fbpx

Sudah bukan rahasia lagi, Toyota Avanza menjadi salah satu mobil keluaran Toyota yang paling laris sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2003 lalu. Harganya yang terjangkau dan ukurannya yang mampu menampung penumpang dalam jumlah banyak membuat mobil Toyota Avanza semakin diminati. Saat ini, tak sulit menemukan Toyota Avanza baik yang baru maupun yang second atau bekas. Namun saat ingin membeli mobil bekas ada baiknya untuk lebih berhati-hati sebelum membelinya. Nah, berikut ada 4 tips yang patut untuk dilakukan sebelum membeli mobil Toyota Avanza bekas.    

 

  1. Cek usia kendaraan

Saat ingin membeli mobil Toyota Avanza bekas dan ternyata keluaran di bawah tahun 2012, waspada penggunaan dan kinerja mesin kendaraan tersebut.

 

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

a. Cek fisik kendaraan

Saat ingin membeli mobil bekas, lakukan beberapa pengecekan terhadap kendaraan tersebut, diantaranya

b. Lampu-lampu

   Cek semua kondisi lampu yang terdapat pada seluruh bodi mobil. Lakukan pengecekan lampu mulai dari bagian depan dan bagian belakang. Pastikan seluruh lampu dalam kondisi menyala dengan baik.

c. Busi

    Cek kondisi busi dari mobil Toyota Avanza tersebut. Biasanya semakin lama usia sebuah kendaraan, maka busi juga akan semakin melemah. Akibatnya BBM jadi lebih boros dan mesin mudah tersendat.

d. Rem

   Perhatikan dan cek bagaimana kondisi rem. Pastikan rem tidak berbunyi ketika dilakukan secara terus menerus. Jika tidak, maka periksa kendaraan tersebut secara lebih mendalam.  

e. Aki            

   Untuk mengecek kondisi aki, siapkan beberapa alat khusus. Tapi Anda dapat menilainya dengan mengamati tingginya cairan, memperhatikan sel-sel yang ada (apakah sudah melengkung atau tidak), apakah ada korosi pada terminal aki, cek kabel positif negatif, dan hal lainnya

f. Sok breker

   Pastikan sok breker dalam kondisi baik, karena ini adalah salah satu bagian yang penting dalam keselamatan berkendara. Apabila sok breker ini sudah lemah, maka hal ini akan berimbas pada usia ban. Sok breker ini dapat Anda cek, dengan melihat apakah ada lelehan oli pada sekitar sok breker atau bahkan dudukan sok breker berkarat

g. Knalpot

   Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa knalpot yang hendak Anda beli, tidak mengalami kebocoran pada bagian exhaust, muffler, pipa dan manifold. Disini Anda juga perlu memperhatikan bagaimana suara yang dihasilkan, apakah normal atau tidak

h. Filter

    Ada 3 macam filter yang dapat ada perhatikan ketika membeli mobil Toyota avanza, mulai dari filter udara, oli dan bahan bakar.

i. Belt

   Pastikan belt dalam kondisi baik, jika tidak, biasanya akan menimbulkan suara yang keras. Selain itu belt yang kendur sedikit banyak mempengaruhi AC, power steering, dan juga alternator.

j. Ban

  Cek juga bagian ban. Ban yang gundul, tentunya sangat beresiko pada saat digunakan

2. Interior mobil

  Pastikan kondisi toyota avanza interior mobil dalam kondisi baik, mulai dari busa pada kursi penumpang, kulit penutup jok kursi yang masih terpasang rapi, warna interior yang masih baik, seat belt, dan hal lainnya, pastikan semua terawat dengan baik. Untuk jok mobil sendiri, lakukan perawatan ekstra karena jok mobil sejatinya adalah kunci utama dari sebuah interior mobil. Jok mobil yang terawat akan membuat penumpangnya nyaman dan betah berlama-lama dalam perjalanan mobil. Nah, untuk membuat jok mobil awet tahan lebih lama bahkan dalam waktu 5 tahun lebih pasanglah cover jok terbaik. Cover super adalah produsen cover motor terbaik, cover mobil terbaik, dan cover jok terbaik yang sudah terpercaya di Indonesia. 

3. Lakukan test drive

Saat ingin membeli mobil Toyota Avanza bekas, ada baiknya lakukan test drive. Dengan melakukan test drive, Anda akan merasakan sendiri bagaimana kinerja mesin dan berbagai fitur kendaraan lainnya seperti rem, setir mobil, dan lainnya. Selain test drive di jalan yang rata, usahakan juga lakukan test drive di jalan yang berkelok-kelok dan tidak rata. Dengan begitu, Anda akan bisa merasakan bagaimana kekuatan mobil Toyota Avanza tersebut.  

4. Harga  

Saat ingin membeli mobil Toyota Avanza bekas, usahakan jangan langsung tergiur dengan harga yang sangat murah. Bisa jadi harga yang murah tersebut dikarenakan kondisi mobil yang tidak baik atau cukup parah.

Nah, itulah 4 hal yang patut untuk Anda perhatikan sebelum menyesal karena membeli mobil Toyota Avanza bekas yang salah. Lebih baik tau di depan daripada menyesal di belakang. Selamat mencari Toyota Avanza terbaik Anda!   

BACA LAGI  Pro dan Kontra Mengenai Body Cover Mobil yang Ada Saat Ini