Modifikasi Satria 2 Tak Ini Bikin Deg-Degan : Sederhana Sampai Sultan

Motor, Tips, Tutorial

Punya motor Satria, bagi pencinta kecepatan, tentu sesuatu yang sangat menyenangkan. Motor dua tak satu ini didesain untuk memenuhi ekspektasi para penggila kecepatan angin. Dari kecintaan tersebut, tidak jarang memunculkan kegiatan lain seperti modifikasi Satria 2 Tak.

Tidak sedikit fans Satria yang rela merogoh saku dalam-dalam demi modifikasi Satria 2 Tak sesuai idaman dan imajinasi mereka. Maka, tidak heran hasil dari modifikasi tersebut benar-benar bikin geleng-geleng kepala sampai pusing.

Modifikasi Dari Sederhana Sampai Level Sultan

Mendesain ulang kendaraan atau modifikasi adalah salah satu kegiatan yang sangat disukai, terutama oleh kaum Adam pemilik kendaraan. Berapapun rela mereka keluarkan ketika mereka sudah ketagihan melakukan pimping their ride alias modifikasi kendaraan.

Hal itu terbukti di bengkel-bengkel modifikasi kendaraan roda dua di berbagai tempat di seluruh dunia, tidak pernah sepi dari pesanan untuk merombak kendaraan pabrikan yang mereka miliki menjadi lebih unik dan tailored atau personal.

Berikut ini rangkuman beberapa modifikasi yang berhasil kami kumpulkan untuk teman-teman yang punya rencana untuk memodifikasi Satria 2 Tak jadi lebih ‘ugh’ banget.

Modifikasi Simple

Modifikasi tidak melulu harus dengan barang-barang branded. Tapi, jika ingin menggunakan barang branded, tidak salah juga.  Kali ini, ada salah satu modifikasi motor satria 2 tak yang tidak memakan banyak biaya.

Modifikasi satria 2 tak ini diulas oleh Theywa Mahendra Putra, vlogger Bali. Modifikasi ini lebih mengedepankan sisi visual daripada mesin. Contohnya, seperti mengganti velg warna gold. Jari-jari dan semua tulang-tulang dichrome supaya lbih mengilap.

Cakram belakang masih mempertahankan cakram standar Satria, karburator dan mesin juga masih standar.

modifikasi satria 2 tak

Modifikasi Trail

Dari akun vlog MXVL 25, yang mereview modifikasi satria 2 tak menjadi motor trail, menceritakan bahwa untuk mengubah satria 2 tak menjadi motor trail, yang pertama harus dilakukan adalah mengubah rangkanya. Rangka tersebut bisa diubah di Bandung.

modifikasi satria 2 tak

Pada bagian body, tentu saja digunakan body KTM 85 full dari depan sampai jok motornya juga. Jadi, modifikasi jadi motor trail ini, mengubah 85% motor Satria jadi motor trail.

Bagian shock depan menggunakan sambungan dari motor Yamaha Scorpio. Penambahan shock tersebut tentu membuat modifikasi Satria 2 Tak terlihat lebih tinggi di bagian stang. Bagian bawah, Satria 2 Tak ini perlu ditambah swing arm KLX. Harga swing arm tersebut kira-kira 2 juta-an.

Modifikasi Satria 2 Tak lanjut ke bagian knalpot. Knalpot tersebut dibuat di Purbalingga dengan kisaran harga 800 rb –an. Part selanjutnya yang diubah untuk modifikasi Satria 2 Tak ini adalah bagian ban. Ban yang digunakan adalah ban ukuran 19”. Velg yang digunakan adalah velg Rossi.

Lanjut bagian gear. Direkomendasikan untuk menggunakan gear belakang dengan ukuran 37 dan bagian depan 14. Untuk bagian monoshock belakang, digunakan monoshock Megapro. Penggunaan monoshock Megapro bisa diganti dengan monoshock lain yang disukai dan yang direkomendasikan jika tidak terlalu suka monoshock dari Megapro.

Modifikasi Road Race

Modifikasi Satria 2 Tak selanjutnya adalah Satria yang dimodifikasi dengan spec road race. Spec road race kali ini menyaratkan berbagai hal yang membuat motor tersebut tidak bisa lagi digunakan di jalan umum.

Apa saja yang diubah dari Satria 2 Tak biasa dengan spec road race?

Modifikasi Satria 2 Tak untuk sec road race yang pertama harus diubah adalah mengurangi beberapa elemen seperti lampu, behel belakang, under tail, dan lain-lain. Batok kepala Satria sudah diubah dengan batok kepala tanpa lampu atau batok buta.

Selanjutnya, bagian master rem, digunakan master rem Yamaha R 125 dengan piston lebih besar, ukuran 14. Tujuan diganti bagian master rem dengan piston lebih besar supaya pengereman lebih pakem, dan tentu saja untuk tujuan safety atau keamanan.

Handgrip yang digunakan pada modifikasi Satria 2 Tak spec road race kali ini adalah handgrip dari Yamaha. Handgrip ini diklaim sebagai handgrip terbaik di dunia dibanding merk-merk lain yang ada.

Di bagian cockpit terdapat dua pre-load untuk setting angin dan gas. Di bagian mesin, ada elemen yang diganti yaitu karburator. Karburator bawaan motor lama diubah dengan karburator PWK 28 Sudco yang membuat tarikan kencang walaupun membuat bahan bakar cepat terkuras.

