fbpx

Penutup mobil merupakan salah satu aksesoris mobil yang sangat bermanfaat bagi pemilik mobil yang gunanya adalah untuk melindungi kendaraan mereka dari goresan dan baret yang dapat merusak cat mobil. Cover mobil anti air misalnya sangat penting untuk digunakan jika Anda memang lebih sering memarkirkan kendaraan Anda di luar ruangan atau saat Anda pergi traveling.

Memilih penutup mobil yang tepat merupakan cara termudah untuk merawat mobil Anda agar tetap kinclong dan selalu tampak sempurna setiap saat. Namun, sama dengan mobil itu sendiri, penutup mobil juga membutuhkan perawatan. Tujuannya tentu saja adalah agar membuatnya tetap awet serta dapat maksimal melindungi mobil Anda.

Salah satu cara merawat cover bodi mobil adalah dengan membersihkannya dengan baik dan benar, berikut juga cara pemakaian serta pemasangannya yang tepat. Kadang para pemilik mobil cenderung lebih fokus memperhatikan perawatan mobil itu sendiri, padahal cover bodi mobil bisa jadi bukan barang yang murah dan masa pakainya sangat bergantung pada perawatannya.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cara Merawat Cover Mobil Anti Air dengan Benar Agar Tetap Awet

Bersihkan dengan lembut

Setelah selesai pemakaian, cover bodi mobil anti air sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan spons pencuci piring yang lembut atau dengan kanebo jika cover dalam keadaan basah. Sedangkan jika penutup mobil hanya berdebu, maka cukup gunakan kemoceng bulu saja. Tujuannya adalah agar cover bodi mobil tidak cepat robek.

Hindari menyikat cover mobil anti air dengan sikat dan benda kasar lainnya agar tidak merusak lapisan luar (coating) pada cover.

Jemur atau keringkan dengan benar sebelum dipakai kembali

Banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menggunakan cover bodi mobil. Karena terburu-buru hendak memakainya, banyak orang yang mengabaikan kondisi cover. Apakah sudah benar-benar kering atau masih ada bagian yang basah atau lembab, karena air hujan misalnya.

Sarung mobil yang masih basah atau lembab dapat menimbulkan permasalahan bagi mobil Anda. Biasanya, sarung bantal yang lembab dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur sehingga nantinya akan meninggalkan bercak pada kaca atau bodi mobil. Jadi setelah dipakai atau dicuci, cover mobil hendaknya dijemur pada udara yang kering.

BACA LAGI  Macam-macam Bahan Cover Mobil Mobilio

Tidak perlu harus di bawah sinar matahari kecuali jika sarung mobil benar-benar dalam keadaan basah.

Tidak perlu dicuci

Untuk jenis cover mobil anti air, sebaiknya tidak perlu dicuci, apalagi jika memakai sabun atau deterjen. Sebab hal ini dapat melemahkan daya tahan pelapis (coating) cover mobil. Jika terkena air hujan, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiramnya dengan air bersih, kemudian mengelapnya dengan menggunakan spons atau kanebo.

Pencucian dengan menggunakan air dan deterjen justru akan mengurangi daya tahan water resistant cover mobil sehingga air masih tetap menempel pada sarung mobil. Cucilah cover mobil hanya saat benar-benar kotor saja.

Lipat dan simpan cover mobil

Jika dalam keadaan tidak terpakai atau akan disimpan dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda mengetahui cara melipat cover mobil dengan benar. Cara melipat cover mobil dengan benar adalah dengan menarik cover dari bagian depan ke bagian belakang dengan sedikit sentakan halus, tujuannya adalah agar meminimalisir gesekan penutup pada cat mobil.

Setelah berhasil diambil dari permukaan bodi mobil, lipat cover mobil anti air dengan rapi. Pastikan sudah dalam keadaan bersih dan tidak lembab. Setelah itu simpan kembali pada wadahnya atau pada rak tertutup. Tujuannya agar tidak terkena kotoran dan jadi sarang serangga.

Pilih bahan yang berkualitas

Baik cover mobil anti air atau bukan, memilih penutup mobil  yang awet ditentukan dari bahan dari penutup mobil itu sendiri. Pilihlah merk cover mobil yang sudah teruji ketahanannya dan gunakan dengan cara yang benar pula. Biasanya, cover mobil memiliki daya tahan hingga 2 tahun pada pemakaian dalam ruangan dan 1 tahun pada pemakaian outdoor.

Itu dia tadi tips-tips ampuh untuk merawat cover bodi mobil milik Anda. Anda harus ingat, bahwa hal ini harus Anda lakukan dengan rutin jika Anda ingin cover mobil Anda tetap awet.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!