Bagi sebagian besar pemilik mobil, interior mobil memang termasuk bagian yang krusial untuk diperhatikan. Komponen-komponen pada interior mobil biasanya membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra karena dampaknya samapi berhubungan pada kenyamanan pengendara dan penumpang saat berkendara menggunakan mobil. Jok mobil adalah bagian dari interior mobil yang biasanya menjadi bagian utama atau perhatian utama bagi para pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan tampilan interior mobil dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan. Nah, sebelum Anda memasang cover jok mobil pada jok mobil Anda, ada baiknya perhatikan 3 faktor berikut ini.

1. Perhatikan Bahan Cover Jok Mobil yang Digunakan

Jangan Sampai Rusak! Lindungi Interior dengan Cover Jok Mobil

Di pasaran sudah pasti beredar banyak sekali bahan cover jok. Namun, yang paling banyak dicari para pemilik mobil biasanya cover jok dengan bahan kulit asli dan kulit sintesis. Masing-masing dari kedua bahan tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda tentunya. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam mengenal dan memilih antara bahan kulit asli atau bahan kulit sintesis yang akan menjadi pelapis jok mobil atau cover jok mobil Anda. Terdapat beberapa faktor dalam hal memilih bahan pelapis jok mobil atau cover jok mobil. Hal pertama yang mungkin akan menjadi pertimbangan Anda adalah faktor harga. Untuk melapisi 1 set atau semua seat dalam satu mobil dengan cover jok berbahan kulit asli membutuhkan danan hingga 30 jutaan rupiah. Nah, untuk cover jok dengan bahan kulit sintesis dinilai lebih terjangkau dibanding cover jok mobil dengan bahan kulit asli. Harga yang dipatok biasanya tergantung pada merek serta bahan yang ditawarkan.

Namun, faktor yang tidak kalah penting dari harga adalah kenyamanan dari bahan itu sendiri. Faktanya, hingga saat ini belum ada yang mampu mengalahka kualitas dari cover jok mobil berbahan kulit asli. Kenyamanannya bisa Anda rasakan saat kulit Anda bersentuhan dengan bahan kulit asli tersebut. Efek sejuk dan tidak panas akan terasa saat Anda menduduki jok mobilnya. Selain itu, dari sisi prestige bahan kulit asli juga terlihat lebih mewah dibandingkan dengan bahan kulit sintesis. Tampila mewah tentunya menjadi hal yang penting bagi pemiliki mobil yang menginginkan adanya sentuhan mewah di interior mobilnya.

Meskipun dari segi kualitas dan tampilan bahan kulit asli lebih unggul dibandingkan dengan bahan kulit sintesis, dari segi perawatan bahan kulit sintesis lebih mudah daripada bahan kulit asli. Kemudahan dalam hal perawatan tersebut tecermin saat proses membersihkan bahan kulit sintesis tersebut. Jika terdapat noda membandel, Anda tidak perlu repot-repot membawa mobil Anda ke bengkel hanya untuk membersihkan noda membandel tersebut. Anda bisa membersihkan noda membandel tersebut di rumah. Saat membersihkan noda membandel tersebut, disarankan untuk memakai minyak kayu putih agar noda mudah cepat hilang dan tidak menimbulkan kerusakan bahan kulit bahan cover jok mobil Anda. Minyak kayu putih diyakini dapat menghilangkan kotoran namun tidak merusak media yang sedang dibersihkan. Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Cukup oles minyak kayu putih pada bahan cover jok mobil tersebut lalu gosok perlahan hingga kotoran atau noda membandel tersebut hilang.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Walaupun banyak yang merasa cover jok mobil dengan bahan kulit sintesis terasa cukup panas saat bersentuhan dengan kulit, namun ada juga beberapa merek cover jok mobil dengan bahan kulit sintesis yang mampu memberikan efek sama seperti cover jok dengan bahan kulit asli. Tidak hanya dari segi harga dan kualitas, faktor pemilihan warna juga patut untuk Anda pertimbangkan. Bagi Anda yang ingin interior mobilnya tampil lebih beda, pilihan warna pada pada cover jok dengan bahan kulit sintesis lebih bervariasi. Namun, bagi Anda yang tetap menginginkan bahan kulit asli sebagai pelapis jok mobil Anda, pilihan warnanya yang biasanya tersedia cenderung terbatas yaitu warna kulit seperti cokelat dan krem.

