Nissan Livina 2019 : LMPV Terbaik 2019 ?

Mobil, Tips

Diluncurkan Februari tahun 2019, Nissan Livina 2019 sempat membuat heboh pencinta otomotif Tanah Air dengan spoiler foto di media sosial mereka. Mobil yang juga dijuluki kembaran Mitsubishi Xpander ini membawa angin baru dalam dunia otomotif. 

Exterior Belakang Bikin Salfok

Mobil tipe MPV ini benar-benar bikin salah fokus jika dilihat dari belakang. Seperti yang disampaikan, mirip sekali dengan Mitsubishi Expander. Tapi, ketika dilihat dari depan, tentu sangat berbeda. 

Tapi, tahukah temen-temen jika Nissan Livina 2019 atau All New Nissan Livina memang hadir karena campur tangan Mitsubishi ?  Maka tidak heran jika impressi atau look-nya dan basisnya sangat mirip dengan Mitsubishi Xpander. Hanya saja, dari samping, eksteriornya tidak memiliki lengkungan khas Xpander.

Body Lebih Panjang dari Mitsubishi Xpander 

Meskipun terkesan sangat mirip dengan MItsubishi Xpander, ya iyalah namanya juga saudara kembar, rupanya body mobil ini jauh lebih panjang dari Mitsubishi Xpander.

Sebagai gambaran, spesifikasi bodynya sebagai berikut : 

nissan livina 2019

Spesifikasi Interior Nissan Livina 2019 

Untuk interiornya, varian tertinggi memiliki jok berbahan kulit dan start-stop Engine button. Jok kulit ini adalah spesifikasi yang membuat mobil kembaran Xpander ini terlihat lebih mewah dibanding All New Nissan Livina. 

Pada konsol tengah, tuas transmisi, knop pemutar AC, panel di dashboard, kemudi, dan tilt pengemudi, semuanya mirip dengan Mitsubishi Xpander.

Ketika pintu dibuka, interior mobil ini membuat para penggemar Grand Livina pangling. Minimal komentar mereka adalah, “Seperti bukan Grand Livina.” Karena memang mobil tersebut bukan Grand Livina melainkan Nissan Livina 2019. 

nissan livina 2019

Saat Nissan Livina 2019 ditest drive, bagi mereka yang pernah menggunakan Xpander, tidak akan merasakan perbedaan yang berarti. 

Nissan Livina 2019 Mencoba Bangkit : Nissan Xpander

  1. Nissan Livina 2019 tidak sama dengan Grand Livina
  2. Berbasis Xpander 

Apakah NIssan mencontek Xpander ? Tidak. Nissan memiliki saham Mitsubishi sebanyak 30%.  Maka, Nissan mencoba bangkit dengan All New Livina dengan basis Xpander. 

  1. Terdiri dari 5 varian. Sama dengan Xpander. 
  2. Memiliki eksterior kombinasi 

Meskipun karakter Grand Livina sudah hilang, tetapi Nissan Livina tetap memiliki perbedaan mencolok untuk membedakan dengan saudara kembarnya, Xpander.

  1. Penempatan lampu menggunakan 3 layer. 
  2. Dibanding dengan Grand Livina, Nissan Livina 2019 memiliki dimensi yang lebih besar dari saudara tuanya. Panjangnya 4510 mm, lebar 1.750, tinggi 1.700, dan wheelbase 2.775 mm. 
  3.  Dengan body lebih panjang dan lebih tinggi memberikan kesan luas dalam interior 
  4. Fitur dan safety jauh lebih lengkap dibanding Grand Livina.  

Kekurangan

Meskipun telah dibekali dengan berbagai kelebihan Xpander nan mumpuni, NIssan Livina 2019 masih memiliki berbagai kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain sebagai berikut :  

  1. Karena karet pintu yang tebal, maka perlu sedikit effort untuk menutup pintu. 
  2. Bagi penumpang dengan tinggi lebih dari 170 cm, sebaiknya bersabar dan tidak duduk di seat belakang karena hal tersebut akan membuat Anda tidak nyaman. 
  3. Untuk yang duduk di seat kedua dan ketiga, terutama tempat duduk tengah, harap bersabar karena kepala Anda tidak akan bersandar dengan baik.
  4. Untuk kekuatan pacu atau tarikan, memang harus lebih bersabar karena untuk menyalip angkot pun, dengan 1500 cc, perlu sedikit usaha lebih banyak. Akan terdengar seperti gerungan mesin mobil yang tidak sabar. 
BACA LAGI  Cover Mobil Urban Tahan Air Hujan Dan Panas

Kelebihan

Secara umum, NIssan Livina 2019 membawa hampir semua keunggulan Xpander, mulai dari betapa smooth dan halusnya perpindahan gear mobil ini saat dikendarai, kendali atas kemudi yang selalu bisa diandalkan, dan beragam kelebihan lain yang hanya dimiliki Nissan Livina 2019. 

