Pada dasarnya, tidak ada pemilik mobil yang mau memiliki door trim mobil dengan tampilan yang jelek, apalagi sampai bulukan. Apapun bahan pelapis door trim mobil Anda, baik itu vynil, kulit, maupun kain, ketiganya akan berisiko terpapar baret atau kotoran menjijikkan. Anda pasti ogah kan kalau door trim mobil Anda menjadi sarang dari para kuman?

Baret bisa datang dari tergoresnya door trim mobil dengan benda tajam nan keras, sedangkan kotoran menghampiri lewat bekas makanan atau minuman Anda di mobil. Namun tenang, Anda bisa senantiasa mendapatkan tampilan door trim mobil yang sempurna asalkan mengikuti cara perawatannya yang berikut ini.

Cara Merawat Door Trim Mobil yang Perlu Anda Tahu

Memilih Pelapis Door Trim Mobil yang Tepat

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Pelapis door trim mempunyai fungsi utama untuk memproteksi door trim dari segala kerusakan dan kotoran. Prinsip memilih pelapis door trim yang tepat ibarat memilih body cover mobil sebab fungsi keduanya terbilang hampir sama. Pastikan pelapis door trim benar-benar melapisi door trim secara menyeluruh. Artinya, Ia tidak renggang, pas, dan punya pengaman seperti kancing yang tak kendur.

Nantinya, dalam urusan pembersihan, vacuum cleaner menjadi alat penyedot kotoran yang paling jitu nan mutakhir. Vacuum cleaner pun dapat digunakan baik untuk pelapis door trim mobil bahan vynil, kain, maupun kulit. Pembersihan menggunakan vacuum cleaner adalah langkah pertama sebelum langkah pembersihan khusus sesuai jenis pelapis door trim mobil.

Perawatan Door Trim Mobil dengan Pelapis Vynil

Door trim mobil dengan lapisan vynil akan kerap dijumpai pada produk mobil seperti Toyota Agya. Setelah dibersihkan dengan vacuum cleaner, selanjutnya semprot lapisan dengan cairan pembersih khusus vinyl dan usap dengan kain lembut. Bila ada kotoran yang sulit dihilangkan, sikat bulu nilon dan semprotan pembersih khusus adalah solusinya.

Pokoknya, jauhi pemakaian bahan kimia keras seperti pemutih yang dapat memudarkan warna serta merusak lapisan permukaan door trim. Tujuan pemakaian alat pembersih yang lembut pun agar permukaan door trim tidak tergores dan menimbulkan lubang atau baret.

Perawatan Door Trim Mobil dengan Pelapis Kulit

Kabar gembira untuk Anda pemilik door trim dengan lapisan kulit. Pasalnya, door trim dengan jenis lapisan ini adalah yang paling gampang untuk dibersihkan. Tipe lapisan door trim yang umumnya ada pada Toyota Alphard ini cuma butuh kain katun dan cairan pembersih kulit untuk proses pembersihannya. Frekuensi pembersihannya pun hanya perlu dilakukan setidaknya dua kali dalam setahun.

Yang terpenting, kala membersihkan gunakan trik gerakan memutar pada area lapisan door trim yang kotor. Setelahnya, tunggu beberapa menit baru digosok dengan kain katun. Trik ini dapat diulang beberapa kali jika noda masih tak kunjung hilang jua. Untuk hasil maksimal, Anda bisa memberi perawatan conditioner khusus kulit agar penampilan door trim semakin lembut nan mengkilat.

Perawatan Door Trim Mobil dengan Pelapis Kain

Mobil seperti Toyota Avanza sangatlah akrab dengan door trim yang dilapisi oleh bahan kain. Sayangnya, bahan kain dikenal sebagai bahan yang paling cepat kotor karena mudah sekali terpapar serangan debu dan kotoran. Untuk cara membersihkannya, triknya identik dengan cara membersihkan door trim dengan pelapis vynil: memakai alat dan cairan pembersih yang lembut nan khusus.

Alat yang digunakan tetap berupa kain serat halus dan sikat nilon lembut. Sedangkan cairan pembersihnya tetap tidak boleh yang mengandung bahan kimia keras karena dapat membuat serat kain rusak.

Merawat door trim mobil sejatinya tidak membutuhkan biaya yang selangit. Yang lebih dibutuhkan sebenarnya adalah niat Anda untuk selalu rajin membersihkan lapisan door trim mobil sesuai dengan jenisnya. Toh waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan juga tidak lama.

Apalagi Anda juga tak perlu khawatir dengan kebersihan door trim bagian luar kala diparkirkan di dalam maupun di luar garasi dalam waktu lama. Sebab, Ia bisa dilindungi menggunakan bantuan cover mobil. Jadi, jangan lupa untuk senantiasa meluangkan sedikit waktu untuk membersihkan lapisan door trim mobil Anda ya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!