Cover mobil atau yang juga dikenal dengan sarung mobil atau selimut mobil merupakan perlengkapan yang wajib dimiliki oleh para pemilik mobil terutama yang tidak memiliki garasi tertutup atau mobilnya sering diparkir di luar ruangan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa saja manfaat dari pemakaian dan sarung mobil dan jenis-jenisnya.

Sarung mobil ini fungsinya adalah untuk melindungi mobil dari berbagai kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan pada mobil Anda seperti air hujan, terik sinar matahari, debu serta goresan. Ini juga akan sangat membantu mempertahankan warna asli cat mobil Anda.

Jenis sarung mobil pun bermacam-macam, ada sarung mobil untuk dalam ruangan/indoor dan luar ruangan/outdoor. Selain itu, beberapa jenis kain yang menjadi material pembuatan sarung mobil. Sebab, dibutuhkan serat kain yang licin dan halus untuk meminimalisir risiko timbulnya goresan pada saat pemasangan sarung mobil maupun saat melepasnya.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Fungsi sarung mobilnya juga untuk mengurangi risiko mengembunnya tetesan air hujan yang dapat menimbulkan bekas atau bercak dan kotoran pada cat mobil. Apa saja jenis-jenis sarung mobil yang ada saat ini?

Macam-Macam Sarung Mobil dan Kegunaannya

Sarung mobil outdoor

Sarung mobil untuk outdoor atau luar ruangan memiliki ciri-ciri seperti teksturnya yang cenderung licin, pori-pori iain tertutup dan sifatnya waterproof atau seperti efek air di atas daun talas. Nah untuk material bahannya, biasanya terbuat dari parasut, polyester dan plastik.

Karena sarung mobil outdoor notabene lebih sering terpapar sinar matahari, tetesan air hujan, debu dan kotoran lainnya maka sarung mobil outdoor harus lebih kuat dan memiliki beberapa lapisan. Lapisan pertama melindungi mobil kondisi luar, kedua untuk mencegah dan menyerap embun pada cat mobil, ketiga lapisan pelindung dan yang keempat, lapisan halus untuk mengurangi risiko lecetnya bodi mobil.

Sarung mobil indoor

Sarung mobil indoor tentu diperuntukkan untuk kondisi lingkungan sekitar yang lebih bersahabat, misalkan di dalam garasi atau carport yang sudah ada atapnya. Sarung mobil indoor lebih diperuntukkan menjaga bodi mobil agar tidak mudah berdebu atau terkena goresan benda lain.

Sarung mobil kain parasit

Kain parasit adalah jenis kain yang paling umum digunakan untuk pembuatan sarung mobil karena terkenal akan durabilitas dan kekuatannya. Kain ini juga bertekstur halus, licin dan memiliki sifat waterproof yang sangat baik. Umumnya berwarna silver dan biasa digunakan sebagai sarung mobil outdoor. Kain ini tahan terhadap debu, sinar matahari, air dan goresan.

Sarung mobil kain polyester

Polyester juga merupakan jenis kain yang tahan terhadap air (waterproof). Kain ini juga memiliki ketahanan terhadap cuaca panas maupun hujan. Keunggulan lainnya, kain polyester juga kuat dan warnanya tidak mudah pudar sehingga cocok untuk sarung mobil outdoor.

Sarung mobil nilon

Kain nilon terbuat dari serat sintetis karet sehingga memiliki karakteristik bertekstur lembut, lentur ketika ditarik namun kuat dan tidak mudah sobek. Meski demikian, ketahanannya terhadap air kurang bagus sehingga lebih cocok untuk sarung mobil indoor.

Sarung mobil ripstok

Ripstok merupakan jenis kain untuk material sarung mobil yang memiliki waterproof coating pada bagian luar dan dalamnya. Meski sebenarnya ada perbedaan, namun jenis bahan kain sarung mobil yang juga sering disebut coating bening ini mempunyai kualitas ketahanan terhadap air dan anti gores yang cukup baik, baik untuk bagian dalam maupun luarnya.

Hal ini yang membuat sarung mobil ripstok cocok untuk sarung mobil outdoor maupun indoor.

Sarung mobil taslan

Kain taslan tergolong ke dalam jenis bahan kain yang spesial, terbuat dari serat sintetis yang berkualitas tinggi. Lapisan luarnya mengkilat dan nampak seperti sarung mobil yang premium dan eksklusif. Selain itu, durabilitas dan ketahanannya terhadap air membuat sarung mobil ini unggul. Sarung mobil taslan juga mampu memproteksi permukaan bodi mobil dari goresan, debu dan kotoran.

Dalam pemilihan cover bodi mobil, pertimbangan yang terpenting adalah kesesuaian jenis materialnya dengan kondisi lingkungan sekitar serta penggunaannya, apakah outdoor ataukah indoor. Semoga bermanfaat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!