fbpx

Mencuci mobil sendiri merupakan kegiatan yang jarang dilakukan orang. Padahal kegiatan itu sangan menyenangkan, selain menghemat uang juga bisa sebagai aktivitas olahraga. Bagi yang ingin mobilnya selalu mulus pastinya selalu membersihkan mobilnya setiap waktu, terlebih sehabis terkena guyuran air hujan. Seperti kita tahu, air hujan mengandung asam yang dapat merusak cat mobil.

Debu juga merupakan masalah yang sering menyebabkan tampilan mobil dan bisa saja kotoran debu tersebut menempel dan susah hilang jika tidak segera dibersihkan. Oleh karena itu, mungkin sebagian dari Anda harus terpaksa mencuci mobil sendiri di rumah.

Seringkali terdapat kesalahan saat mencuci kendaraan yang justru dapat merusaknya. Sebaiknya cara pencucian yang tepat harus diterapkan agar Namun, bagi Anda yang melakukannya sendiri di rumah sebaiknya juga memahami cara-cara sederhana berikut ini yang bisa Anda coba di rumah.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Tips Cuci Mobil Sendiri di Rumah

Teknik Membersihkan Mobil dengan Air

Setiap bagian dari mobil memiliki cara tersendiri dalam melakukan penyemprotan pada saat mencucinya. Untuk bagian bodi mobil sebaiknya jangan menggunakan tekanan yang tinggi saat menyemprotnya. Pada bagian ini, Anda cukup membasahinya saja dengan air. Sedangkan bagian dalam mobil atau interiornya tidak membutuhkan banyak air, Anda bisa dengan mengelapnya saja.

Ada bagian yang tidak boleh terkena air secara keseluruhan, yaitu bagian mesin. Sehingga saat membersihkan bagian mesin sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai bagian yang rawan seperti accu, kabel, dan sensor. Pastikan juga aliran air tidak terlalu keras.

Membersihkan Debu yang Menempel

Hal ini sangat tidak dianjurkan saat mencuci mobil, yaitu membersihkan bodi mobil dengan debu yang menempel tebal. Jika hal ini dilakukan dapat merusak bodi mobil dan bisa membuat goresan. Sebelum mencucinya dengan air, ada baiknya jika Anda membersihkannya terlebih dahulu menggunakan kemoceng atau benda halus lainnya.

Lap debu yang baik terbuat dari bahan microfiber, ini memang dibuat khusus untuk menarik kotoran yang menempel pada debu mobil. Berbeda dengan lap pada umumnya, karena lap biasa hanya mampu mendorong kotoran saja tanpa menyerap dan mengikatnya.

BACA LAGI  Tips Berpergian Jauh Menggunakan Mobil

Gunakan Shampo Mobil yang Sesuai

Ketika mencuci di rumah, sebaiknya Anda menggunakan shampo khusus kendaraan yang mengandung pH balance yang mampu mengangkat minyak dan kotoran. Cara melakukannya yaitu secara vertikal dari atas ke bawah dan tidak perlu terlalu ditekan.

Shampo mobil yang baik harus memiliki sifat yang tidak terlalu keras sehingga dapat merusak cat mobil Anda. Selain itu, juga hindari sabun lain yang bukan khusus untuk mobil. Setelah sudah dicuci dengan shampo, maka selanjutnya Anda dapat membilasnya dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran.

Gunakan Lap Pengering yang Halus

Setelah mobil selesai dicuci dan dibilas, maka langkah selanjutnya yaitu mengelap mobil dengan lap kering yang bagus. Selain lap untuk membersihkan debu tadi, Anda juga harus memiliki lap kering yang digunakan setelah aktivitas mencuci selesai. Lap pengering ini berguna untuk menarik air. Lap ini bisa Anda beli di tempat cuci mobil atau bengkel-bengkel yang dekat dengan rumah Anda.

Hindari Paparan Matahari Langsung saat Mencuci Mobil

Hal yang sering diabaikan oleh orang-orang. Saat Anda mengharuskan mencuci mobil di rumah maka hindarkan mobil terkena paparan sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari langsung akan terfokuskan cahaya pada cat.

Pancaran sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil. Jika Anda memarkirkan mobil di rumah, sebaiknya tempatkan di tempat yang terhindar dari sinar matahari. Jika memang terpaksa harus diparkir di luar, maka Anda bisa menggunakan cover mobil untuk menghindarkan mobil Anda dari panas maupun debu.

Itulah hal-hal yang harus Anda perhatikan jika mencuci mobil sendiri di rumah. Ini merupakan kegiatan yang melelahkan sekaligus menyenangkan bagi Anda penyuka otomotif.

Pecinta otomotif pastinya selalu ingin melihat kendaraannya tampil memesona. Pencucian mobil sebaiknya dilakukan secara teratur. Untuk bagian yang harus dicuci sebaiknya secara menyeluruh dari bagian luar mobil hingga interior dan pada mesinnya.

Dengan mencuci mobil di rumah pastinya akan meningkatkan keterampilan dalam merawat mobil. Maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba sekali-sekali mencuci mobil sendiri di rumah.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!