BACA LAGI  Berikut 6 Deretan Mobil Mewah dari Tahun Tua Sampai Era Kekinian

Dari segi kualitas warna, bahan kulit sintesis cenderung lebih cepat memudar bila dibandingkan dengan kualitas warna dari bahan kulit asli. Untuk itu Anda perlu rajin dalam hal perawatan agar kekurangan ini dapat dihindari sehingga dapat memperpanjang umur dari kualitas bahan sintesis. Lain halnya dengan sensasi yang ditimbulkan dari bahan cover jok mobil. Bagi Anda yang mementingkan rasa atau sensasi saat duduk di jok mobil, bahan kulit sintesis cenderung tidak memiliki pori-pori seperti yang terdapat pada bahan cover jok mobil kulit asli.

2. Perhatikan Cara Pemasangan Cover Jok Mobil

cover jok mobil

Pada dasarnya, terdapat tiga cara dalam memodifikasi jok mobil demi keperluan tampilan dan kenyamanan pada interior mobil yaitu antara lain paten, semi paten, dan sarung. Masing-masing dari cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk jok paten sendiri, dinilai cukup baik karena lapisan jok lama diganti dengan bahan cover jok mobil yang baru. Hasil dari aplikasi cover jok mobil paten juga terlihat lebih rapi dan nyaman karena dilakukan fitting ulang bentuk dan busanya. Pemasangan cover jok mobil dengan dengan cara semi permanen cukup simple untuk dilakukan karena pada cara pengaplikasiannya tidak perlu melepas lapisan jok lama. Anda hanya perlu menumpuk jok mobil Anda dengan cover jok mobil yang Anda pilih lalu kaitkan tali atau resletingnya.

Dibandingkan dengan cover jok mobil dengan cara paten dan semi paten, cover jok mobil dengan cara sarung termasuk cara pengaplikasian cover jok mobil yang paling praktis dan relatif murah. Kekurangan yang ada pada cara sarung adalah kurang rapih, timbul gelembung, dan mudah bergeser sehingga agak sedikit tidak nyaman diihat dan digunakan. Dari ketiga cara pemasangan cover jok mobil tersebut, kembali lagi pada kebutuhan, keinginan, dan kemampuan Anda sebagai pemilik mobil ingin mengaplikasikan cara yang mana untuk modifikasi interior mobil Anda, terutama pada bagian jok mobilnya.

3. Perhatikan Faktor Lainnya

Selain pertimbangan bahan cover jok mobil yang digunakan dan cara pemasangan cover jok mobilnya, faktor lain yang perlu dipertimbangkan atau diperhatikan adalah dana. Jangan sampai hanya karena mengejar gengsi ingin tampilan jok mobil yang keren dan mewah tapi ternyata dana yang digunakan kurang. Untuk persoalan dana, usahakan dana yang ingin Anda gunakan sesuai dengan mobilnya ya. Dana yang digunakan untuk memasang cover jok mobil untuk mobil tipe kelas atas tentunya mahal dibandingkan dengan mobil tipe biasa.

Jangan lupa untuk lebih cermat saat memilih produsen jok mobil atau cover jok mobil yang berkualitas. Usahakan pilih produsen cover jok mobil yang sudah terpercaya seperti Cover Super. Jangan sampai hanya karena tergiur harganya yang murah, Anda mengesampingkan kualitas bahan dan hasil pemasangan cover jok mobil itu sendiri. Dalam hal pemasangan cover jok mobil yang bertujuan ingin mengubah tampilan interior mobil, tentukan berdasarkan selera Anda. Kalau produsen cover joknya sudah terkenal bagus, sudah pasti model dan desain cover jok mobil apapun disanggupi.

Namun, selera orang berbeda-beda dan keputusannya kembali lagi pada Anda sebagai pemilik mobil lebih suka warna apa, ingin tampilan interior mobilnya seperti apa, dan mampu mengeluarkan dananya berapa.
Nah, itulah 3 faktor yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin memasang cover jok mobil. Usahakan jangan sampai salah pilih ya, gan. Bagi Anda yang berada di kota-kota besar seperti Bandung, Jogja, Surabaya tidak hanya bisa memesan cover jok mobil di took variasi offline, namun juga bisa memesannya via online. Tinggal ketik saja pada laman google Anda “cover jok mobil Bandung”, “cover jok mobil Jogja”, atau “cover jok mobil Surabaya.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!