fbpx

Tidak seperti beberapa dekade lalu, sekarang ini pengemudi mobil sudah diringankan dengan adanya mobil bertransmisi otomatis. Dibandingkan dengan transmisi manual, tentu saja mobil otomatis lebih praktis dan lebih tidak menguras tenaga. Tetapi dibalik kemudahan tersebut, tentu juga terdapat kekurangan yang menyertainya.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil, terutama jika ini adalah mobil pertama Anda, pasti seringkali bingung untuk memilih antara mobil manual dan otomatis. Tidak ada salahnya jika sebelum membeli, Anda melakukan riset terlebih dahulu, atau paling tidak membaca ulasan singkat berikut ini.

Memilih Transmisi Manual Atau Otomatis

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Transmisi Otomatis (Matic)

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Transmisi ini dinamakan otomatis karena memang dalam pemindahan transimisinya berlangsung secara otomatis. Anda tidak perlu direpotkan dengan pengoperasian kopling, gas serta pemindahan transmisi. Anda hanya tinggal mengoperasikan rem dan gas saja. Tentunya hal ini sangat mudah dan membuat banyak orang tertarik untuk membeli mobil bertransmisi otomatis.

Mobil semacam ini sangat cocok ketika digunakan untuk berkendara di situasi jalan yang macet. Anda tidak perlu capek harus bolak-balik memindah persneling. Terlebih lagi bagi pengemudi wanita, transmisi otomatis dirasa lebih mudah digunakan. Maka tak jarang mereka yang baru pertama kali memegang mobil lebih memilih membeli transmisi matic.

Namun, dibalik semua keuntungan tersebut, ada juga kekurangan yang mengikuti mobil matic. Salah satunya adalah dalam hal pengereman. Dalam mobil manual, ketika terjadi gangguan di sistem pengereman, masih bisa dibantu dengan pengaturan persneling, namun tidak dengan mobil matic. Maka dari itu, ketika melintasi jalan menurun harus lebih berhati-hati.

Selain itu, penggunaan bahan bakar untuk mobil matic juga lebih boros dibandingkan dengan mobil manual. Bukan hanya bahan bakar, oli juga lebih sering membutuhkan pergantian. Terlebih lagi, jika terjadi kerusakan, biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar dibandingkan jika mobil manual mengalami kerusakan serupa. Harga mobil matic juga cenderung lebih tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Transmisi Manual

Anda pasti sudah pernah mendengar ungkapan “real men use three pedals”. Memang, mengoperasikan mobil manual yang memiliki tiga pedal, yaitu kopling, gas dan rem, lebih terkesan maskulin. Maka tak jarang pemilih mobil matic memang lebih banyak didominasi para pria, walaupun para wanita pun juga ada yang lebih suka mobil bertransmisi manual.

BACA LAGI  Super Cover Merek Cover Mobil Terbaik Paling Laris

Mobil manual memang tidak sepenuhnya ditinggalkan. Pasalnya mobil ini juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan mobil matic. Pengemudi bisa lebih menyesuaikan kecepatan yang diinginkan karena bisa mengatur persneling sesuka hati. Mereka yang sudah lebih dulu memegang kemudi mobil manual juga lebih mudah memegang mobil lain, terlebih matic.

Hal ini dikarenakan mereka sudah terampil dalam mengoperasikan persneling, gas dan kopling secara harmonis. Untuk masalah track menanjak maupun menurun, mobil manual juga lebih tangguh dan relatif lebih aman. Tinggal memindahkan persneling 1 ketika menyesuaikan medan.

Untuk urusan irit, tentunya mobil manual juga lebih aman dikantong dibandingkan dengan mobil matic. Bukan hanya karena harga beli yang lebih murah, perawatannya juga lebih mudah serta lebih kecil dibandingkan mobil transmisi otomatis. Anda juga cukup mengganti oli setiap 15.000 km saja.

Kekurangan mobil ini memang hanya terletak pada keribetan ketika mengoperasikan pedal. Bagi Anda yang suka bepergian jauh dan melalui jalanan yang macet, pastinya menggunakan mobil manual akan sangat melelahkan.

Nilai Jual

Menurut berbagai sumber, untuk urusan nilai jual, memang mobil dengan transmisi otomatis memiliki penjualan yang lebih baik. Harga untuk mobil ini juga cenderung lebih tinggi nilai jualnya dibandingkan dengan mobil manual.

Penawaran yang diberikan oleh dealer mobil baru juga bisanya lebih banyak untuk mobil matic dibandingkan dengan mobil manual. Bonus seperti mantel mobil, alas mobil dan beberapa aksesoris lainnya juga biasanya lebih lengkap untuk mobil matic, walaupun tentunya akan berakibat juga pada harga mobil yang lebih mahal.

Jadi, mana yang lebih baik antara mobil bertransmisi manual atau matic? Jawabannya adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Pertimbangkan kondisi Anda dan juga lingkungan yang sering Anda lalui sebelum memilih mobil. Harga dan juga biaya perawatan juga bisa Anda masukkan sebagai bahan pertimbangan

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!