Tips Melindungi Mobil dan Cara Memilih Cover Mobil yang Bagus

by | Nov 25, 2018 | Cover Mobil, Tips

cover mobil terbaik

Tips melindungi mobil sangatlah banyak, tapi kali ini kita akan fokus dengan perlindungan menggunakan cover mobil. Cover mobil banyak dibutuhkan oleh para pemilik mobil untuk melindungi mobil mereka dari hujan, panas matahari, ataupun debu saat parkir di luar ruangan. Tidak hanya di luar ruangan, mobil yang di dalam ruangan pun kadang juga di pasangi cover oleh pemiliknya agar tidak terkena debu.

Nah jika Anda merupakan salah satu pemilik mobil yang sedang memerlukan cover mobil, maka tidak ada salahnya menyimak pembahasan berikut ini tentang cara memilih cover mobil yang bagus berdasarkan kegunaannya. Karena memang ada cover mobil yang ditujukan untuk outdoor atau untuk mobil yang diparkir di luar ruangan.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Ada juga cover mobil yang sangat anti air sehingga pas digunakan saat musim penghujan, ada juga syarat pemilihan cover mobil berdasarkan body mobil, merk cover, dan masih banyak pertimbangan lainnya. Untuk lebih jelasanya, simak penjelasan lebih rinci di bawah ini.

Cover Mobil Outdoor

Apabila Anda tidak memiliki lahan parkir dengan atap tertutup, maka solusi utama agar mobil tetap terlindungi yaitu dengan menggunakan penutup mobil atau biasa disebut dengan cover mobil. Cover mobil ini dibuat dari berbagai jenis bahan sesuai dengan harga dan penggunaannya.

cover mobil terbaik

Khusus untuk cover mobil outdoor, harusnya dipilih cover mobil yang terbuat dari bahan anti air, tahan panas, dan tentunya tidak merusak body mobil. Penjelasan lebih lanjut tentang tips memilih cover mobil outdoor adalah sebagai berikut.

Memilih cover mobil outdoor berdasarkan komposisinya

Menurut mereka yang telah berpengalaman, Anda harus mempertimbangkan pemilihan cover mobil berdasarkan komposisinya yang diwakili dengan jumlah layer pada cover. Maksudnya yaitu pilihlah cover mobil outdoor yang memiliki paling tidak empat layer.

Empat layer yang dimaksud yaitu layer luar yang berguna untuk menahan air, panas, debu, dan faktor luar lainnya. Layer kedua yaitu lapisan yang memiliki pori-pori. Lapisan ini digunakan untuk bernafas sehingga kemungkinan besar embun, dan lainnya tidak masuk dalam cover mobil.

Layer ketiga yaitu layer pelindung yang berguna untuk memperkuat komposisi bahan cover mobil. Dan layer keempat adalah layer dalam yang bersentuhan langsung dengan body mobil. Layer keempat dibuat halus atau lembut sehingga tidak akan merusak body mobil. Cover mobil yang mendukung adanya empat lapisan pendukung ini bisa Anda temukan di toko cover mobil terdekat.

Memilih cover mobil yang memiliki rongga udara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam hal komposisi, di layer kedua merupakan layer yang berpori-pori. Sebenarnya fungsi utama dari bahan yang berpori-pori atau berongga udara adalah membuat permukaan yang ditutupi oleh bahan menjadi tidak lembab. Karena kelembaban yang berlebihan tidak baik untuk body luar mobil.

Body mobil nanti bisa pudar warna catnya. Tidak hanya itu, di beberapa kasus malah timbul bercak-bercak putih pada body mobil yang mana susah hilangkan apabila tidak segera dibersihkan. Jika terjadi demikian, niat untuk melindungi mobil dengan cover mobil menjadi tidak terwujud, tampilan mobil malah menjadi tidak bagus. Anda tidak mau hal tersebut terjadi, bukan? Untuk itulah pilih cover mobil yang memiliki pori-pori atau rongga udara.

Memilih cover mobil yang anti gores

Sebelumnya juga dijelaskan bab pemilihan cover mobil yang lembut dan halus agar body mobil tidak tergores. Bahan anti gores ini biasanya terdapat di bagian dalam cover mobil. Dengan begitu, gesekan cover mobil dengan body mobil tidak akan menimbulkan goresan atau permasalahan lain pada body mobil.

Jadi saat membeli cover mobil, lihat dulu bagian dalamnya, apakah halus atau tidak. Jangan sampai salah memilih karena nanti fungsinya bukan menjadi melindungi tapi menjadi merusak. Harga cover mobil dengan bahan dalam yang lembut biasanya memang lebih mahal, tapi tidak masalah bukan? Daripada membeli yang murahan dan berakibat fatal pada body mobil.

Body Cover Mobil

Body cover mobil sebenarnya sama saja dengan cover mobil ataupun sarung mobil yang berfungsi untuk melindungi body mobil dari hujan, panas, ataupun debu. Berbicara tentang body cover mobil, ternyata tidak semua pemilik mobil mempunyai cover mobil.