Semoga kelebihan- kelebihan yang sekarang diadopsi sepenuhnya oleh Nissan Livina 2019 dapat menjadi titik tolak menggembirakan untuk situasi bisnis Nissan di Indonesia yang hampir dua tahun terakhir seperti akan gulung tikar. 

Cara Merawat

Karena secara interior dan — mungkin juga– mesin hanya beda tipis, perawatan Nissan Livina 2019 tidak jauh beda dengan Mitsubishi Xpander. 

Salah satu hal yang wajib diperhatikan dalam perawatan Nissan Livina 2019 adalah sering-sering membersihkan bagian interior karena mobil ini adalah tipe mobil keluarga yang otomatis sering digunakan bersama banyak orang. 

Untuk perawatan eksterior Nissan Livina 2019, hampir sama dengan beragam mobil lainnya : jangan terlalu lama dijemur di bawah terik matahari. Jika harus sering berada di bawah sinar matahari, gunakan cover mobil atau sarung mobil untuk menutup bagian tersebut. 

Selain itu, meskipun tampak gagah, berhati-hati menggunakan mobil LMPV tentu sangat disarankan. Pasalnya, saudara kembarnya, Xpander, ternyata memiliki body yang ringkih karena terbuat dari besi tipis. Jadi, jangan sampai tabrakan, ya.. 

Dari segi perawatan mesin, karena masih mobil varian baru,  mungkin tidak akan ditemui masalah yang berarti. Namun, karena Nissan Livina mayoritas variannya telah gear otomatis, maka pemilik Nissan Livina wajib untuk sering-sering mengganti oli supaya transmisi gear lebih terawat. 

Penggantian oli secara umum dihitung dari jarak atau lamanya penggunaan mobil. Idealnya oli transmisi otomatis mobil diganti setiap 50.000 km setelah digunakan, namun jika mobil sering melewati wilayah macet sebaiknya mengganti oli lebih sering. Lakukan penggantian oli secara rutin dan jangan lupa menggunakan merek oli yang disarankan oleh pabrikan mobil.

Untuk merawat transmisi otomatis, biasakan  untuk selalu menempatkan posisi tuas transmisi pada posisi netral (N) saat mobil berhenti. Jika pemilik NIssan Livina 2019 sering membiarkan tuas mobil  pada posisi Drive (D) sama saja dengan membiarkan kanvas kopling mobil terus bergesekan. Kondisi kanvas yang aus dapat membuat kinerja transmisi otomatis mobil tidak optimal. 

Saat akan mulai menjalankan mobil matic pastikan untuk tidak langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Hal tersebut dapat mengganggu kualitas katup solenoid. Perlu diperhatikan bahwa sistem di perangkat transmisi pada mobil matic membutuhkan beberapa detik untuk dapat menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi. Jika proses tersebut belum selesai dan sudah menerima tekanan besar, sudah dipastikan katup solenoid mobil akan rusak. 

Perawatan harian seperti memanaskan mobil juga sangat membantu menjaga keawetan mobil ini. Mungkin terdengar sangat sepele tapi jika tidak rutin dipanaskan sebelum digunakan, dan hal ini dibiarkan, hal ini dapat membuat mesin mobil matic terganggu. Usahakan untuk membiasakan melakukan pemanasan mesin mobil pada pagi hari sebelum Anda pergi beraktivitas. Pastikan pula tuas transmisi mobil matic berada pada posisi N saat mobil dipanaskan. 

Demikian artikel tentang Nissan Livina 2019 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu share semoga manfaat ini bisa memberi nilai lebih untuk yang lain.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI


Ingin menanyakan produk Cover Super atau konfirmasi pembayaran? silahkan hubungi kami dengan menghubungi kontak di bawah ini :
WA / SMS : 081329052002