Semakin tua sebuah barang, memang belum tentu harganya akan menurun, bahkan ada banyak yang malah menjadi semakin mahal, salah satunya adalah mobil. Kendaraan roda empat edisi terbatas dan memiliki sentuhan detail yang unik biasanya akan tetap berharga mahal walaupun sudah menjadi mobil lawas. Mobil klasik ini sering dijadikan sebagai investasi bagi sebagian besar orang.

Walaupun kebanyakan mobil retro yang masih awet dan bernilai jual tinggi adalah keluaran Amerika maupun Eropa, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa mobil produksi benua lain juga memiliki daya tarik yang tinggi. Contohnya beberapa mobil keluaran Jepang yang hingga sekarang memiliki harga yang fantastis walaupun sudah berusia beberapa dekade.

Daftar Mobil Retro Dari Jepang Yang Berharga Mahal

Nissan Skyline GT-R

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Skyline generasi keempat, C110, diluncurkan pada bulan November 1972. Sedangkan untuk versi GT-R sendiri diperkenalkan pada bulan Januari tahun berikutnya. Dengan mesin 6 silinder DOHC 24-valve S20, mobil ini merupakan mobil domestik pertama yang memiliki rem cakram depan dan belakang. Teknik canggih ini membuatnya sangat populer.

Salah satu mobil ini yang dapat Anda saksikan dipamerkan di gerai premium Rocky Auto di daerah Okazaki, Aichi, Jepang. Mobil Nissan Skyline GT-R yang diproduksi pada tahun 1973 ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya berharga sangat mahal untuk mobil seusianya. Bahkan harga satu mobil ini bisa ditukar dengan beberapa mobil sport keluaran terbaru.

Salah satu keunikan dari mobil yang dibanderol dengan harga 98 juta yen atau sekitar 9 hingga 10 miliar rupiah ini diproduksi secara terbatas. Hal inilah yang membuat mobil ini sangat dicari karena memang tidak diproduksi massal dan hanya orang-orang tertentu yang dapat memilikinya. Mobil yang dijuluki “Kenmeri” tersebut hanya diproduksi sebanyak 197 unit.

Sebenarnya, pemroduksian secara terbatas tersebut tidak direncanakan, semuanya berkaitan dengan regulasi pada waktu itu yang berkaitan dengan emisi gas buang. Ketatnya aturan tersebut membuat pihak Nissan harus menghentikan pembuatan Skyline GT-R. Selain itu, mobil yang dipajang di galeri tersebut menjadi semakin mahal karena termasuk edisi terbatas dengan warna merah, karena hanya ada tujuh di dunia.

BACA LAGI  Lakukan Beberapa Pertimbangan Ini Sebelum Anda Membeli Cover Body Mobil Terbaik

Pemberian julukan Kenmeri sendiri tidak terlepas dari proses iklan mobil tersebut. Pada awal dikenalkan ke publik, mobil ini diiklankan oleh dua tokoh yang bernama “Ken” serta “Marry”, maka jadilah kedua nama tersebut menjadi nama populer untuk mobil yang memiliki odometer rendah ini, yaitu 15.100 km. Rendahnya odometer tersebut tentunya berkaitan dengan langkanya sang mobil sehingga jarang diajak berkendara, padahal usia mobil tersebut sudah mencapai 45 tahun.

Mobil yang ketika tidak dipamerkan ditutup menggunakan cover mobil dengan sentuhan khusus ini masih menggunakan mesin bawaan pabrik, demikian juga dengan semua aksesoris di dalamnya. Hal inilah mobil tersebut menjadi begitu unik dan layak dipamerkan.

Toyota 2000GT

Selain Kenmari, masih ada satu mobil lawas lagi yang juga dipamerkan di galeri tersebut. Harga dari mobil ini juga cukup mencengangkan. Mobil Toyota 2000GT ini pernah dilelang di Amerika pada tahun 2013 kemarin dan berhasil didapatkan dengan harga sekitar 11 miliar. Namun kini, harganya naik menjadi sekitar 130 juta yen atau sekitar 13 miliar.

Mobil Lain

Bukan hanya itu, selain dua mobil tersebut, masih ada juga beberapa mobil lain yang tentunya juga memiliki harga selangit. Sebut saja Z432 tipe “R”. Mobil ini jika dijual, dibanderol dengan harga sekitar 8 miliaran rupiah.

Sedangkan untuk peringkat mobil termahal diduduki oleh Nissan F31 Leopard. Selain hanya diproduksi terbatas, mobil ini juga termasuk canggih di zamannya. Mobil ini juga sempat dipamerkan di acara “10th Nostalgic 2 Days”. Untuk masalah harga, 15 miliar rupiah atau 15 juta yen adalah mahar yang harus disiapkan jika Anda berniat untuk menjadi kolektor mobil serupa.

Dengan menilik beberapa daftar mobil di atas, bisa dilihat bahwa tidak hanya mobil keluaran Eropa dan Amerika yang mampu menjadi mobil legenda. Jika dirawat dengan baik, semua mobil retro pasti bisa mendatangkan keuntungan tersendiri nantinya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!