Alasannya pun banyak, diantaranya yaitu karena memang dirasa tidak penting, ada yang karena sudah memiliki tempat parkir tertutup, ada juga yang beralasan body mobil terlanjur jelek, dan banyak alasan lainnya. Mengesampingkan alasan-alasan tersebut, sebenarnya kegunaan body cover mobil cukup banyak. Apa saja kegunaannya? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

BACA LAGI  Tips Belajar Mengendarai Sepeda Motor Kopling Untuk Pemula

Melindungi cat mobil

Sebaik apapun cat mobil Anda, cat lama kelamaan bisa pudar jika sering terkena sinar UV matahari. Karena itulah penggunaan body cover mobil sangat diperlukan. Dengan menggunakan cover mobil, cat mobil Anda tidak akan mudah pudar. Kegunaan satu ini mungkin tidak berpengaruh pada mereka yang cat mobilnya terlanjur pudar atau jelek kusam, tapi tentu mempengaruhi mereka pemilik mobil yang masih mulus kinclong. Jika mobil Anda termasuk yang masih mulus dan baru, tentu tidak mau cat mobilnya pudar bukan?

Menjaga body mobil

Peluang mobil mendapatkan goresan sangat besar. Nah dengan menggunakan cover mobil, goresan bisa di minimalisir. Semisal ada motor atau hal lain yang berpeluang menggores mobil, maka dampaknya ke cover mobil terlebih dahulu. Apalagi kini muncul cover mobil yang anti gores. Menguntungkan bukan? Body mobil Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melindungi mobil dari kerusakan

Sekuat dan sebagus apapun barang, tetap akan rapuh jika diletakkan di cuaca yang sering berganti. Begitu pula dengan mobil, sebagus apapun mobil, jika terus-terusan terkena air hujan kemudian terkena panas, hujan-panas, hujan-panas, dan seterusnya dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bukan tidak mungkin jika body mobil mengalami kerusakan.

Sarung Mobil yang Bagus

Sarung mobil yang bagus sama dengan cover mobil yang bagus. Bedanya hanya di penyebutan atau penamaan. Jadi jika Anda sedang mencari sarung mobil yang bagus, maka caranya atau tipsnya sama dengan cara memilih cover mobil yang bagus. Anda bisa memilih dengan pertimbangan kualitas bahan, kehalusan bahan, garansi cover mobil, apakah anti air atau tidak, dan banyak pertimbangan lainnya.

Dari beberapa pertimbangan tersebut Anda pasti akan mendapatkan cover mobil yang benar-benar berkualitas. Namun Anda perlu tahu, bahwa cover yang berkualitas biasanya merupakan cover yang bermerk yang sudah terbukti kualitasnya. Apakah Anda penasaran dengan merk cover mobil yang bagus, berkualitas? Jika iya, simak penjelasan lebih lengkap tentang merk cover mobil outdoor yang bagus berikut ini.

Merk Cover Mobil Outdoor yang Bagus

Merk cover mobil outdoor bagus yang di rekomendasikan ini bisa Anda pilih jika memang sesuai dengan selera dan budget Anda. Apa saja merk yang di maksud? Langsung saja, baca penjabarannya.

 cover mobil terbaik

Salah satu  merk cover mobil terkenal dengan empat layernya. Empat layer yang dimaksud adalah soft luxurious fleece (lapisan dalam yang halus), protective layer (lapisan pelindung), breathable layer (lapisan berongga atau brrpori-pori), dan durable outer (lapisan luar yang tahan lama dan anti air)

Dari keterangan terkait bahan-bahannya, Anda pasti bisa mengetahui bahwa cover mobil merk tersebut  tahan lama, anti air, mampu melindungi mobil dari hujan, debu, sinar UV, dan tentunya terlihat elegan, berkelas, serta mewah. Cover mobil jenis ini bisa dikatakan mampu melindungi mobil dengan maksimal.

Menurut beberapa sumber, ada juga cover mobil yang menggunakan Mett WP Ultra Soft yang bisa memberikan perlindungan maksimal pada body mobil Anda. Bahan yang digunakan untuk membuat cover ini juga merupakan bahan yang breathable atau berpori sehingga mampu menjaga kelembaban. Mobil Anda pun terhindar dari namanya jamuran atau cat terkelupas jika menggunakan cover mobil ini.

Jika menyangkut bahan, ada lagi cover yang bagus, terbuat dari Polyethylen Fibers yang merupakan bahan yang tidak mudah sobek sehingga cover ini akan awet dan tahan lama. Kelebihan lain dari cover berbahan ini yaitu bahannya ringan, anti air, mampu melindungi mobil dari sinar UV, mudah dicuci, mudah dikeringkan, dan mampu menjaga kelembaban di dalamnya.

Ada pula bahan cover mobil yang mengandalkan kekuatannya dan ketahannya untuk tidak mudah pudar. Saat ingin membeli pastikan Anda melakukan pengecekan di bagian jahitannya. Pastikan jahitan dibuat double sehingga peluang air merembas sangatlah kecil. Atau kalau bisa pilih cover mobil yang tanpa jahitan sama sekali.

Demikian penjelasan tentang tips melindungi mobil dan cara memilih cover mobil yang bagus. Semoga bermanfaat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!