Toyota Avanza merupakan mobil dari Toyota yang menjadi salah satu jenis mobil keluarga. Mobil ini memiliki desain yang modern dan ukuran kabin yang luas, sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berada di dalamnya. Bagi Anda yang hendak membeli mobil keluarga yang nyaman, maka Toyota Avanza merupakan rekomendasi yang tepat.

Toyota Avanza sendiri diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu. Dalam perkembangan mobil sejuta umat ini telah mengalami berbagai macam perubahan, mulai dari interior, mesin, dan eksteriornya. Mobil ini merupakan jenis mobil yang perawatannya cukup mudah, sehingga Anda tidak akan direpotkan. Berikut ini perawatan standar mobil Toyota Avanza segala usia yang perlu Anda lakukan.

#1 Perawatan mesin

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Perawatan mesin merupakan hal penting yang harus diperhatikan dengan cermat agar performa mobil tetap gahar. Ada beberapa cara perawatan mesin yang bisa Anda lakukan.

– Memanaskan mesin mobil 5-10 menit sebelum digunakan untuk melakukan perjalanan. Tujuannya adalah agar oli mesin mampu bekerja dengan optimal sampai ke celah mesin paling kecil. Jika Anda memiliki mobil yang jarang digunakan maka proses memanaskan mesin bisa dilakukan dua kali sehari.

– Melakukan penggantian oli mesin dengan teratur serta gunakanlah oli mesin yang berkualitas. Seperti yang telah diketahui bahwa oli menentukan umur mesin kendaraan. Dengan menggunakan oli yang berkualitas maka umur mesin kendaraan akan lebih panjang.

Membersihkan filter udara secara rutin, jangan sampai terjadi gumpalan kotoran pada saringan udara. Kotoran yang menggumpal pada saringan udara menyebabkan performa mesin berkurang. Bahkan jika ada kotoran yang masuk ke mesin akan menyebabkan kerusakan.

– Untuk menjaga performa mobil Toyota Avanza agar tetap bagus, Anda juga harus memperhatikan kondisi aki. Aki merupakan bagian dari mobil yang tidak boleh disepelekan. Dengan aki yang bagus maka kinerja mobil juga lebih bagus.

#2 Perawatan Eksterior

Setelah melakukan perawatan pada bagian mesin dengan rutin, Anda juga perlu melakukan perawatan pada eksterior mobil. Bagian luar mobil yang bersih sangat dianjurkan agar cat pada bodi mobil tidak cepat pudar dan buram. Permukaan mobil yang mengkilap tentu saja akan menjadikan mobil terlihat menawan saat dilihat.

BACA LAGI  Waspadai 4 Ciri Cover Mobil Anti Air yang Berbahaya

Cara perawatan pada bodi mobil bisa Anda lakukan dengan mencuci mobil jika terlihat kotor dan terkena hujan. Kotoran yang menempel pada bodi mobil yang dibiarkan terus menerus akan merusak warna cat mobil. Air hujan juga memberikan efek yang tidak baik untuk kondisi cat mobil.

Apabila mobil dalam kondisi yang tidak terlalu kotor Anda bisa membersihkannya dengan air saja. Namun, jika kondisinya kotor harus menggunakan sampo khusus mobil yang berkualitas. Selain menjaga kebersihan bodi mobil, Anda juga bisa menggunakan cover mobil saat memarkir di area panas dan terbuka. Pastikan menggunakan cover mobil yang berkualitas agar tidak merusak cat mobil.

Selain melakukan perawatan pada cat bodi mobil, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan lampu utama. Lampu utama yang dijaga kebersihannya membuat kaca lampu tidak cepat buram, sehingga cahaya yang dipancarkan juga tetap terang.

#3 Perawatan Interior

Cara merawat mobil Toyota Avanza yang berikutnya adalah melakukan perawatan pada bagian interior. Anda harus memperhatikan kebersihan interior agar saat mengemudi terasa nyaman. Di dalam mobil harus tercipta suasana yang bersih dan asri agar saat melakukan perjalanan yang cukup jauh tidak membuat jenuh.

Perawatan interior ini harus dilakukan oleh pemiliknya dengan rutin. Terkadang banyak orang yang kurang menghiraukan kebersihan interior mobil, akibatnya mobil terasa sesak dan tidak nyaman saat digunakan untuk perjalanan.

#4 Melakukan pergantian secara berkala

Bagi Anda pemilik mobil Toyota Avanza, ada beberapa komponen yang perlu mengalami pergantian rutin secara berkala, seperti oli mesin, sistem bahan bakar, setelah menempuh 1.000 km setiap bulan, timing belt, saringan oli mesin, pendingin mesin, sistem pengapian, oli transmisi manual, oli roda gigi, minyak rem mobil, dan saringan bahan bakar.

Sedangkan untuk baterai Anda bisa memastikan bahwa cairan asam pada aki masih ada. Bagi pemilik aki basah harus lebih teliti daripada aki kering, jangan sampai kehabisan air aki.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!