Dalam hal kenyamanan mobil khususnya kabin mobil, jok mobil merupakan komponen utama karena baik pengendara maupun penumpang akan menempati jok mobil saat berkendara menggunakan mobil. Tidak dapat dibayangkan jika di dalam sebuah mobil tidak terdapat jok mobil. Hal itu tentu akan terasa sangat aneh. Nah, jok mobil yang nyaman tentunya akan membuat perjalanan mobil akan menjadi terasa nyaman juga. Tidak hanya itu, bagi pengendara dan penumpang akan merasa betah berlama-lama di dalam kabin. Jika diperhatikan lebih dalam, keadaan jok mobil yang baik tidak hanya akan memberikan efek nyaman saat berkendara, namun juga akan memberikan efek yang membuat pengendalian terhadap mobil semakin maksimal.

Sebagai contoh mobil-mobil supercar hingga mobil balap. Pada umumnya jenis mobil-mobil seperti supercar hingga mobil balap memakai jok dengan desain khusus yang memungkinkan membuat para pengendaranya mendapatkan umpan balik secara maksimal dari jok mobil itu sendiri. Terdapat berbagai jenis jok mobil yang seperti bucket seat yang biasanya digunakan pada mobil balap. Ciri utama dari bucket seat adalah jok mobil yang sudah fix, artinya sudah tidak bisa diatur lagi. Bucket seat biasanya digunakan pada mobil dengan ciri performa tinggi. Oleh karena itu, bentruk dari jok mobil dengan jenis bucket seat lebih cenderung seperti memeluk tubuh pengemudi.

Jok mobil yang umum ada di mobil biasanya adalah jok bawaan dari pabrikan mobil tersebut. Tampilan dan kualitas jok bawaan mobil tersebut biasanya mengikuti dengan harga jual dari mobil tersebut. Semakin mahal harga mobil atau semakin tinggi kelas dari mobil tersebut, biasanya tampilan dan kualitas dari jok mobil tersebut juga akan semakin mewah dan berkualitas. Tampilan yang mewah ini didapat dari penggunaan bahan dasar pelapis jok mobil. Biasanya bahan yang digunakan adalah kulit dengan kualitas tinggi.

Namun bagi Anda yang merasa kurang puas dengan tampilan dari pelapis jok mobil bawaan, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini Anda juga dapat memiliki tampilan dan kualitas sebagus mobil mewah. Bagi Anda yang mobilnya sekelas mobil Avanza juga bisa memiliki interior mobil sekelas mobil Ferrari. Caranya sangat mudah. Pasangkan saja cover jok mobil pada jok asli mobil Anda. Cover jok mobil Avanza Anda sekejap akan berubah mirip seperti cover jok mobil Ferrari. Kini, memiliki tampilan interior mewah bukan lagi mimpi.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Dari sekian banyak bahan cover jok mobil yang beredar di pasaran, sebenarnya bahan cover jok apa saja sih yang termasuk kategori bahan cover jok mobil terbaik saat ini? Nah, berikut ini adalah 5 bahan cover jok mobil terbaik beserta penjelasan dari masing-masing bahannya.
Yuk simak baik-baik penjelasannya!

1. Bahan Cover Jok Mobil Nylon

Bahan nylon atau yang lebih dikenal dengan bahan fabric sebenarnya memiliki kelebihan yakni kekuatannya yang lebih baik dibanding bahan kulit sekalipun. Namun di sisi lain bahan nylon atau bahan fabric juga memiliki kekurangan yaitu sifat bahan cover jok mobil yang digunakan pada bahan ini adalah daya serapnya yang tinggi terutama saat terkena cairan sehingga debu juga sering mudah mengendap pada cover jok mobil. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Untuk membersihkan cover jok mobil dengan bahan nylon atau fabric ini cukup mudah, hanya terdapat beberapa langkah. Pertama, ambil lap atau kain kering untuk menyerap cairan atau noda yang terdapat pada permukaan cover jok mobil. Kedua, usapkan lap atau kain kering tersebut pada bagian yang terkena kotoran hingga tidak ada lagi noda yang menempel.

