fbpx

Salah satu solusi mudah jika Anda terpaksa harus memarkirkan mobil di luar ruangan adalah dengan menggunakan body cover mobil. Tidak semua orang cukup beruntung memiliki garasi untuk menyimpan mobil dan bahkan jika Anda memilikinya, mungkin sudah penuh dengan barang-barang lain dan membuatnya sulit  untuk dapat memarkir mobil Anda di sana.

Jika Anda memarkirkan mobil di luar ruangan, hal-hal seperti getah pohon, hujan lebat dan paparan sinar matahari dapat merusak cat mobil Anda dengan cepat. Jika Anda ingin melindungi finishing mobil Anda dari elemen-elemen tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda melakukan pembelian cover mobil.

Penutup mobil yang berkualitas baik dapat membantu melindungi kendaraan Anda tetapi penutup yang salah dapat merusaknya. Anda mungkin akan terkejut mengenai beberapa mitos mengenai cover bodi mobil yang selama ini Anda percaya.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Mitos-Mitos Seputar Body Cover Mobil yang Mungkin Anda Percayai Selama Ini

Sinar UV akan memudarkan cat

Banyak orang membeli sampul mobil karena mereka khawatir tentang radiasi ultraviolet (UV) di bawah sinar matahari alami memudar cat mobil mereka. Produsen penutup mobil telah meneliti seberapa efektif produk mereka menghalangi UV dan meyakinkan Anda bahwa cat mobil yang dibiarkan terkena sinar matahari akan memudar, retak dan terkelupas.

Padahal hampir setiap jenis mobil terutama keluaran terbaru, memiliki satu atau lebih lapisan cat bening (coating) di atas lapisan berwarna. Lapisan bening ini menghalangi semua radiasi UV A dan UV B asalkan dalam kondisi yang baik. Bagian plastik dan karet pada mobil akan mendapat manfaat karena tertutup tetapi penutup mobil tidak diperlukan untuk melindungi cat mobil Anda, kecuali jika mobil Anda adalah mobil klasik.

Selimut mobil melindungi dari goresan

Alasan lain orang menggunakan penutup mobil adalah bahwa mereka khawatir mobil mereka tergores. Bahkan, memasang penutup mobil cenderung menyebabkan goresan kecil. Ini biasanya terjadi jika Anda kurang memperhatikan kebersihan mobil sebelum Anda menutupinya dengan body cover mobil.

Partikel debu dan kotoran di antara penutup dengan permukaan bodi mobil akan tergesek dan menjadi seperti amplas yang akan menggores cat mobil Anda sedikit demi sedikit.

BACA LAGI  Cara Merawat Sarung Mobil Krisbow Agar Tahan Lama

Selimut mobil melindungi dari penyok

Banyak orang yang berpikiran bahwa dengan penggunaan body cover mobil, maka mobil mereka akan selamat dari kerugian akibat bodi penyok yang bisa saja terjadi karna pukulan atau dorongan benda tumpul. Anggapan ini bisa benar dan bisa juga salah.

Jika Anda menggunakan selimut mobil dengan beberapa jenis lapisan yang berbeda, atau memiliki lebih dari satu, termasuk juga lapisan spons lembut di bagian tengah, mungkin hal tersebut dapat dicegah. Namun jika Anda hanya menggunakan sarung mobil universal, jangan pernah berharap lebih untuk hal tersebut.

Selimut mobil cocok untuk penggunaan jangka panjang

Sebagaimana dibahas di atas, penutup mobil dengan cepat menjadi kotor dan sangat sulit untuk dicuci. Meskipun penutup mobil sangat bagus untuk digunakan di dalam ruangan ketika Anda ingin menyimpan kendaraan, menjaga mobil tertutup di luar ruangan selama lebih dari beberapa hari dapat lebih berpotensi menimbulkan kerugian dibandingkan keuntungan.

Bahkan body cover mobil kedap air tidak 100 persen kedap air dan akan membiarkan kelembapan terperangkap di antara permukaan mobil dan penutupnya. Ini akan menyebabkan kerusakan serius, karena kelembaban lebih lama menguap dan mengering. Di lingkungan yang panas dan cerah, penutup dapat menurunkan dan meninggalkan kerusakan yang permanen pada permukaan mobil.

Selimut mobil adalah satu-satunya bentuk perlindungan portabel

Ada sejumlah cara alternatif untuk melindungi mobil ketika tempat parkir tertutup atau garasi tidak tersedia. Menurut garasi mobil portabel sangat praktis dan mengatasi banyak kekurangan dari penutup mobil. Garasi ini menggunakan rangka baja galvanis dan kain yang kuat dan tahan lama untuk melindungi mobil dari partikel-partikel kontaminan, lebih baik dari yang body cover mobil lakukan.

Sayangnya, garasi portabel masih cukup mahal dan kurang efisien untuk dibawa bepergian. Namun jika Anda peduli dengan mobil Anda dan tahu bahwa Anda memerlukan perlindungan sebaik mungkin, ketahuilah bahwa selimut bukanlah satu-satunya solusi terbaik.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!