Dalam perihal otomotif, akan selalu ada tips dan trik untuk menjadi lebih hemat. Agar hemat dari biaya perawatan bodi eksterior mobil, saat diparkirkan di dalam garasi maupun di luar, mobil pun diberi perlindungan cover mobil. Agar tak sedikit-sedikit pergi ke bengkel untuk sekedar membersihkan mesin mobil, maka Anda bisa belajar bagaimana cara membersihkan mesin mobil sendiri.

Lalu, bagaimana dengan trik untuk bensin dapat tetap irit selama dipakai dalam perjalanan? Sebagai salah satu trik yang paling dicari, trik ini faktanya terbilang mudah untuk dieksekusi. Kuncinya, Anda ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Trik Mengemudi Agar Senantiasa Hemat Bensin

Jangan Lupa Tune Up

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Apa itu tune up? Tune up merupakan aktivitas untuk menyervis mobil dengan penjadwalan yang rutin. Umumnya pun dilakukan setiap setidaknya satu tahun sekali. Selain memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan kinerja mobil dan meningkatkan usia mobil, tune up juga membuat efisiensi bahan bakar naik sampai 4 persen.

Jika Anda ragu soal kapan Anda harus melakukan tune up, biasanya Anda akan terbantu oleh kehadiran indikator pengecekan mesin. Kalau lampu indikator ini menyala, maka Anda wajib hukumnya untuk segera tune up.

Filter yang Bersih

Tahukah Anda bahwa dengan rajin membersihkan filter akan menyimpan pengeluaran bahan bakar mobil hingga 14 persen? Wah, kok bisa? Jawabannya ternyata karena mesin akan bekerja lebih baik jika saringan udara mobil tidak sesak oleh kotoran. Akselerasi mesin pun meningkat karena Ia tak harus bekerja dengan lebih keras dibandingkan dengan ketika filter udara mesin sedang kotor.

Sesuaikan Pelumas dengan Jenis Mesin Mobil

Kembali pada contoh trik merawat bodi eksterior mobil, maka jika Anda ingin bodi eksterior mobil terproteksi secara menyeluruh, Anda wajib memilih body cover mobil yang pas sesuai bodi mobil Anda. Hal ini pun berlaku pada pemilihan pelumas mesin mobil. Penggunaan pelumas yang tepat nyatanya dapat menambah efisiensi bahan bakar hingga mencapai angka 1-2 persen. Lumayan, kan?

Tutup Tangki Wajib Rapat

Tak perlu penjelasan panjang lebar perkara persoalan ini karena siapapun tahu bahwa bensin dapat dengan mudah menguap kalau tutup tangki dibiarkan tak rapat. Faktanya, selain membahayakan keselamatan berkendara, tidak menutup tutup tangki dengan rapat akan membuat Anda rugi bensin sebesar 1-2 persen.

Jangan Oversizing

Oversizing merupakan keadaan dimana pelek mobil yang dipasang ukurannya lebih besar dari ban profil yang dipakai oleh mobil. Hasil modifikasi semacam ini sering dikaitkan dengan penampilan mobil yang lebih keren dan berpengaruh pada sistem handling mobil yang lebih baik.

Namun rupanya keadaan semacam ini justru memberi nilai buruk pada konsumsi bahan bakar mobil Anda. Ini dikarenakan Ia membuat ketahanan ban berkurang dan mengarah pada pengeluaran bahan bakar berlebih.

Kecepatan Laju Mobil

Aktivitas mengebut selain membahayakan nyawa juga sangat tidak ramah terhadap  bensin mobil Anda. Bayangkan, dengan mengurangi setidaknya 24 km/jam dari kecepatan mengebut Anda, Anda dapat mengelevasi jarak tempuh 10-15 persen lebih baik daripada ketika Anda mengebut.

Terlebih lagi, Anda akan menghemat efisiensi bahan bakar mobil hingga 5 persen jika mobil melaju di jalanan perkotaan. Sedangkan apabila mobil melaju di jalan tol, efisiensi bahan bakar naik hingga 33 persen ketika Anda menjalankan mobil dengan kecepatan 60-80 km/ jam saja.

Hindari Mendiamkan Mesin Lama-Lama

Teruntuk Anda yang hidup di kota-kota besar dengan segala isu kemacetan yang dimilikinya, pasti bensin mobil yang boros sudah menjadi momok yang kerap menghantui kendaraan Anda. Tapi hal ini dapat diminimalisir terutama kala Anda sedang berada dalam sebuah kemacetan total.

Di saat seperti itu, baiknya matikan saja mesin mobil Anda karena mesin mobil masih akan terus mengonsumsi bahan bakar meski dalam keadaan diam. Usut punya usut, ketika mesin mobil menyala meski dalam keadaan diam selama 15 menit, bahan bakar Anda akan terbuang sia-sia hingga nyaris 1 liter banyaknya! Maka dari itu, mematikan mesin mobil saat macet parah adalah suatu keharusan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!