fbpx

Permasalahan teknis merupakan permasalah yang bisa terjadi pada mobil apapun dan milik siapapun, baik itu masalah mesin, pendingin udara, ban dan masalah teknis lainnya. Sebenarnya mobil sering mengirimkan sinyal ketika terjadi hal yang tidak beres di dalam diri mereka. Hanya saja seringkali pemilik mobil abai atau mungkin tidak mengetahui hal ini sebagai tanda mobil bermasalah.

Salah satu penanda bahwa ada sinyal yang dikirimkan mobil Anda adalah masalah aroma. Memang bau yang ada di dalam kabin bisa sangat beragam. Namun, kesampingkan kondisi kabin yang terpengaruh pengharum ruangan maupun sampah di dalam mobil. Asumsikan bahwa keadaan ini adalah keadaan saat mobil bersih dari pengaruh bau dari luar.

Jika Anda mulai menemukan aroma mobil yang akan disebutkan di bawah ini nantinya, maka bersiaplah untuk melakukan perawatan dan juga perbaikan jika diperlukan. Jangan sampai masalah merembet dan malah membuat mobil Anda menjadi rusak.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Beberapa Bau Yang Mungki Muncul di Mobil Anda

Apek

Ketika Anda menyalakan mesin pendingin udara dan kemudian tercium bau apek di kabin Anda, ini adalah tanda bahwa ada jamur yang tumbuh di dalam mesin Air Condition Anda. Walaupun ini bukan hal yang berbahaya, namun jelas akan mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.

Munculnya jamur ini sebenarnya adalah wajar karena tingkat kelembaban di dalam mobil. Namun ada baiknya untuk melakukan pembersihan agar jamur tidak semakin menjalar. Selain karena pertumbuhan jamur, bau apek juga bisa berasal dari interior yang basah. Bisa karena kebocoran atau karena insiden lain yang menyebabkan interior terkena air.

Air juga bisa bisa masuk melalui kebocoran atap garasi yang masuk ke dalam mobil melalui sela-sela pintu. Maka dari itu selalu tutupi mobil dengan penutup anti air yang bisa Anda dapatkan di tempat jual cover mobil.

Manis

Bau ini memang tidak terlalu mengganggu. Namun ada baiknya Anda mengetahui penyebab terjadinya bau yang manis ini. Salah satunya adalah karena adanya kebocoran pada sistem pendingin mobil Anda. Hal ini tidak akan bisa terlihat jika Anda bukan orang yang ahli.

Jika dibiarkan, maka kebocoran ini dapat mengakibatkan korosi. Biasanya kebocoran terjadi di belakang dasbor karena inti pemanas yang terlalu panas. Selain dapat menyebabkan bau manis menyerbak, kebocoran ini juga dapat memunculkan kabut di dalam mobil yang pastinya mengganggu pandangan saat mengemudi.

BACA LAGI  Simak Cara Memilih Cover Mobil yang Anti Panas dan Anti Hujan

Gosong

Terkadang ada bau semacam ini yang tiba-tiba muncul dari mobil Anda. Salah satu keadaan yang menyebabkannya adalah pengereman yang cukup agresif. Cara mengerem yang demikian bisa menyebabkan rotor atau bantalan rem menjadi terlalu panas dan kemudian seperti terbakar.

Hal ini bukan hanya terajadi pada mobil bertransmisi otomatis saja, mesin bertransimi manual pun juga bisa mengalaminya. Biasanya hal ini terjadi karena plat kopling yang terlalu panas atau juga sudah aus.

Selain hal di atas, benda-benda yang tidak sengaja terbawa ke dalam mesin, entah dibawa tikus maupun hewan lain, juga bisa menyebabkan bau gosong. Benda-benda ini akan terbakar karena panas mesin yang akhirnya menciptakan bau tidak sedap yang muncul di dalam kabin.

Telur Busuk

Bau semacam ini bisa terjadi ketika mobil dibawa berkendara dalam waktu tempuh yang lama serta jauh. Medan yang cukup berat juga bisa menimbulkan bau seperti telur busuk karena sistem emisi maupun mesin bermasalah.

Keadaan mesin maupun sistem gas buang yang dipaksa bekerja terlalu lama mengakibatkan panas yang berlebih sehingga memicu bau tidak sedap ini menyeruak.

Karet

Aksesoris drive belt yang tidak terletak di posisi semula atau bisa pula dikatakan tergelincir bisa mengakibatkan bau seperti karet yang dibakar. Aksesoris yang tergelincir tersebut akan rusak karena terlibas oleh katrol.

Selain itu, sama seperti yang sudah dibahas di atas, plat kopling juga bisa menyebabkan bau serupa. Salah satunya adalah karena kondisi yang terlalu panas yang menyebakan pla kopling terbakar.

Listrik

Mungkin Anda akan sedikit bingung mendapatkan istilah ini. Jika dijelaskan, maka penjabaran paling mendekati adalah seperti aroma roti yang terlalu lama dipanggang. Aroma ini biasanya terjadi karena adanya korsleting pada komponen listrik di dalam mesin.

Jika muncul bau semacam ini, jangan gunakan mobil Anda terlebih dahulu. Lebih baik diamkan mobil dan hubungi teknisi terpercaya Anda. Sebab, jika Anda memaksa untuk menggunakan mobil, bisa jadi hubungan arus pendek akan kembali terjadi dan menimbulkan percikan api yang tentunya akan berbahaya bagi Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!