Jika Anda tidak mau repot, Anda juga bisa memakai vacuum cleaner untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel pada bahan cover jok mobil ini. Caranya tinggal sedot debu atau kotoran yang membandel tersebut. Setelah dirasa cukup, semprotkan cairan pembersih dan diamkan selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu, lap bahan cover jok tersebut menggunakan lap kering tadi. Jika kotoran yang menempel banyak, Anda juga bisa memakai sikat untuk membersihkan kotoran tersebut.

2. Bahan Cover Jok Mobil Polyester

Cover jok mobil dengan bahan polyester adalah salah satu bahan cover jok yang paling terjangkau harganya dengan kualitas yang tetap baik. Bahan cover jok polyester ini cukup popular dikarenakan kenyamanannya yang hampir setara dengan bahan cover jok mobil berbahan dasar kulit asli. Meskipun kualitasnya hampir sama dengan bahan kulit asli, namun Anda dapat mendapatkannya dengan harga yang lebih murah dibanding dengan bahan cover jok mobil berlapis kulit. Tidak perlu khawatir jika cover jok berbahan polyester Anda sampai kotor. Anda bisa langsung membersihkannya dengan cara yang mudah. Anda hanya perlu membersihkan noda pada cover jok mobil berbahan polyester ini dengan air bersabun karena bahan cover jok mobil ini memiliki sifat cepat kering.

3. Bahan Cover Jok Mobil Vinyl

Cover jok berbahan vinyl adalah dengan cover jok dengan bahan yang memiliki sifat paling mudah dibersihkan. Jika terjadi cairan yang tumpah di cover jok berbahan vinyl ini Anda tidak perlu khawatir. Tumpahan cairan dan kotoran pada bahan ini akan luntur dengan sendirinya. Jika cover jok Anda sampai kotor, Anda hanya perlu menyemprotkannya dengan cairan pembersih serbaguna lalu lap cover jok tersebut dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah itu, noda akan hilang dengan sendirinya.

4. Bahan Cover Jok Mobil Kulit Sintesis

cover jok mobil

Cover jok mobil dengan bahan kulit sintesis adalah cover jok mobil yang paling banyak digunakan. Hal ini tidak mengherankan karena bahan cover jok mobil kulit sintesis memiliki kualitas menyerupai kulit asli namun perawatannya lebih mudah dan harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan cover jok berbahan kulit asli. Cover jok berbahan kulit sintesis memiliki sifat tidak cepat kotor dan tidak akan menyerap apabila terkena air. Oleh karena itu, tidak akan terjadi kerusakan pada tekstur dari cover jok berbahan kulit sintesis ini.

5. Bahan Cover Jok Mobil Kulit Asli

Berbeda dengan cover jok berbahan non kulit asli, cover jok dengan bahan kulit asli memiliki sifat cenderung lebih mewah dan berkelas. Motif dari jenis bahan cover jok ini biasanya dibuat sedemikian rupa sehingga membuat tampilan jok mobil terlihat elegan. Namun dalam hal perawatannya cover jok dengan bahan kulit asli terbilang lebih rumit. Ibaratnya perlakuan perawatannya hampir menyerupai seperti merawat kulirt sendiri. Jika terdapat kotoran pada cover jok mobil berbahan kulit asli hal yang pertama harus Anda lakukan adalah oleskan sabun tersebut di busa yang akan menjadi media untuk membersihkan noda pada cover jok mobil Anda. Setelah itu, gosok area yang terdapat noda atau kotoran tersebut hingga noda atau kotoran tersebut hilang. Jika kotoran yang ada terlalu membandel, pakai lah sikat atau sikat gigi untuk membersihkan kotoran terbut. Usahakan sikat atau sikat gigi tersebut memiliki bulu-bulu yang sangat halus agar tidak merusak permukaan bahan kulit tersebut.


Nah, itulah 5 pilihan bahan cover jok mobil terbaik yang bisa Anda pilih untuk melapisi jok asli mobil Anda. Usahakan jangan sampai salah pilih ya, gan. Bagi Anda yang berada di kota-kota besar seperti Bandung, Jogja, Surabaya tidak hanya bisa memesan cover jok mobil di took variasi offline, namun juga bisa memesannya via online. Tinggal ketik saja pada laman google Anda “cover jok mobil Bandung”, “cover jok mobil Jogja”, atau “cover jok mobil Surabaya”. Jadi, setelah membaca dan menyimak penjelasan mengenai 5 bahan cover jok mobil tersebut, manakah yang menjadi pilihan cover jok mobil Anda?

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!