fbpx

Ada beberapa orang yang mencampurkan air wiper dengan sabun dan hal tersebut dianggap lebih mudah untuk membersihkan kaca. Untuk anda yang masih beranggapan seperti itu, sebaiknya ketahui dulu apakah boleh atau berbahaya?

Karena jika para pemilik kendaraan menggunakan bahan tambahan dan secara sebarangan, maka dapat menimbulkan efek tidak baik. Apalagi pada mobil kesayangan.

Selain itu ada juga beberapa air wiper yang direkomendasikan dengan kandungan pembersih khusus untuk kaca mobil. Tapi jika kita ingin menggunakannya juga tetap harus berhati-hati.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Mengisi Air Wiper Dengan Campuran Sabun? Boleh Atau Tidak

Mengisi Air Wiper Dengan Campuran Sabun

Jika anda ingin menggunakan campuran sabun saat membersihkan mobil, sebaiknya gunakan sabun khusus untuk pembersih kaca mobil. Karena saat kita membersihkan dengan sabun secara sebarangan, dapat menimbulkan efek seperti pelangi pada bagian kaca dan membuat pandangan atau penglihatan pengemudi menjadi terganggu.

Pelangi tersebut termasuk efek penggunaan sabun dan sabun tersebut yang tidak direkomendasikan. Saat panas terik, pada bagian kaca akan muncul seperti bayangan dan mengganggu pengguna mobil.

Selain itu pemilik kendaraan juga harus menjaga dan selalu cek kondisi karet wiper. Pastikan kondisi masih bagus, karena saat anda melakukan perjalanan cukup jauh maka wiper bekerja lebih banyak. Baik menyapu debu, hujan dan polusi lainnya yang ada di jalanan.

Saat kondisi karet wiper sudah tidak bagus, maka harus diganti dengan yang baru supaya dapat menyapu permukaan lebih baik lagi tanpa meninggalkan kotoran di bagian kaca.

Fungsi Cairan Wiper

Air wiper atau wiper fluid ini termasuk cairan khusus untuk membersihkan kaca mobil. Saat ini juga sudah tersedia cukup banyak di pasaran, karena memiliki fungsi yang cukup banyak untuk kendaraan. Mulai dari:

  • Memudahkan menghapus kotoran
  • Melunturkan minyak
  • Merawat elastisitas karet wiper
  • Mengurangi bunyi decit
  • Menjaga kaca tidak baret

Untuk membeli air ini juga cukup mudah ditemukan, seperti bengkel perawatan mobil resmi. Pilih air wiper tanpa campuran sabun dan shampoo supaya tidak menimbulkan efek pelangi yang dapat mengganggu pandangan pengendara mobil.

Air Wiper & Washer

BACA LAGI  Mitos Mengenai Body Cover Mobil yang Mungkin Anda Percaya

Air wiper dan washer ini termasuk komponen yang sudah tidak asing lagi. Wiper sendiri termasuk cairan yang dapat menghapus salju, kotoran, air hujan, oli, lumpur yang menempel pada bagian kaca mobil. Karena kotoran tersebut dapat menghalangi penglihatan bagi pengemudi.

Sedangkan air washer berfungsi untuk menyemprotkan air pada kaca. Biasanya air ini sudah dicampur dengan cairan khusus untuk membersihkan kaca dan membantu kinerja dari wiper supaya lebih maksimal saat hujan tidak turun.

Untuk komponen pada wiper terdiri dari baterai sebagai sumber tegangan listrik, switch wiper, motor wiper, crank arm, wiper link dan wiper blade. Untuk komponen pada sistem wisher terdiri dari tangki air untuk menampung air dan cairan pembersih. Pompa air, pipa washer dan nozzle yang digunakan untuk merubah campuran cairan.

Cover Mobil Sebagai Pelindung Kaca & Body Mobil

Selain menggunakan air wiper kita juga bisa menggunakan sarung mobil sebagai pelindung kaca dan body mobil. Dengan adanya sarung mobil ini, maka kaca tidak mudah kotor, terhindar dari debu dan kotoran lainnya.

Penggunaan sarung mobil juga harus berkualitas dan aman. Hal ini supaya body mobil tidak mengalami kerusakan atau lecet saat anda melepas dan memasang sarung mobil tersebut.

Dalam setiap sarung mobil sendiri terdapat beberapa lapisan. Sisi dalamnya memiliki lapisan lembut supaya cat mobil tidak rusak saat menggunakannya. Sedangkan sisi luar lapisan dapat digunakan sebagai anti UV atau penolak panas dan air hujan. Karena sinar matahari langsung dapat merusakan lapisan cat mobil dan cukup berbahaya.

Untuk memilih sarung mobil yang berkualitas, maka pilih dengan 1 warna cerah pada bagian luar. Warna cerah tersebut dapat digunakan sebagai penolak panas. Pilih yang tidak tembus air yang memiliki jahitan sambungan yang bagus.

Pilih juga sarung mobil yang mampu menutupi semua bagian mobil sampai keempat roda atau ban mobil. Karena jika ban mobil terkena sinar matahari terus menerus, maka dapat merusak kualitas karet ban dan membuatnya menjadi keras atau kehilangan kelenturan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!