fbpx

Saat mobil Anda mengalami kerusakan dan spare part atau suku cadang yang baru agaknya cukup menguras kantong, maka salah satu alternatif yang dapat kita pertimbangkan adalah dengan membeli suku cadang bekas atau second.

Sekarang, banyak pemilik kendaraan yang lebih memilih membeli suku cadang bekas yang diimpor dari bengkel maupun toko onderdil yang ada di Singapura. Suku cadang tersebut biasanya disebut dengan istilah spare part ex-Singapore.

Selain ex-Singapore, ada juga istilah ex-Japan. Sebenarnya keduanya tidak jauh berbeda, sama-sama merupakan barang yang sudah habis masa berlakunya dari segi ekonomi. Karena adanya faktor penurunan atau defresiasi nilai serta masa berlaku pemakaian onderdil-onderdil tersebut rata-rata hanya sekitar 5 tahunan. Dalam kurun masa tersebut, masa defresiasi nilai barang mencapai 20% per tahun.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sehingga setelah 5 tahun maka dihitung secara ekonomi, nilai barang menjadi habis alias nol. Nah, kebanyakan produsen spare part tidak mau rugi kemudian barang tersebut dilelang sehingga nilai defresiasinya tidak sampai nol. Maksud pelelangan adalah agar produsen memperoleh pemasukan atau tambahan dana.

Kemudian pembeli pada pelelangan tersebut biasanya diperdagangkan kembali dengan sistem copotan atau dipreteli. Setelah itu baru dimasukkan ke Indonesia. Untuk masalah harga, tentu lebih murah.

Pertimbangan dalam Membeli Spare Part Ex-Singapore

Tips utama

Sebelum Anda membeli spare part ex-Singapore pastikan Anda mengikuti beberapa tips utama seperti memprioritaskan bagian utama mesin apakah dapat bekerja secara maksimal atau terasa ada kejanggalan. Jika ya, maka segera bawa ke bengkel yang terpercaya.

Selain itu, Anda juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik bengkel apa pengaruh kerusakan onderdil tersebut terhadap komponen lain dalam mesin mobil.

Jika memang perlu untuk penggantian onderdil atau bahkan turun mesin maka usahakan selalu membeli spare part dalam kondisi baru dan orisinil. Jika anggaran tidak mencukupi atau barang tersebut tidak ada, maka Anda bisa mencari bekas.

Kompresor AC

Jarang sekali kerusakan pada kompresor AC yang dapat dilihat secara fisik. Biasanya kerusakan baru dapat terdeteksi ketika kompresor AC sudah terpasang kemudian dinyalakan. Jika saat dinyalakan menimbulkan bunyi yang berisik atau abnormal maka kemungkinan besar bahwa ada kerusakan pada komponen tersebut.

BACA LAGI  Rekomendasi Tempat Jual Sarung Mobil di Surabaya

Hal tersebut bisa terjadi karena ada masalah pada bearing atau piston yang terdapat di dalamnya. Oleh sebab itu, mintalah garansi sehingga Anda dapat menukarkannya jika muncul masalah setelah pemasangan kompresor AC.

Motor wiper

Suku cadang yang satu ini juga cukup banyak diburu para pemilik mobil terutama untuk mobil yang diproduksi pada tahun-tahun di bawah 2000-an. Biasanya karena mobil tersebut cukup berumur, maka akan ada penurunan kinerja wiper seperti putarannya yang sudah mulai melemah akibat termakan usia.

Harga motor wiper ini boleh dibilang cukup mahal, yakni berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah, itupun dalam kondisi bekas ex-Singapore. Lalu, bagaimana dengan yang kondisinya masih baru? Tentu jauh lebih mahal. Untuk memeriksa kondisinya, Anda dapat mencobanya langsung dengan melakukan tes kerja wiper saat akan membelinya.

Kipas radiator elektrik

Kipas radiator elektrik atau electric radiator fan merupakan spare part yang berfungsi untuk menjaga serta menurunkan suhu dalam mesin yang juga banyak dicari pemilik mobil-mobil keluaran lama. Tips untuk membeli electric fan ex-Singapore adalah dengan memastikan bahwa kondisi setiap bagiannya benar-benar normal, tak ada yang patah atau rusak.

Pastikan juga Anda membeli spare part yang orisinil untuk menjamin keawetannya. Harga elektrik fan bisa jadi bervariasi, tergantung pada jenis maupun tipe mobil Anda.

Tips lainnya yang tak kalah penting, jangan lupa membawa langsung onderdil atau komponen yang perlu diganti saat Anda ke bengkel atau saat akan membeli suku cadang dengan tujuan agar lebih mudah pencariannya.

Selain jenis-jenis spare part eks-Singapore seperti yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi spare part ex-Singapore lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Sama halnya seperti spare part, selimut mobil juga tak kalah penting untuk dimiliki. Sebab eksterior mobil juga harus dirawat, sama seperti bagian mesin mobil.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!