fbpx

Perawatan untuk mobil sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan tidak harus dilakukan di salon. Anda bisa menyediakan body cover mobil dan juga merawat kaca mobil Anda sendiri. Terlebih lagi perawatan kaca mobil sangat penting dilakukan agar penglihatan saat mengemudi menjadi semakin jelas.

Beberapa Panduan dalam Merawat Kaca Mobil

Menghindari Goresan di Kaca Film

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Kaca film pada umumnya dimanfaatkan para pemilik mobil untuk melapisi bagian dalam kaca supaya tidak tergores. Cara tersebut memang cukup efektif untuk mencegah benda langsung menggores kaca, akan tetapi bukan berarti kaca film tidak bisa tergores sama sekali.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk tetap hati-hati dan juga cermat saat akan memasukkan benda apapun ke dalam mobil Anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari goresan sekecil apapun yang kemungkinan dapat merusak kaca film ataupun mengganggu penglihatan Anda.

Rutin Memeriksa Kondisi Karet Wiper

Goresan yang ada di kaca salah satunya bisa disebabkan karena gerakan dari wiper. Kondisi yang menyebabkan goresan khususnya adalah saat karetnya mengeras. Oleh karena itu, cukup penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi karet wiper secara rutin.

Untuk memeriksa karet wiper ini caranya sendiri cukup mudah yaitu Anda hanya perlu menggerakkan karet wiper untuk mengetahui dan menguji kelenturannya. Apabila karet wiper dirasa sudah keras, maka segeralah menggantinya dengan yang baru. Karet ini pada umumnya diganti paling lambat satu tahun sekali untuk mencegah timbulnya goresan permanen pada kaca.

Rajin Menjaga Kebersihan Kaca

Dengan bidang luas yang dimiliki kaca ini menjadikannya mudah sekali untuk terkena kotoran, baik itu debu yang menempel, air hujan, bahkan juga cipratan air dari kendaraan lain yang berpotensi meninggalkan noda. Apabila menemukan noda di kaca Anda sesegera mungkin bersihkan entah noda itu hanya sedikit ataupun sekecil apapun.

Noda yang dibiarkan terlalu lama menempel di kaca mobil hanya akan membuatnya semakin sulit untuk dibersihkan. Ada beberapa noda yang cukup sulit dihilangkan. Misalnya saja yaitu berupa noda karena kotoran hewan atau dari getah pohon.

BACA LAGI  Macam-macam Bahan Cover Mobil Mobilio

Saat Anda akan membersihkan noda tersebut, Anda perlu tahu cara yang tepat untuk membersihkannya. Sebelumnya Anda perlu menyiapkan lap atau kain yang basah untuk bisa membersihkan noda ini. Dengan mengelap menggunakan lap atau kain basah tersebut, noda yang ada bisa hilang seluruhnya tanpa meninggalkan goresan sedikitpun.

Memperhatikan Lap yang Akan Digunakan untuk Membersihkan Kaca

Dalam membersihkan kaca, kondisi lap yang akan digunakan juga cukup berpengaruh pada perawatan kaca mobil agar tetap terlihat mengilap. Untuk mencegah timbulnya goresan pada kaca, Anda bisa menggunakan lap atau kain yang berbahan lembut dan juga lap atau kain tersebut dalam keadaan yang bersih.

Membersihkan kaca dengan menggunakan lap atau kain yang kasar hanya akan menimbulkan goresan. Goresan tersebut ditimbulkan dari adanya serat-serta pada lap. Sementara jika Anda menggunakan lap atau kain yang kotor bisa menyebabkan debu yang menempel di lap menjadi biang dari goresan pada kaca.

Selain memperhatikan lap yang akan digunakan untuk membersihkan kaca, Anda juga perlu menyiapkan dua ember air saat akan membersihkan kaca mobil Anda. Dua ember ini digunakan untuk mencuci kaca mobil dan untuk membilas lap atau kain yang dipakai. Dengan menggunakan dua ember, Anda akan lebih mudah membedakan mana yang untuk lap dan untuk kaca mobil.

Segera Keringkan Kaca Apabila Basah

Jamur biasanya akan mudah timbul pada kaca yang basah, entah basah karena air hujan ataupun karena sehabis dicuci. Oleh karena itu Anda harus rajin dan siap untuk selalu mengeringkan kaca mobil sesegera mungkin saat terlihat masih basah. Jika kaca mobil sudah terlanjur berjamur, yang bisa Anda lakukan adalah memoles bagian yang berjamur menggunakan cairan pembersih kaca khusus.

Penggunaan cairan pembersih kaca khusus ini memang akan cukup memuaskan hasilnya. Meskipun begitu, penggunaan yang terlalu sering bisa menyebabkan lapisan permukaan kaca semakin menipis. Oleh karena itu, sebaiknya sebisa mungkin hal ini dapat dihindari.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!