Kaca film mobil biasanya sudah diberikan pada saat membeli mobil baru. Namun biasanya dari dealer hanya menyediakan kaca film dengan kualitas standar. Akibatnya banyak yang kurang puas dengan kualitasnya yang kurang bagus ini. Biasanya orang cenderung memilih kaca film yang gelap, namun yang didapat pada umumnya terlalu bening sehingga kondisi dalam mobil terlihat jelas dari luar.

Selain itu, kaca bening juga membuat sinar matahari masuk ke dalam mobil yang menyebabkan suhu panas di dalamnya. Tujuan penggunaan kaca gelap supaya suhu AC di mobil lebih dingin. Tingkat kegelapan kaca mobil pun sebaiknya diatur baik di depan, samping, maupun belakang.

Misalnya untuk bagian depan sebaiknya menggunakan kaca yang tidak terlalu gelap. Untuk waktu malam hari pun kaca gelap akan mengganggu akses pandang, apalagi untuk bagian depan. Bagi yang ingin tahu aturannya terdapat dalam pembahasan berikut.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Aturan Penggunaan Kaca Film Mobil yang Aman

Kaca Depan

Kaca film mobil bagian depan yang digunakan pengemudi sebaiknya tidak lebih dari 20 hingga 30 persen. Peraturan ini dibuat menyangkut keselamatan penumpang. Jika kaca depan terlalu gelap maka akan mengganggu pandangan pengemudi sehingga tidak dapat melihat dengan jelas ketika sedang menyetir.

Terutama pada malam hari, pastinya jika menggunakan kaca film yang gelap tidak dapat melihat pandangan di depan. Meskipun jika menggunakan kaca gelap pastinya akan mengurangi silau mata ketika berpapasan dengan pengendara lainnya.

Pada siang hari pun jika kaca terlalu terang akan membuat sinar matahari masuk sehingga membuat silau. Oleh karena itu bagi yang ingin mengganti kaca filmnya perlu diperhatikan peraturan ini.

Kaca Samping Depan

Bukan hanya kaca film depan, kaca depan bagian samping kanan-kiri pengemudi pun tidak boleh terlalu gelap pula. Hal ini berkaitan dengan pengemudi agar lebih jelas ketika ingin melihat ke arah spion untuk melihat pengendara lain di sekitarnya. Tingkat kegelapan kaca film di bagian samping depan sebaiknya tidak lebih dari 40 persen.

Jika tetap menginginkan menggunakan kaca yang gelap maka sebaiknya membuat kaca bening dalam bentuk lingkaran kecil yang mengarah ke spion mobil. Sehingga pengemudi tidak terhalang ketika ingin melihat sekitarnya.

Anda bisa menggunakan kaca dengan tingkat kegelapan 60 persen. Karena ini juga akan memberikan rasa teduh pada siang hari dan mengurangi efek silau lampu pada malam hari. Terkadang memang pantulan lampu melalui spion dari pengendara di belakang lebih mengganggu dan akibatnya dapat mengurangi fokus pengemudi.

Kaca Film Mobil Bagian Tengah

Kaca bagian tengah tidak akan menghalangi pengemudi untuk melihat ke arah luar. Sehingga kaca filmnya dapat dibuat lebih gelap di atas 40 persen. Biasanya untuk kaca tengah menggunakan kaca film dengan presentase sekitar 60 hingga 80 persen.

Namun jika menggunakan kaca yang lebih gelap akan menghalangi pandangan penumpang. Sehingga penumpang pun harus menurunkan kaca untuk melihat lebih jelas ke arah luar mobil. Keuntungannya menggunakan kaca film gelap ini yaitu penumpang tidak merasa gerah karena matahari yang masuk pun lebih sedikit.

Kaca Bagian Baris Ketiga

Mobil jenis MPV terdiri dari enam kursi penumpang. Kaca bagian belakang di samping kursi penumpang baris ketiga tidak ada aturan untuk tingkat kegelapan kaca film yang ingin digunakan. Bahkan diperbolehkan untuk menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 100 persen.

Kaca Film Bagian Belakang

Kaca mobil di bagian belakang dalam aturannya tidak boleh menggunakan tingkat kegelapan lebih dari 40 persen. Hal ini dikarenakan kaca belakang digunakan pengemudi untuk melihat arah belakang lewat kaca spion yang berada di tengah. Mungkin akan sangat membantu ketika ingin putar balik atau berjalan mundur.

Kaca belakang yang gelap juga tidak baik digunakan pada malam hari karena tidak akan kelihatan dengan jelas untuk bagian luarnya. Apalagi jika pada saat kondisi hujan, pasti akan mengganggu penglihatan.

Penggunaan kaca film mobil memang sangat diperhatikan para penggunanya. Karena tidak semua orang menyukai kaca mobil yang terang. Maka dari itu peraturan di atas ditentukan demi keselamatan. Sebaiknya pula dalam melakukan perawatan kaca agar tidak mudah tergores dapat menggunakan cover mobil khusus untuk mobil Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!