fbpx

Cover mobil yang bagus harus mampu melindungi kendaraan dari segala kemungkinan kerusakan, terutama pada bagian permukaan. Selain memberikan perlindungan terhadap ketahanan warna cat mobil, cover mobil juga dapat memberikan kesan menarik pada kendaraan Anda.

Sebelum memilih cover mobil Anda harus mengenali bahan baku, yang disesuaikan dengan penggunaannya outdoor atau indoor. Bahan baku yang baik mampu mereduksi terpaparnya mobil dari sinar matahari dan air hujan yang dapat menimbulkan flek atau karat pada permukaan cat mobil.

Berikut panduan memilih cover mobil

Kenali Komposisi Lapisan Cover Mobil Yang Bagus

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Lapisan pertama atau bagian terluar berguna untuk menahan terpaparnya mobil dari sinar matahari dan terpaan air hujan. Lapisan kedua ialah lapisan berpori yang berguna sebagai media bernafas untuk menghindari embun ketika terjadi penguapan udara.

Lapisan ketiga sebagai penguat dan pelindung komposisi lainnya.  Dan lapisan keempat atau lapisan terdalam yang berbahan dasar lembut berguna untuk meminimalisir terjadinya gesekan dan lecet ketika bodi cover di pasang atau di lepas.

Berikut jenis-jenis bahan cover mobil

Bahan Taslan

Bahan ini populer dan sering digunakan untuk membuat jaket karena sifatnya yang waterproof atau anti air. Sekilas bahan ini mirip dengan bahan parasut tetapi jenis ini lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibanding parasut. Bahan ini terbuat dari serat sintesis yaitu poliester.

Diproses dengan kualitas yang bagus sehingga menghasilkan kain dengan kerapatan yang sangat rapat. Bahan taslan memiliki berbagai jenis yaitu jarum, semprot, balon, parasut. Bahan unggulan adalah jenis parasut karena memiliki windproof 95% yang cocok digunakan untuk outdoor.

Bahan puma

Sejenis bahan taslan tetapi karakteristik bahan yang lebih tebal kuat dan memiliki dan ketahanan air yang lebih bagus, air akan menggenang diatas cover mobil. Selain memiliki lapisan lilin dengan efek daun talas pada bagian luatrnya bagian dalam dilengkapi dengan coating tebal anti air.

Bahan Poliester

Atau lebih dikenal dengan waterproof memiliki daya tahan yang kuat terhadap terpaan air hujan dan sinar matahari. Selain itu bahan ini tidak mudah pudar atau rusak sehingga sangat cocok terhadap cuaca apapun. Umumnya digunakan untuk outdoor.

Bahan Milky

BACA LAGI  Cara Mengecek Kondisi Ban Mobil Yang Aman dan Tidak Aman

Bahan ini dilengkapi dengan coating anti gores dan anti bocor. Dapat terlihat ketika air mengenai bahan ini, sehingga menimbulkan efek daun talas atau anti air. Jenis bahan ini lebih kuat dan tebal dari jenis bahan lainnya.

Bahan nolan

Bahan dasar coating anti air, sintesis karet yang lembut dan lentur saat ditarik. Meskipun bagian luar tidak memiliki lapisan lilin dengan efek daun talas akan tetapi bahan ini anti air karena coating karet bagian dalamnya cukup bagus sehingga dapat digunakan untuk outdoor.

Tips Memilih Cover Mobil Yang Bagus

Hindari Cover Mobil Dengan Bahan 100% Sintetis

Penggunaan dengan bahan 100% sintetis dapat menjadikan bodi mobil bagian luar terlihat ada gesekan-gesekan. Hal ini dikarenakan kontak langsung dari kain dengan permukaan cat pada mobil. Biasanya akan terlihat pola gesekan sarang laba-laba pada bodinya. Maka sebaiknya hindarilah cover mobil yang berbahan dasar 100 % sintesis.

Memilih Cover Mobil Outdoor

Cover mobil yang bagus untuk outdoor bertekstur yang licin, pori-porinya tertutup dan anti air memberikan efek seperti air didaun talas. Biasanya bahannya terbuat dari poliester, parasut dan plastik. Tentunya bahan ini harus lebih kuat dan lebih melindungi, sehingga dilengkapi dengan banyak lapisan.

Cover Mobil Indoor

Diperuntukkan untuk lingkungan yang lebih bersahabat contohnya mobil dalam garasi atau pada carport yang memiliki atap. Meskipun terhindar dari terpaan hujan dan paparan sinar matahari, tetapi mobil belum terhindar dari debu yang memungkinkan menempel dan dapat merusak cat mobil Anda.

Karena lingkungannya lebih bersahabat sehingga bahan yang digunakan tidak terlalu membutuhkan perlindungan yang ekstra seperti outdoor. Biasanya bahan cover mobil yang bagus untuk indoor memiliki lapisan pori dengan sirkulasi udara yang lancar, bahan lembut. Menggunakan bahan dari satin velvet.

Kenalilah bahan dasar cover mobil dan tujuan penggunaanya, sehingga Anda lebih mudah untuk memilih cover mobil yang bagus dan sesuai untuk mobil Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!