Komponen mobil menjadi bagian penting dari sebuah mobil untuk bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu penting sekali Anda untuk bisa mempertimbangkan kesehatan dari segala jenis komponen yang ada di dalam mobil. Demi kebaikan mobil, ada baiknya jika juga membawa serta cover mobil jika sewaktu-waktu mobil butuh perlindungan.

Tak hanya perjalanan di jarak dekat semata, namun mobil juga kerapkali diajak untuk melakukan perjalanan yang jauh. Jika demikian, maka kondisi mobil juga harus dipastikan prima sehingga meski perjalanan jauh tapi pengendara tetap nyaman. Mesin mobil juga menjadi faktor besar yang mempengaruhi keseluruhan pengendara di dalam mobil.

Jika dalam waktu dekat Anda akan melakukan perjalanan yang jauh, maka pastikan cek kondisi mobil terlebih dahulu secara keseluruhan. Komponen pada mobil semuanya juga harus dicek dengan benar sehingga selama perjalanan tidak akan ada masalah yang terjadi. Berikut ini beberapa bagian mobil yang wajib untuk dicek.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Komponen Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Perjalanan Jauh

Semua jenis oli mobil

Oli merupakan pelumas untuk mobil. Di dalam mobil, tak hanya ada satu jenis oli saja melainkan ada beberapa jenis mulai dari oli mesin, oli gardan hingga oli mesin. Semua jenis oli tersebut memiliki fungsinya masing-masing dimana memberikan manfaat untuk kurangi gesekan yang bisa terjadi antara komponen di dalam mesin mobil.

Pastikan lakukan pengecekan dan kontrol semua jenis oli tersebut. Ada baiknya jika Anda bisa mengganti semua olinya sebelum lakukan perjalanan jauh sehingga bisa lebih mengantisipasi hal yang tak diinginkan mengingat kondisi perjalanan kerapkali tidak terduga.

Sistem listrik dan aki

Sistem kelistrikan yang ada di dalam mobil menjadi hal penting yang juga wajib untuk dicek. Sistem kelistrikan ini butuh dicek sehingga bisa mengetahui besar atau kecilnya arus masuk dan kemungkinan terjadinya kebocoran arus sehingga menjadikan aki tidak bisa menyimpan listrik. Air aki pun tidak boleh luput saat pengecekan mengingat bisa merusak komponen pada mobil lain jika ada kerusakan di bagian ini.

Filter udara

Bagian mobil yang satu ini kerapkali terlupakan ketika pengecekan. Bagian filter udara wajib dicek karena akan mempengaruhi tarikan mesin, pemborosan bahan bakar, suara yang keluar dari mesin mobil menjadi kasar, sampai mobil yang kemungkinan ngadat. Filter udara harus dipastikan bersih sehingga untuk perjalanan jauh bisa dipastikan keamanannya.

Kondisi ban mobil

Ban mobil memiliki fungsi yang amat vital. Ban adalah bagian mobil yang langsung bersentuhan dengan medan jalanan. Fungsinya adalah sebagai penahan beban yang menopang kendaraan, peredam kejut, penerus tenaga mesin dan masih banyak lagi. Mengingat betapa vitalnya fungsi yang ada pada ban mobil, maka tentunya Anda harus memperhatikan benar kondisi ban mobil ini.

Tak hanya bagian luar dari ban, namun tekanan udara yang ada di ban mobil juga amat penting untuk diperhatikan. Dengan tekanan udara yang pas, maka selain ban tak akan mudah habis tekanan udaranya, kondisi ban pecah tiba-tiba di tengah perjalanan juga mampu diminimalisir. Manfaat lain adalah dengan sistem pengereman yang baik serta hemat bahan bakar karena mobil berjalan lancar.

Air radiator

Perlu diketahui jika air radiator memiliki peran yang penting dalam sistem pendinginan mobil. Fungsinya adalah untuk menjaga suhu sehingga mesin tetap bisa stabil ketika kondisi berjalan. Jika air radiator kurang, maka mesin mobil akan menjadi cepat sekali panas atau bahkan overheat sehingga komponen lainnya bisa rusak dan tidak stabil.

Minyak rem dan kopling

Salah satu perangkat yang amat vital pada kendaraan adalah rem, termasuk juga untuk mobil. Melihat betapa pentingnya peran rem, maka pengawasan yang ekstra untuk kinerja rem juga harus benar-benar diperhatikan. Minyak rem harus diperiksa lebih dulu sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Jika minyak rem kotor atau mungkin berkurang, maka bisa menjadikan kinerja hingga fungsi remnya menurun.

Tidak hanya minyak rem saja, minyak kopling pun tak boleh diabaikan lantaran jika minyak koplingnya bocor, maka mobil tidak akan mempunyai tekanan cukup. Tekanan ini dibutuhkan demi mengaplikasikan komponen mobil berupa kopling hingga pindah gigi transmisi.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!