun Tyvek  bisa juga untuk outdoor.

Pada sarung mobil jenis ini memang harganya relatif lebih mahal, tapi dengan permukaan sisi dalam yang bermaterial lembut tentu tak ada lagi efek sarang laba-laba. Jika sudah dapat merek yang sesuai, tinggal pilih ukuran yang pas dengan mobil kesayangan.

Komposisi cover body mobil terbaik

Lapisan pertama di bagian terluar memiliki fungsi penahan terpaan air hujan dan sinar matahari secara langsung. Lapisan kedua sebagai media pernapasan dalam menghindari timbulnya embun ketika penguapan udara. Lapisan ketiga sebagai pelindung dan penguat lapisan dasar. Lapisan terdalam dengan bahan lembut dan memiliki fungsi meminimalisir gesekan ketika memasang dan melepaskan body cover.

Anda harus melihat bahan yang memiliki fungsi seperti diatas. Jenis kain seperti parasut, polyester, milky, nylon, ripstok dan juga taslan dapat menjadi pilihan jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat selimut mobil. Untuk lebih jelasnya mari kita simak secara lengkapnya tentang bahan cover body mobil terbaik di bawah ini.

BACA LAGI  Dapatkan Harga Cover Mobil Outdoor Terjangkau

Tips memilih bahan cover body mobil yang bagus

Cover body mobil bahan taslan

Kain taslan termasuk dalam jenis bahan spesial dari serat sintetis dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan mengkilat ataupun terang dan dikenal tahan akan air yang bisa melindungi permukaan cat mobil dari bermacam goresan yang mungkin bisa ditimbulkan.

Cover body mobil bahan polyester

Bahan yang cocok untuk membuat cover body mobil terbaik yang dapat dipakai pada ruangan terbuka adalah polyester atau biasa dikenal dengan nama waterproof karena jenis kain yang mempunyai ketahanan terhadap cuaca hujan ataupun panas. Jenis kain yang mempunyai karakteristik kuat dan juga tidak mudah pudar sehingga sangat cocok digunakan pada ruang terbuka / outdoor.

Cover body mobil bahan nylon

Jika anda ingin membuat cover body mobil terbaik dengan tekstur lembut, kuat, tidak mudah sobek dan juga lentur ketika ditarik maka bahan yang cocok digunakan untuk selimut mobil tersebut adalah nylon, sebab nylon berasal dari serat sintetis karet.

Cover body mobil bahan parasit silver

Kain parasit silver adalah jenis kain yang standar untuk membuat sarung ataupun cover mobil yang terkenal kuat dan tahan lama. Jenis kain ini mempunyai tekstur yang halus, lembut dan juga tergolong bahan yang anti air sehingga sangat pas untuk melindungi mobil dari terpaan sinar matahari, debu dan juga air.

Cover body mobil bahan Ripstok

Ripstok adalah sejenis kain yang mempunyai coating anti air di bahan bagian dalam dan juga luarnya. Bahan jenis ini yang biasanya disebut coating bening yang mempunyai kualitas anti gores dan juga ketahanan terhadap air yang sama di antara bagian luar dan juga dalam bahannya.

Demikian artikel yang menjelaskan tentang memilih bahan cover body mobil terbaik sebelum membuat selimut mobil itu sendiri. Perlu untuk anda ingat dalam pemilihan body cover hal terpenting yang harus anda pertimbangkan adalah selain penggunaan anda juga harus melihat kesesuaian jenis bahan dengan kondisi lingkungan (indoor atau outdoor).

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!