Di Indonesia yang memiliki udara cenderung panas ini membuat banyak orang menggunakan pendingin ruangan baik di rumah atau di mobil. Saat mengendarai mobil saat udara sedang panas-panasnya pastinya akan menyalakan AC yang tujuannya untuk mendinginkan dan menyejukkan ruangan mobil.

Namun AC tidak selalu bekerja dengan baik, ada kalanya udara dari AC tidak dingin. Maka sebaiknya kenalilah tanda-tanda yang terjadi jika Anda mengalami hal ini. Bisa saja hal ini disebabkan oleh freon AC yang mulai habis. Pastinya keadaan ini tidak membuat nyaman.

Perawatan mobil bukan hanya bagian luarnya saja dengan melindunginya dengan cover mobil. Namun perawatan juga perlu dilakukan pada bagian dalamnya. Maka sebaiknya Anda juga mengenali hal-hal yang mengindikasikan bahwa freon AC mobil Anda habis. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang menunjukkan freon AC habis beserta bagaimana cara pengisiannya kembali.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Gejala yang Muncul saat Freon AC Mobil Habis

Kompresor AC Tidak Berputar

Freon AC habis bisa menyebabkan kompresor AC berhenti berputar. Tidak seperti biasanya, kompresor yang tidak bergerak ini bisa jadi merupakan tanda-tanda freon AC mobil Anda habis. Maka dari itu sebaiknya Anda melakukan pengecekan terhadap freon AC Anda. Sehingga jika freon AC benar-benar habis Anda dapat melakukan pengisian kembali atau menggantinya dengan yang baru.

Udara Tidak Segar dan Dingin

Setiap kali digunakan pasti Anda akan merasakan AC mobil terasa dingin dan sejuk. Namun berbeda jika Anda merasakan udara yang keluar dari AC mobil tidak sejuk lagi. Mungkin rasanya udara yang keluar hanya seperti hembusan kipas angin biasa. Biasanya ini tanda-tanda freon AC habis. Bila sudah habis sebaiknya freon AC segera diganti.

Kipas AC Berhenti Berputar

Tanda-tanda lainnya yang mengindikasikan freon AC habis yaitu kipas AC yang juga tidak bergerak. Sebaiknya Anda mengeceknya untuk memastikan apakah benar freon Anda habis. Karena kipas yang tidak berputar ini juga bisa terjadi karena masalah lain seperti kipasnya yang memang sudah rusak atau yang lainnya.

Periksa Sight Glass

Mungkin jika masih tidak yakin, Anda dapat melakukan pengecekan terhadap sight glass AC di mobil Anda. Karena jika memang freon AC habis, maka gelembung-gelembung udara berwarna merah muda muncul di receiver saat mesin mobil dalam keadaan menyala. Jika itu terjadi, maka segera lakukan pengisian sesegera mungkin atau Anda juga bisa menggantinya dengan yang baru.

BACA LAGI  Keuntungan Memilih Cover Mobil Urban

Sensor Pressure Switch Pada AC

Dalam sistem AC pasti sudah dilengkapi dengan pengaman yang berupa sensor pressure switch ini merupakan sensor tekanan yang berupa saklar. Sensor ini bekerja berdasarkan tekanan yang terdapat pada saluran pipa tekanan tinggi di receiver.

Sensor ini bekerja pada tekanan tertentu, jika tekanan pada freon di saluran pipa tekanan tinggi kurang dari pressure switch maka saklar tersebut tidak bisa terhubung sehingga menyebabkan kompresor AC tidak bekerja.

Fungsi Freon AC

Freon sendiri memiliki fungsi yang memberikan tekanan pada pressure switch. Sehingga jika freon mulai habis, maka tekanan yang akan dihasilkan pun menjadi lemah. Pressure switch tidak akan bekerja maksimal jika tekanan yang diterima kurang. Jika ingin mengganti atau mengisi ulang freon bisa langsung ke bengkel mobil langganan Anda.

Pengisian Ulang Freon AC

Melakukan pengisian freon sebaiknya dengan mengosongkan sisa freon terlebih dahulu dengan cara menutup katup manifold gauge kemudian dihubungkan pada selang lampu yang mengarah pada nipel tekanan tinggi. Sedangkan pada tekanan yang lebih rendah pada selang biru dan selang hijau untuk pompa vakum.

Jika sudah selesai untuk pengosongan freon ini, maka langkah selanjutnya bisa dengan membuka salah satu katup di manifold yang diteruskan sehingga dapat membuka pompa vakum. Pastikan ukuran vakum gauge berada pada angka 600 mmHg.

Setelah itu buka sisi katup yang lain agar vakum dapat bekerja dengan optimal. Lalu pastikan angka pada vacum gauge berada pada angka 750 mmHg. Pastikan sistem ini sudah bersih dari udara, uap, dan air. Biarkan pompa menyala selama sekitar 30 menit. Lalu tutup kedua katup manifold dalam keadaan pompa vakum belum dimatikan. Pastikan pula tidak ada kebocoran yang terjadi.

Demikian itulah tanda-tanda yang terjadi jika freon AC mobil habis. Maka ketahuilah ciri-ciri ini sehingga penggantian freon bisa dilakukan segera.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!