Buat agan yang memiliki mobil, BBM sudah barang tentu menjadi kebutuhan utama. Bagaimana tidak, kalau tidak BBM mobil agan ya nggak bisa jalan.. Tapi kalau mobil dipakai setiap hari, tentunya biaya yang dikeluarkan untuk BBM juga tidak sedikit. Ini membuat orang-orang berlomba-lomba mencari mobil yang irit BBM.

Lalu bagaimana caranya supaya mobil agan lebih hemat BBM? Berikut ini tips-tips yang bisa agan coba untuk menghemat kebutuhan BBM mobil agan.

#1 Injak Pedal Gas Secara Perlahan

 injak pedal gas

source: newsmedia

Kenapa harus menginjak secara perlahan? Karena semakin besar terbukanya katup gas, bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar yang semakin banyak. Jadi kalau agan menginjak gasnya terlalu cepat, konsumsi bahan bakar mobil agan akan semakin banyak. Injak atau tarik pedal gas dengan stabil dan lembut.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

#2 Stabilkan Kecepatan Mobil Agan

speedometer

source: purnimameter

Bagaimana caranya mengatur kecepatan mobil agar selalu stabil? Oke, misal agan sedang berada di jalan perkotaan, aturlah kecepatan mobil agar stabil di kisaran 40-60 km/jam. Sedangkan, jika mobil agan sedang berada di jalan bebas hambatan, cobalah untuk melaju di kecepatan maksimal 80 km/jam. Kalau agan mau melakukan deselerasi, turunkan gear saat putaran mesin berada di posisi rendah karena jia agan menurunkan gear saat posisi putaran mesin terlalu tinggi akan membuat konsumsi bahan bakar semakin tinggi.

#3 Matikan Mesin Mobil Saat Terjebak di Kemacetan Yang Panjang  

 matikan mesin saat macet

source: solo tribun

 

Ternyata, selain membuat waktu terbuang macet juga bisa membuat mobil jadi boros bahan bakar. Hal ini tak jarang jadi momen yang menjengkelkan. Tipsnya agar mobil lebih hemat BBM adalah dengan mematikan mesin mobil saat sedang mengalami kemacetan yang panjang.

#4 Hati-hati Saat Berada di Jalan

 

hati hati saat mengemudi mobil

source: autos

Perubahan kecepatan secara tiba-tiba kadang seringkali terjadi saat mobil sedang melaju di jalan. Hal ini juga ternyata mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Maka dari itu, selalu berhati-hatilah dan selalu waspada saat berkendara di jalan. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengerem mendadak, dll.

#5 Jaga Intensitas Injakan Rem

menginjak rem

source: bukahalaman

Intensitas penggunaan rem yang tidak benar bisa menyebabkan mobil jadi boros bahan bakar. Usahakan jangan menekan rem secara terus-menerus, kecuali memang keadaannya darurat seperti tiba-tiba muncul mobil di depan mobil agan. Oh iya, hindari penggunaan mobil yang stop and go karena dapat membuat mobil lebih boros bahan bakar.

Nah, itu tadi 5 tips yang bisa dilakukan agar mobil lebih hemat BBM. Gampang ya gan..? Sebenernya kuncinya satu. Selalu kemudikan mobil agan dengan cara yang baik dan tepat sehingga konsumsi bahan bakar tetap dalam batas normal dan performa mesin mobil tetap terjaga dengan baik.

 

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!