BACA LAGI  5 Jenis Bahan Cover Mobil Anti Air, yang Wajib di Ketahui!

Part-part lain seperti knalpot, penambahan oil catch’s tank, dan sebagainya, sifatnya personal. Maksudnya, setiap modifikator memiliki selera masing-masing dalam memodifikasi kendaraan mereka.

Modifikasi Semi Road Race

Modifikasi Satria 2 Tak spec semi road race ini adalah memodifikasi motor Satria dengan kecepatan race namun tetap mempertahankan elemen-elemen safety untuk kendaraan sehari-hari. Jadi, modifikasi seperti ini masih aman digunakan di jalan umum.

Bagian apa saja yang bisa diubah? Yang pertama tentu spek mesin harus diubah supaya lebh enteng atau responsive. Kalau ada dana lebih, karburator diganti dengan karburator race. Selang rem bisa diganti dengan selang Hel

Bagian underbone, velg, ban depan, ban belakang, spakbor, pipa Lone Rider, stang, juga harus diganti.

Untuk lebih detailnya, perubahan yang bisa dilakukan supaya hasil modifikasi Satria 2 Tak tetap racing dan tetap bisa digunakan di jalan raya adalah sebagai berikut :

1. Racing Boy SP522 Jupiter Z

2. PSM Disc Brake 320mm

3. KTC Fork Stabilizer

4. Apido Footrest/ Underbone

5. YSS G Series (Tabung)

6. Master Rem KRS (Tabung KTC)

7. Proguard HRP

8. Racing Boy handle kopling (kabel)

9. 9nine switch on/ off lampu

10. Saklar on off (model tzm?)

11. Undertail CUSTOM by Efraim

12. Spakbor Satria FU FI

13. Pipa Lone Rider HE

14. Silencer WRX K1 Stainless

15. Garnish Chrome SGP Legshield

16. Hawa nafas oli + selang UMA

17. Cover Radiator Variasi

18. Selang rem HEL (depan/ belakang)

19. Stang Fatbar Yamaha RZR

20. Gear Set SSS rantai TDR

21. Stoplamp 3in1 custom 22. Ban depan IRC fasti 2

23. Ban belakang FDR mp27

MESIN

1. Porting Polish by SIAM

2. Seher 62 FIM

3. Paking mesin satu lembar

4. PE28 NSR SP Keihin Original (Tanpa Filter)

5. CDI BRT Dual Band TR

6. Brisk spark plug

7. Accent Wire

Perubahan sebanyak ini masih aman digunakan di jalan raya selama bisa menambahkan spion dan tetap mempertahankan posisi lighting untuk belok kanan maupun kiri. Jika kamu menggunakan motor semi race tersebut juga untuk perjalanan jauh, akan sangat menyenangkan jika joknya diganti yang lebih tebal sehingga nyaman untuk dikendarai dalam jangka watu uang lama.

Modifikasi Airbrush

Modifikasi spek ini sangat mengutamakan look atau penampilan tentu. Salah satu contohnya seperti foto di bawah ini:

Modifikasi Satria 2 Tak spek airbrush diaplikasikan di motor tersebut dengan mengganti warna standar motor menjadi warna merah dominan, hitam, silver, dan putih.

Tak lupa, velg standar, diganti velg jari-jari warna chrome doff, ukuran ban belakang dan depan pun beda.

Modifikasi Spec Sultan

Modifikasi ini benar-benar perpaduan dari look and function. Selain itu, setiap part yang digunakan juga part branded yang jika semua part ditotal, dapat membeli 2-3 motor baru. 

Sekilas, motor ini seperti moge atau motor gede yang banyak bersliweran di pawai-pawai. Tapi, jika dilihat lebih detail, akan ketahuan kalau motor ini adalah modifikasi Satria 2 Tak yang dimodif hampir 100%. 

Dimulai dari bagian depan, kendaraan roda dua ini sudah menampakkan shape motor gedenya : 

Modifikasi motor ini sebenarnya banyak sekali macam dan ragamnya. Setiap pemodif rata-rata memiliki style dan selera masing-masing hingga hasil modifikasi mereka tidak ada yang sama satu dengan lainnya.

modifikasi satria 2 tak

Motor Satria yang dimodifikasi ini adalah milik Dian Widodo. Tidak tanggung-tanggung, kalipernya adalah kaliper Brembo 4 Piston, bagian cakram, samping kanan masih ditambah cakram bagian kiri, sama besarnya.

modifikasi satria 2 tak

Dari samping kiri, bisa dilihat hasil modifikasi Satria 2 tak ini benar-benar makan biaya. Total dari kerseluruhan modifikasi ini menghabiskan kisaran 80 juta rupiah. Lumayan, ya? 

Tapi, satu hal yang harus diingat saat akan melakukan modifikasi adalah keamanan berkendara harus sangat diperhatikan terutama jika akan digunakan di area umum atau jalan raya. Fashion is okay but safety is a must.

Share artikel ini, ya… biar lebih bermanfaat.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI


Ingin menanyakan produk Cover Super atau konfirmasi pembayaran? silahkan hubungi kami dengan menghubungi kontak di bawah ini :
WA / SMS : 081329052002