Bagi Anda penggemar atau pemilik mobil klasik yang sudah berumur puluhan tahun, maka tentu perlu cara perawatan khusus agar mobil Anda tetap prima dan nyaman dikendarai. Mobil klasik memang memiliki keunikan tersendiri dan menambah prestise pemiliknya. Meski demikian Anda perlu tahu bahwa mobil klasik memerlukan perhatian yang lebih dalam hal perawatan.

Namun jika Anda sejatinya memang penggemar mobil-mobil retro tersebut maka biaya dan urusan perawatan lainnya bukanlah hal yang besar karena memiliki mobil klasik menjadikan kebanggaan tersendiri. Oleh karena itu agar mobil tetap awet dan prima performanya, Anda wajib tahu beberapa tips perawatannya.

Tips Perawatan Mobil Klasik

Rawat bodi mobil

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Mobil tua rentan terhadap sinar matahari dan air hujan terutama untuk urusan bodi luar. Oleh sebab itu, hindarkan mobil dari sinar matahari langsung, terutama dalam jangka waktu yang cukup lama. Parkirkan di tempat yang teduh atau gunakan cover mobil saat sedang dalam kondisi parkir.

Eksterior mobil juga merupakan hal yang penting, perbaharui cat mobil dengan cat mobil yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV dan air hujan agar penampilan mobil klasik Anda semakin prima.

Sering-sering ganti oli dan servis mesin rutin.

Namanya saja mobil keluaran lama yang sudah berusia puluhan tahun, maka tips merawat mobil tua ini juga berbeda. Sebab, kinerja piston mobil tua tidak semantap mobil keluaran terbaru, oleh karena itu sering-seringlah ganti oli dengan oli yang masih gress dan berkualitas bagus.

Penggantian oli dapat memperbaiki kinerja mesin, selain itu jangan lupa juga senantiasa servis secara rutin untuk memperpanjang usia mesin mobil dan membuat performanya tetap prima. Sehingga mobil klasik kesayangan Anda tidak akan cepat turun mesin.

Periksa kabel, ring serta karet penyangga

Selain melakukan servis rutin, Anda juga wajib memeriksa kondisi komponen penting lainnya pada mobil tua Anda, seperti misalnya kabel, ring dan karet penyangga. Sebab biasanya, ketiga komponen utama mobil tersebut lebih cepat lapuk dimakan usia dan akhirnya aus dan membuat mesin mobil susah dinyalakan.

Periksa velg dan ban

Bagian kaki-kaki mobil juga tidak boleh sekali-sekali dilewatkan, kondisi ban mobil yang aus dan velg yang sudah mulai lapuk akan membahayakan Anda saat berkendara. Jika saat berkendara, Anda mulai mendengar suara-suara yang kurang mengenakkan dari kaki-kaki mobil atau sudah merasa tidak nyaman, segera periksa lalu ganti apa yang perlu diganti.

Bersihkan mobil secara rutin

Mobil tua ataupun mobil baru sama-sama perlu dibersihkan secara rutin. Debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil akan mempercepat kerusakan cat, sehingga akan mempengaruhi tampilan mobil Anda. Cuci dengan pembersih khusus mobil, bila perlu gunakan juga pengilap bodi khusus mobil (compund) untuk membuat tampilan luarnya tetap cemerlang.

Cat ulang mobil

Jika Anda merasa bodi mobil klasik Anda sudah mulai terlihat kusam dan banyak terdapat goresan dan Anda siap untuk mengeluarkan uang lebih, Anda bisa mengecat ulang mobil Anda dengan warna yang serupa dengan mobil lama Anda. Jangan lupa, untuk membeli cover mobil untuk menjaga agar catnya tetap awet dan tahan lama.

Gunakan vacuum khusus mobil

Satu atau dua minggu sekali sempatkan diri Anda untuk mem-vacuum bagian dalam mobil Anda. Selain untuk mencegah berkembangnya jamur dan bakteri berbahaya, debu dan kotoran yang menempel terlalu lama pada mobil dapat mempercepat keausan mobil klasik kesayangan Anda.

Percantik bagian interior

Cara merawat mobil tua yang terakhir adalah dengan mempercantik interior mobil sebab bagian interior tak kalah penting dengan tampilan luar mobil. Interior yang bagus dapat menambah kenyamanan dalam berkendara dan memberikan kesan menarik bagi siapa saja yang menaikinya. Untuk memperbaharui tampilan interior juga tidak harus selalu menggunakan banyak aksesoris tambahan.

Anda hanya perlu sedikit perubahan di bagian head unit dan juga jok mobil. Ganti audio system-nya dengan yang lebih baru dan beri sedikit tampilan baru pada bagian dashboard dan kemudinya. Anda juga bisa mengganti sarung jok mobil lawas dengan yang baru. Jangan lupa, lap selalu mobil klasik Anda dengan kain yang bersih dan lembut setiap hari. Itu dia tadi tips perawatan mobil klasik agar tetap nyaman dan enak dikendarai.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!